5 Pemain Paling Loyal Terhadap Klub di Seri A

Oleh: Bintang Mian (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Gonjang–ganjing akan dicoretnya nama Alessandro del Piero dari tim Juventus, banyak melahirkan tanggapan serius. Terutama dari pendukugn tim Zebra. Pasalnya hingga saat ini Del Piero adalah ikon mereka yang telah memperlihatkan loyalitas tinggi. Akan terjadi atau tidaknya Del Piero terdepak dari Juventus musim depan masih harus kita tunggu. Bicara masalah loyalitas bagi klub, old.uniknya.com mencatat ada beberapa pemain di Seri-A Liga Italia yang patut diacungi jempol atas kesetiannya terhadap klub. Siapa saja? Simak saja rangkumannya di bawah ini:

 

  1. Paolo Maldini

Untuk masalah loyalitas terhadap klub, tak ada yang bisa menandingi nama Paolo Maldini. Hingga memutuskan pensiun dari karier sepakbolanya pada usia 41 tahun, Maldini tercatat membela AC Milan selama 25 tahun tanpa pernah pindah ke klub manapun. Selama kariernya bersama rosonerri, Maldini telah memainkan 647 partai atau lebih dari 800 partai jika dicatat mulai dari saat membela AC Milan Junior. Maldini juga menyumbangkan 29 gol. Putra Cesare Maldini ini juga pernah dianugerahi Ballon d’Or pada 1994 dan tercatat sebagai pemain kelima yang pernah tampil lebih dari 100 partai di Liga Champion. Hampir semua gelar pernah diraihnya bersama Milan mulai Juara Liga Seri-A, Piala Liga, Piala UEFA, Piala Winner, hingg Liga Champions Eropa. Sebagai penghormatan, nomor punggung 3 tak boleh lagi digunakan pemain AC Milan.

 

Paolo Maldini (sumber: blogspot.com)

 

  1. Franco Baresi

Seperti halnya Paolo Maldini, nama Franco Baresi adalah legenda AC Milan. Nomor punggung 6 yang digunakan saat berbaju Milan dimuseumkan dan tak akan pernah ada yang menggunakannya lagi. Saat memutuskan pensiun dari sepakbola pada 1997, usia Baresi memasuki 37 tahun. Sepanjang kariernya Baresi telah memainkan 719 partai dengan sumbangan 33 gol. Semua gelar pernah dipersembangkannya bagi Milan.

 

Franco Baresi (sumber: blogspot.com)

 

  1. Giuseppe Bergomi

Jika saja, AC Milan memiliki Paolo Maldini dan Franco Baresi sebagai pemain loyalis, tim sekota Inter Milan punya nama Giuseppe Bergomi. Saat memutuskan gantung sepatu pada 1999, Bergomi telah memainkan 519 partai dengan 23 gol selama 20 tahun membela Inter Milan. Berbagai gelar pernah dipersembahkannya untuk tim biru-hitam.

 

Giuseppe Bergomi (Sumber: wikimedia.org)

 

  1. Francesco Totti

Walaupun belum memutuskan pensiun dari dunia si kulit bundar, hampir dipastikan, Francesco Totti merupakan pemain dengan loyalitas tinggi terhadap klubnya AS Roma. Hingga saat ini musim 2011/2012, Totti tercatat sudah berbaju Roma selama 20 tahun. Dan catatan tersebut kemungkinan masih bertambah, karena hingga kini pemain berjuluk Pangeran Roma tersebut masih aktif. Hanya saja cedera serius memungkinkan Totti akan pensiun tidak lama lagi. Namun Totti menyatakan tidak akan pernah melepas kostum Roma hingga masa pensiunnya. Hingga saat ini, Totti telah memainkan lebih dari 480 partai untuk tim Srigala Roma dengan menyumbang lebih 200 gol.

 

Francesco Totti (Sumber: facileblog.it, old.uniknya.com)

 

  1. Alessandro del Piero

Memulai kariernya memang bukan langsung dari Juventus, melainkan dari klub kecil Padova. Tapi nama Alessandro del Piero layak ditempatkan sebagai pemain dengan loyalitas tinggi bagi Juventus. Sejak 1993 mulai berbaju Juventus kini pengabdiannya memasuki tahun ke-20. Pengorbanan bagi “Si Nyonya Tua” dilakoninya dalam lebih dari 500 partai. Bahkan sumbangan golnya sudah memasuki 200 lebih. Jika masih dipertahankan bukan tidak mungkin rekor-rekor pemain berusia 38 tahun ini akan terus bertambah.(**)

 

Alessandro del Piero (Sumber: inthestands.co.uk,old.uniknya.com)

 

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, November 2011

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com