5 Negara yang Belajar Manajemen Haji di Indonesia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Mayoritas terbesar umat Muslim di dunia adalah di Indonesia. Ada sekitar 85,2% atau 199.959.285 jiwa dari total 234.693.997  jiwa penduduk beragama islam. Pada saat ibadah haji, potensi di atas menjadikan Indonesia memiliki kuota haji terbesar di dunia sebesar 221 ribu orang, disusul Pakistan 175 ribu orang, India 150 ribu orang, Iran 120 ribu orang dan Turki 100 ribu orang. Tak heran jika sebanyak sepuluh negara belajar dari Indonesia mengenai manajemen haji dan ISO 9001, mengingat selama ini Indonesia dinilai berhasil melaksanakan kegiatan tahunan itu. Berikut 5 profil negara diantaranya:

1. Rusia

Federasi Rusia adalah sebuah negara yang membentang dengan luas disebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.075.400 km², Rusia adalah negara terbesar di dunia. Wilayahnya kurang lebih dua kali wilayah Republik Rakyat Cina, Kanada atau Amerika Serikat. Rusia adalah negara multikultural yang dipengaruhi oleh berbagai macam budaya. Budaya dominan di sana adalah budaya Gereja Ortodoks Yunani yang telah merasuk ke sendi-sendi kehidupan rakyat Rusia. Kebudayaan Slavia yang Ortodoks, Tatar yang Islam, suku Buryat yang nomaden, paganisme di Timur Jauh menambah keragaman di Rusia.

Islam di Rusia adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks, yakni sekitar 21 – 28 juta penduduk atau 15 – 20 persen dari sekitar 142 juta penduduk. Kehidupan Muslim di Rusia saat ini juga kian membaik dibanding masa Komunis dulu. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Rusia, pemimpin Rusia (Vladimir Putin) memasukkan menteri Muslim dalam kabinetnya dan mengakui eksistensi Muslim Rusia.

sumber : skyscrapercity.com, old.uniknya.com

2. RRC

RRC adalah negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi melebihi 1,3 miliar jiwa, yang mayoritas merupakan bersuku bangsa Han. RRC juga adalah negara terbesar di Asia Timur, dan ketiga terluas di dunia, setelah Rusia dan Kanada. Populasi Muslim di China diperkirakan terus naik. Kini ada sekitar 22 juta muslim di China. Setengah dari muslim China berasal dari kelompok etnis Hui. Sisanya berasal dari kelompok etnis yang berbeda di wilayah barat laut China, Xinjiang dan Ningxia.

sumber : muslimmedianetwork.com, old.uniknya.com

3. Turki

Turki adalah sebuah republik konstitusional yang demokratis, sekuler, dan bersatu. Negara ini merupakan salah satu anggota pendiri PBB, Organisasi Konferensi Islam (OKI), OECD, dan OSCE, serta negara anggota Dewan Eropa sejak tahun 1949, dan NATO sejak tahun 1952. Sejak tahun 2005, Turki adalah satu-satunya negara Islam pertama yang berunding menyertai Uni Eropa.

Islam adalah agama terbesar di Turki. Sejak zaman Kesultanan Utsmaniyah menguasai Turki pada tahun 1400-an pemeluk Islam di Turki semakin banyak. Kini sekitar 99.8% penduduk Turki adalah Muslim, Kebanyakan Muslim di Turki adalah Sunni dengan 70-80%, sisanya adalah Alevis dan Syiah dengan 20-30%. Ada juga pengikut Dua Belas Imam dengan 3%.

sumber : photoree.com, old.uniknya.com

4. Nigeria

Republik Federal Nigeria adalah sebuah negara di Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Benin di sebelah barat, Chad dan Kamerun di sebelah timur, Niger di sebelah utara dan Teluk Guinea di sebelah selatan. Kota-kota penting termasuk Abuja, bekas ibu kota Lagos, Abeokuta, Ibadan, Port Harcourt dan Jos.

Islam dianut oleh 50% dari total penduduk Nigeria, dan Islam mempunyai sejarah yang panjang, dan hampir menguasai seluruh Nigeria pada abad ke-11 s/d abad ke-19, sebelum kolonial Inggris menguasai Nigeria, khususnya Nigeria Utara.

sumber : facebook.com, old.uniknya.com

5. Ethiopia

Ethiopia adalah sebuah negara yang terletak di Afrika.Ethiopia mempunyai salah satu sejarah terlengkap sebagai negara merdeka di benua tersebut. Merupakan negara tertua di dunia, kawasan Ethiopia juga merupakan salah satu tempat peradaban yang terawal di dunia.

Menurut sensus nasional 2007 terbaru, Islam adalah agama yang paling banyak dipraktekkan di Ethiopia kedua setelah Kristen, dengan lebih dari 25 juta (atau 33,9%) dari penduduk Ethiopia mengikuti Islam menurut sensus nasional 2007,yang tiba di Ethiopia pada tahun 615. Islam adalah agama mayoritas dari etnis Somalia, Afar, Argobba dan Harari, dan kelompok terbesar dari masyarakat Oromo dari Ethiopia menurut sensus nasional 1994.(**)

sumber : fbcpg.org, old.uniknya.com

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2011

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com