5 Basis Sekaligus Penyanyi yang Terkenal (Bagian I)

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Bermain gitar sambil bernyanyi hal yang sudah lumrah dalam format sebuah band ataupun solo, namun hanya beberapa band dan musisi yang sukses dengan memiliki vokalis sekaligus pemain bass. Bass merupakan istrumen musik yang sangat berperan dalam sebuah komposisi dan struktur lagu, sehingga ketika menyanyi sembari memainkannya adalah hal yang unik dan luar biasa. Berikut adalah 5 basis sekaligus penyanyi yang popular:

 

1. Paul McCartney

Sosok musisi seperti Paul McCartney sudah tidak diragukan lagi kemampuan bermain bass dan kemampuan dengan suaranya yang khas, ia pun dikenal dengan kemampuan multi-instrumen. Mantan anggota kelompok the Beatles  ini mampu bermain bass sebagus kemampuan vokalnya, dan bukan permainan bass biasa, dengan tangan kidalnya jemarinya menari di atas fret merangkai sebuah melodi.

 

Paul McCartney (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

McCartney tercatat sebagai musisi dan pencipta lagu tersukses sepanjang masa dengan 60 platinum dan penjualan singel 100 juta. Lagu ‘Yesterday’ yang ditulisnya pada tahun 1964 menjadi lagu yang paling sering dinyanyikan kembali dan diputar di radio Amerika Serikat. (wikipedia)

 

2. Jack Bruce

Jack Bruce memulai dan mengakhiri karirnya bersama kelompok the Cream, kemampuannya bermain bass sekaligus menjadi seorang vokalis luar biasa dan tidak diragukan lagi. Beberapa lagu yang sukses ia nyanyikan bersama Cream seperti “White Room”, “I Feel Free” dan “Sunshine of Your Love”, menjadi sebuah repertoar yang melegenda di kancah musik Blues dan Rock. Kehadiran Jack dikatakan menjadi inspirasi bagi musisi lainnya seperti Geddy Lee dan Sting.

Jack Bruce (Sumber: expressandstar.com,old.uniknya.com)

 

3. Geddy Lee

Dari kelompok musik Iron Maiden (Steve Harris) hingga Primus (Les Claypool), dapat dihitung pemain bass yang terinspirasi oleh seorang Geddy Lee mulai dari gaya permainan hingga teknik. Lebih jauh lagi, ciri khas vokal Lee (tenor) menjadikan ciri khas Rush sebagai kelompok musik sehingga mudah dikenal. walaupun sebelumnya ia memainkan bass dengan cepat dan teknik yang rumit, sekarang ia lebih memperhatikan sebuah struktur lagu dan melodi, seperti yang dikatannya kepada Globalbass.com.

 

Geddy Lee (Sumber: bassmusicianmagazine.com)

 

4. Roger Waters

At times it seems Pink Floyd fans fall squarely into either the David Gilmour camp or the Roger Waters camp, but there’s no denying that, following the sad disintegration of founding frontman Syd Barrett, Waters became the band’s conceptual leader. It’s also true that Waters’ vocals and his approach to bass were integral parts of the group’s distinctive sound. At times riff-based (“Money”), other times textured and ambient (“Us and Them”), Waters’ stylistic versatility fit snugly into the group’s varied compositional approach.

 

Roger Waters (sumber: superiorpics.com)

 

Walaupun ada perdebatan di antara fans setia Pink Floyd, siapa di antara Waters dan Gilmour yang sangat berpengaruh terhadap kehebatan Pink Floyd, sebelum itu terjadi terlebih dahulu sang motor utama pergi meninggalkan, Syd Barret. Namun permainan bass Waters serta karakter vokalnya sangat menyatu ke dalam karakter dan sound yang dimiliki oleh Pink Floyd, seperti dalam lagu “Money” dan “Us and Them”.

 

5. Lemmy Kilmister

Lemmy, sosok pemain bass sekaligus penyanyi yang memiliki karakter suara, dan ditambah pula dengan gaya penampilannya yang khas.  Ia bersama Motorhead, sebuah kelompok musik yang meramu beberapa jenis musik, Thrah-metal dan Punkrock.  Bass kesayangannya adalah Gibson, bahkan Dave Grohl pernah mengatakan bahwa, “Lemmy adalah seorang raja rock n’ roll…”(**)

 

Lemmy Kilmister (Sumber: superiorpics.com, old.uniknya.com)

 

Sumber: gibsons.com, old.uniknya.com, Oktober 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com