5 Hal Tentang Dave Grohl (Bagian I)

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]:  Dave Grohl seorang musisi grunge kawakan asal Amerika Serikat, lahir di Warren, Ohio pada tahun 1969. Namanya menjadi perbincangan publik musik ketika ia masuk ke dalam sebuah band yang digawangi oleh Kurt Cobain dan Krist Novoselic, Nivana. Saat itu ia memainkan instrumen drum, dan tak lama setelah kematian Kurt membubarkan Nirvana, Dave membentuk sebuah band baru bernama Foo Fighter sebagai seorang vokalis sekaligus gitaris. Tak banyak orang mengenal Dave, maka berikut 5 hal yang harus Anda ketahui tentang Dave Grohl:

 

1. Little Richard.

Ia hampir saja memiliki kesempatan duet bersama Little Richard

“Aku sedang mengerjakan sebuah soundtrack untuk sebuah film Backbeat pada tahun 1992,” ucapnya kepada New Musical Express, dalam sebuah wawancara pada tahun 2011. “Don (sang produser) telah mengumpulkan beberapa musisi untuk mengisi beberapa nomor lagu, dan saat itu kita sedang menggarap cover version lagu “Long Tall Sally”. Little Richard saat itu tinggal di hotel yang letaknya tidak jauh dari studio rekaman. Sehingga kami menghubunginya, untuk mencoba mengajaknya hadir ataupun berjam session (bermain bersama). Namun dia menginginkan 10.000 dollar AS untuk melakukannya, kami semua terkejut, dan menawarkan 2.000 dollar AS. Namun pada akhirnya kami memutuskan untuk ah tidak,  andai saja kami menyelesaikannya (lagu Long Tall Sally).”

 

Dave Ghrol & Litle Richard (sumber : lehighvalleylive.com, wikipedia.org, old.uniknya.com)

 

2. Lagu Michael Jackson

Memiliki kesempatan untuk mengisi sebuah sesi rekaman lagu Michael Jackson

Pada tahun 2011, Grohl mengatakan kepada Classic Rock ketika Lenny Kravitz mengajaknya untuk turut serta dalam penggarapan lagu duetnya bersama Michael Jackson yang belum diselesaikan pada tahun 1992.”Lenny memberikan sebuah demo lagu, dan aku duduk bersama Butch Vig, lalu merekam track drum.” Grohl pun menambahkan,” aku mengirimkanya, dan sepertinya Lenny menyukainya. Namun setelah hari demi hari, bahkan bulan demi bulan, aku tidak pernah mendengar kelanjutan dan hasilnya. Sampai akhirnya aku mendengarkan secara online dan  aku tidak tahu siapa yang memainkan drumnya, yang jelas bukan aku.”

 

Cover Album Mr. Jackson (sumber : hypetrak.com)

 

3. Ia membenci drum digital.

Grohl dalam sebuah artikel yang dilansir oleh The Sun, London, pada  tahun 2011. Mengatakan,” Semua itu merusak atmosfer musik saat ini,” kemudian ia menambahkan, “ Mesin drum hanya digunakan untuk artis-artis pop, namun ketika ini masuk ke dalam musik rock n’ roll, jangan coba-coba dengan elemen manusia. Aku memiliki drummer favorit karena ketidak konsistenan mereka. Produk modern telah merampok kepribadian para drummer dan ini membuatku kesal!”

 

Contoh Drum Digital, Motokata Professional Digital Drum Set (sumber : thinkawesome)

 

4. Ia, semenjak kecil hingga sekarang masih menyukai hal berbau UFO

“Ketika aku berusia 10 atau 11 tahun, aku memiliki sebuah pemikiran romantis, bahwa ada sebuah kehidupan di dunia selain bumi yang kita ketahui,” ucap Grohl kepada Uncut, pada tahun 2007. “ Aku selalu melakukan sebuah penelitian kecil di sana sini. Aku tak pernah dikunjungi oleh mahluk asing atau menemukan mahluk semacamnya. Namun aku memiliki beberapa impian yang kuat dan sangat pribadi, sebuah mimpi ketika langit runtuh dan bangkitlah era baru, sebuah era yang akan membuat kita belajar hidup berdampingan dengan mahluk asing.”

 

Sumber : sigungloncat.wordpress.com, wallpappers.com, old.uniknya.com

 

5. Ia menyukai ‘kocokan’ gitar “Black Dog”nya Led Zeppelin sejak pertama bermain gitar hingga sekarang

“ ‘kocokan’ gitar favoritku adalah Black Dog, pastinya!” ucap Grohl kepada majalah Q, pada tahun 2007. “lagu ini memiliki komposisi yang ‘gila’ berputar-putar ketika John Bonham bermain di dalam ketukan 4/4, namun John Paul Jones dan Jimmy Page memainkan gitarnya dengan hebat. Jimmy memainkan gitar penuh dengan semangat; ia meletakan gitar di bahunya. ‘Black Dog’ begitu lembut.  Lagu ini memiliki irama groovy dan semangat, serta sederhana, namun ketika Anda mencobanya sendiri, Anda akan menyadari bahwa tidak sesederhana itu.” (**)

 

Led Zeppelin (sumber : listal.com)

 

Silahkan Play Untuk mendengarkan Lagunya…

.

Sumber: gibsons.com, old.uniknya.com, Oktober 2011.

One Response to 5 Hal Tentang Dave Grohl (Bagian I)

  1. ooo ternyata diamembenci drum digital to? karuan saja drumdigital bikin mlas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com