5 Peraih Medali Perak Bulu Tangkis di Olimpiade

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Pada Olimpiade Barcelona 1992, menjadi debut pertama kalinya cabang bulu tangkis di kancah bergengsi ini. Partai yang digelar hanya empat, minus ganda campuran. Pada Olimpiade berikutnya di Atlanta, 1996 hingga terakhir di Beijing, 2008 dipertandingkan 5 nomor yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran. Dari lima olimpiade terakhir dimana cabang bulu tangkis dipertandingkan, old.uniknya.com menghimpun 5 pebulu tangkis dunia pemegang medali Perak Olimpiade. Berikut ulasannya:

 

1. Ardy B. Wiranata, Indonesia

(Medali Perak Tunggal Putra, Olimpiade Barcelona 1992)

Ardy Bernardus Wiranata, sering disebut dengan nama Ardi B.W.  adalah pemain bulu tangkis Indonesia di era tahun 1990-an, juara Indonesia Terbuka 6 kali dan peraih Medali Perak Olimpiade Barcelona 1992. Ia adalah salah satu pebulu tangkis terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

 

Ardy B. Wiranata (Sumber: chinabadminton.com)

 

Ardy meraih Medali Perak di Olimpiade Barcelona 1992 setelah di final kalah dari Alan Budikusuma yang juga pemain Indonesia. Ia merupakan atlet berprestasi hasil binaan PB Djarum Setelah berhenti sebagai pemain bulu tangkis, Ardy memfokuskan diri menjadi pelatih bulu tangkis.

 

2. Dong Jiong, RRC

(Medali Perak Tunggal Putra, Olimpiade Atlanta 1996)

Dong Jiong adalah pemain bulutangkis asal Cina yang memiliki peringkat “elit” di tunggal putra dunia pada era 1990-an. Dalam karier yang relatif singkat, Dong memenangkan beberapa moment termasuk bergengsi All England dan Denmark Terbuka pada tahun 1997.Dia adalah peraih medali perak di Olimpiade 1996 di Atlanta, setelah dikalahkan di final dalam dua pertandingan dengan Poul-Erik Hoyer Larsen Denmark. Di antara prestasi bulutangkis Dong  adalah kemenangannya di Thailand Terbuka (1995, 1996), China Terbuka (1995, 1997, 1999), Swiss Terbuka (1997), dan Asian Games empat tahunan (1998).

 

Dong Jiong (Sumber: worldbadminton.com)

 

3. Hendrawan, Indonesia

(Medali Perak Tunggal Putra, Olimpiade Sydney 2000)

Hendrawan adalah atlet bulu tangkis nasional, peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000 dan Juara Dunia 2001. Hendrawan mengundurkan diri sebagai atlet bulu tangkis nasional tahun 2003 dan saat ini menjadi pelatih tunggal putra di Pelatnas Bulu Tangkis Cipayung.

 

Hendrawan (Sumber: bettor.com)

 

4. Shon Seung-mo, Korea Selatan

(Medali Perak Tunggal Putra, Olimpiade Athena 2004)

Shon Seung-mo adalah pemain bulu tangkis pria dari Korea Selatan. Shon bermain bulutangkis di Olimpiade 2004 di tunggal pria, mengalahkan pemain  Finlandia Antti Viitikko dan Richard Vaughan dari Inggris dalam dua putaran pertama. Di perempat final, mengalahkan Shon Chen Hong asal Republik Rakyat Cina. Shon maju ke semifinal, di mana dia mengalahkan Soni Dwi Kuncoro asal Indonesia 15-6, 9-15, 15-9. Mengejar medali emas, ia harus puas mendapatkan perak setelah kalah dengan skor 15-8, 15-7 oleh pemain Indonesia Taufik Hidayat.

 

Shon Seung-mo (Sumber: zimbio.com)

 

5. Lee Chong Wei, Malaysia 

(Medali Perak Tunggal Putra, Olimpiade Beijing 2008)

Lee Chong Wei adalah pemain badminton profesional dari Malaysia. Lee bermain badminton pada Olimpiade Musim Panas 2004 dan menaklukan Ng Wei dari Hong Kong pada ronde pertama. Lee Chong Wei memegang rekor tak tertaklukan di semua turnamen selama tiga tahun, dari 2004 sampai 2006 dan kemenangan lain pada tahun 2008. Ia pernah menaklukan juara dunia, Lin Dan dan Taufik Hidayat.(**)

 

Lee Chong Wei (Sumber: tqn.com)

 

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, November 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com