5 Gitaris “Slide” Blues dan Rock Terapik (Bagian I)

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: bermacam-macam teknik gitar yang kita kenal sekarang ini, namun ada sebuah teknik yang merupakan warisan dari para legenda-legenda gitaris dunia. Salah satunya adalah teknik slide, yakni memainkan gitar dengan menggunakan bantuan alat seperti leher botol, pipa logam, dan bahkan pisau lipat. Benda tersebut dimasukan ke dalam salah satu jari dimainkan dengan cara digeser atau digesek pada  fret susunan senar nada terbuka ataupun standar. Berikut adalah 5 gitaris dengan teknik slide terapik:

 

1. Robert Johnson

Ia adalah salah satu generasi ketika musik blues Selatan Amerika berada di awal-awal kebangkitannya, dengan balutan delta blues, Johnson hadir dengan keunikannya memainkan teknik gitar slide. Tentu saja ia seorang penggerutu terbaik di dunia musik blues, selain disebut-sebut oleh para musisi dan kritikus gitar bahwa ia telah mengembangkan susunan nada gitar menjadi 17 tuning. Mendengarkan lagunya yang berjudul “Ramblin on My Mind,” dan “Dust My Broom,” adalah sebuah pengalaman yang berkesan karena membawa Kita kepada masa-masa musik Selatan Amerika berjaya.

Robert Johnson (Sumber: ast.fm)

 

2. Muddy Waters

Muddy Waters merupakan salah satu musisi blues yang menginspirasi Jimi Page dalam memainkan lide pada gitar elektriknya. Muddy Waters memperkenalkan permainan slide yang pada masa itu dianggap baru yakni dengan menggunakan gitar elektrik yang disambungkan ke dalam perangkat pengeras suara (Amplifier), dan memainkan delta blues dengan cara yang berbeda. salah satu lagu terbaiknya, “My Home is In the Delta,” “Honey Bee” dan “Sail On.”

 

Muddy Waters (sumber: morrisonhotelgallery.com)

 

3. Duane Allman

Duane adalah seorang gitaris yang memiliki gaya slide unik, mulai dari rasa, karakter suara, tempo, hingga gesekan logam yang beradu dengan senar gitarnya, sehingga ia sukar untuk disaingi. Permainan slidenya dalam lagu “Stateboro Blues,” dan “One Way Out,” sangatlah kuat dan meninggalkan kesan berbeda pada setiap telinga yang mendengarnya. Bermain dalam susunan senar terbuka dengan nada dasar G dan E ataupun standar, ia dengan potongan botol obat dan menggunakan gibsons SG merah ataupun Les Paul, ia memainkan nada dengan karakter yang pas dan unik, baik dengan warna suara amplifier clean ataupun overdrive.

 

Duane Allman (sumber: hotguitarist.com,old.uniknya.com)

 

4. George Harrison

Walaupun George jarang sekali menggunakan teknik gitar slide, namun permainannya tidak perlu diragukan lagi. Namun ia mampu menyamai kualitas permainan sitar dengan teknik gitar slidenya, seperti dalam lagu the Beatles, “I Dig Love,” dan tentu saja, “If Not For You,” dan lagu-lagunya yang lain.

 

George Harrison Z(Sumber: showbiz411.com,old.uniknya.com)

 

5. Mick Taylor

Mantan gitaris band legendaris the Rolling Stones ini memiliki teknik gitar slide yang luar biasa, dengan menggunakan Gibson ES-335 ataupun Les Paul kesayangannya, ia dengan indah memainkan nuansa slide di nomor lagu milik the Stones,”Love in Vain,” dan “Brown Sugar.” Ia memberikan permainan dan ciri berbeda dalam musik the Rolling Stones sepeninggal Bryan Jones sang multi-instrumental. (**)

 

Mick Taylor (Sumber: peter-janmischke.eu,old.uniknya.com)

 

 

Sumber: gibsons.com, old.uniknya.com, Oktober 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com