5 Penguasa Terlama di Dunia (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM}: Artikel ini terkait dengan sosok pemimpian Libya Muammar Khadafi. Dalam daftar 5 penguasa dunia yang memerintah terlama, Khadafi ternyata menempati urutan ke- 4 dunia hingga saat ini. Kekuasaannya berlangsung 42 tahun,29 hari.  Dibawah ini adalah daftar rincian pemimpin dunia yang memerintah selama 30 tahun berturut-turut atau lebih. Berikut artikelnya:

 

1. Fidel Castro (52 tahun, 62 hari)

Fidel Alejandro Castro Ruz adalah Presiden Kuba sejak 1976 hingga 2008. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Perdana Menteri atas penunjukannya pada Februari 1959 setelah tampil sebagai komandan revolusi yang gagal Presiden Dewan Negara merangkap jabatan sebagai Dewan Menteri Fulgencio Batista pada tahun 1976. Castro tampil sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Kuba (Communist Party of Cuba) pada tahun 1965 dan mentransformasikan Kuba ke dalam republik sosialis satu-partai. Kesehatan Castro sempat menurun setelah jatuh ketika berpidato pada 2004. Waktu itu, lutut kiri dan lengan kanannya terluka.

 

Fidel Castro (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

Pada 19 Februari 2008, lima hari sebelum mandatnya berakhir, Castro menyatakan tidak akan mencalonkan diri maupun menerima masa bakti baru sebagai presiden atau komandan angkatan bersenjata Kuba. Castro menyerahkan jabatan kepresidenannya kepada adiknya Raul Castro.

 

2. Chiang Kai-shek (46 tahun, 177 hari)

Chiang Kai-shek adalah salah seorang pemimpin kubu nasionalis yang berhadapan dengan kubu komunis dalam perang saudara di Tiongkok pada era Republik. Pada tahun 1925, sepeninggal Dr. Sun Yat-sen, ia melanjutkan cita-cita revolusi Dr. Sun untuk mempersatukan Tiongkok di bawah satu pemerintahan. Setelah Perang Dunia II usai, perang saudara antara kaum nasionalis dengan kaum komunis mulai berkobar lagi. Perang baru selesai pada tahun 1949 dan dimenangkan oleh Mao Zedong dengan diproklamasikannya Republik Rakyat Cina pada tanggal 1 Oktober. Chiang Kai Shek-pun melarikan diri ke pulau Formosa atau Taiwan, berharap suatu hari bisa membebaskan Tiongkok daratan secara keseluruhan. Di Taiwan, negara Republik Nasional Tiongkok tetap ada dan dipimpinnya sampai ia meninggal pada tahun 1975. Lalu ia diteruskan oleh putranya Chiang Ching-kuo.

 

Chiang Kai-shek (sumber: guim.co.uk,old.uniknya.com)

 

3. Kim Il-sung  (45 tahun, 302 hari)

Kim Il-sung adalah seorang politikus komunis dari Korea yang merupakan pemimpin Korea Utara (Korut) dari 1948 hingga hari kematiannya. Ia memegang posisi Perdana Menteri dari 1948 hingga 1972 dan Presiden sejak 1972, tetapi posisinya yang paling berpengaruh adalah sebagai Sekretaris Jenderal Partai Pekerja Korea. Dalam konteks pemujaan kepribadian (personality cult), Kim secara resmi disebut Great Leader dan menurut konstitusi Korut, beliau adalah “Presiden abadi” negara tersebut. Hari ulang tahunnya merupakan salah satu hari libur di Korea Utara.

 

Kim Il-sung (Sumber: dailynk.com,old.uniknya.com)

 

4. Muammar Khaddafi  (42 tahun, 49 hari)

Muammar Abu Minyar al-Qaddafi adalah penguasa otokratis de facto Libya dari 1969 sampai 2011, setelah merebut kekuasaan dalam kudeta militer. Sebagai hasil dari perang saudara Libya terbentuklah Dewan Transisi Nasional (NTC). Kekuasaan Gaddafi semakin tergerus dengan pengakuan domestik dan internasional terhadap NTC. Dia menghapuskan Konstitusi Libya tahun 1951 dan menerapkan undang-undang berdasarkan ideologi politiknya. Kekuasaan yang hampir 42 tahun telah menempatkannya menjadi penguasa terlama sebagai pemimpin non-kerajaan keempat sejak tahun 1900 dan terlama sebagai pemimpin penguasa Arab. Dia menyebut dirinya sebagai ‘the Brother Leader’, ‘Guide of the Revolution’, dan ‘King of Kings (Raja segala raja).

 

Muammar Khaddafi (sumber: republika.co.id,old.uniknya.com)

 

Pada tanggal 20 Oktober 2011 Gaddafi telah ditangkap di kota kelahirannya, Sirte, pada pagi 20 Oktober 2011. Menurut Pejabat tersebut, Gaddafi dilaporkan meninggal karena terluka parah pada kedua kaki dan kepalanya.

 

5. Omar Bongo (41 tahun, 155 hari)

Nama lengkapnya El Hadj Omar Bongo Ondimba adalah politikus Gabon yang menjabat Kepala Negara Gabon selama sekitar 42 tahun. Praktis, dia menjabat sebagai presiden pada periode 2 Desember 1967-8 Juni 2009. Ia meninggal pada 8 Juni 2009 di Barcelona, Spanyol karena mengalami gagal jantung. Ia adalah penguasa terlama Afrika yang masih menjabat, dan penguasa terlama ke-7 di dunia.

 

Omar Bongo (Sumber: guim.co.uk,old.uniknya.com)

 

Bongo diyakini sebagai salah satu kepala negara terkaya di dunia. Ini dihubungkan dengan penerimaan minyak dan korupsi. Media Perancis melaporkan, keluarga Bongo memiliki banyak real estat di Perancis. Bongo memerintah secara diktator. Oposisi baru diperbolehkan ada pada tahun 1990 menyusul gelombang protes pro-demokrasi. Pada tahun 2003, parlemen menghapus batasan masa jabatan presiden dari konstitusi. Meskipun rakyat takut kepadanya, banyak orang menerima kekuasaannya karena dia menjaga negaranya tetap damai dan memerintah tanpa karakteristik kebrutalan terus-menerus.(**)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Oktober 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com