5 Kiper Pemilik Rekor Unik

Oleh : Bintang Mian (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM] Dalam sebuah klub sepak bola, peran penjaga gawang terkadang dilupakan. Lihat saja hampir mustahil seorang penjaga gawang menjadi pemain termahal. Padahal perannya sangat vital dalam sebuah permainan  Atau ada rekor khusus yang dicatat untuk seorang penjaga gawang. Namun old.uniknya.com merangkum beberapa penjaga gawang pemilik rekor unik yang dituangkan di bawah ini:

 

  1. Peter Shilton (Inggris)

Rekor yang dimiliki Peter Shilton adalah merupakan kiper tertua yang pernah tampil. Sebelum memutuskan pensiun dari dunia sepakbola, Shilton terakhir kali bermain dalam usia 48 tahun. Rekor tersebut hingga kini belum terpecahkan. Shilton jugalah yang pernah dikelabui Diego Maradona yang menciptakan gol tangan Tuhannya. Bukan hanya itu, Shilton pun merupakan penjaga gawang yang pernah membela 11 klub. Sepanjang kariernya Shilton telah tampil 1005 kali dengan menciptakan satu gol saat membela klub terakhirnya Leyton Orient. Bersama timnas Inggris Shilton sudah bermain sebanyak 125 kali selama 20 tahun.

 

Peter Shilton (Sumber: sportsworldcards.com)

 

 

  1. Rene Higuita (Kolombia)

Penjaga gawang yang pernah terlibat bisnis kartel narkoba di negaranya tersebut merupakan penjaga gawang pemilik rekor unik, yaitu saat melakukan scorpion kick atau menghalau bola dengan telapak kedua kakinya tampa melihat bola. Atau kedua kaki saat membuang bola tersebut lebih mirip ekor kalajengking. Akrobat tersebut dilakukannya saat menghadapi Inggris dalam sebuah turnamen. Aksi tersebut juga hanya dilakukan Higuita yang pernah membela 13 klub berbeda dengan rekor penampilan sebanyak 380 partai dan 25 gol. Sedangkan di timnas Kolombia, Higuita tampil sebanyak 68 kali dengan 8 gol.

 

 

Rene Higuita (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 

  1. Jorge Campos (Meksiko)

Hingga saat ini Campos masih memegang rekor penjaga gawang terpendek yang pernah bermain di Piala Dunia. Penjaga gawang Meksiko ini hanya memiliki tinggi badan 170 cm yang bagi pemain daratan Eropa dan Amerika adalah sangat minim. Bisa dibandingkan dengan Petr Cech (Rep. Cheska) yang tingginya mencapai 196 cm. Sungguh jauh berbeda. Selain itu Campos juga merupakan satu satunya penjaga gawang yang selalu tampil dengan kostum berwarna mencolok seperti pink, oranye dan atau hijau toska. Kebiasaanya tersebut sempat diprotes pemain lawan karena dianggap mengganggu penglihatan karena dianggap menyilaukan mata. Sepanjang kariernya Campos pernah membela 9 klub berbeda dengan 433 penampilan dengan 33 gol. Sedangkan bersama timnas bermain 125 kali.

 

 

Jorge Campos (Sumber: blogspot.com)

 

 

  1. Marcos Fascanella (Argentia)

Rekor yang dimilikinya adalah menggagalkan lima tendangan penalti dalam satu pertandingan. Fascanella melakukannya saat membela klubnya Excurionistas saat melawan Argentino de Merlo dalam pertandingan Divisi Empat Liga Argentina. Walaupun hanya bermain di kompetisi terbawah, namun rekornya tersebut belum bisa dilakukan kiper yang bermain di level tertinggi di kompetisi manapun di dunia.

 

Marcos Fascanella (Sumber: express.de)

 

 

  1. Daniel  Verlinden (Belgia)

Rekor yang dimilikinya adalah kiper paling lama tidak kebobolan yaitu sepanjang 1390 menit atau lebih dari 15 pertandingan. Rekor ini dibukukannya untuk Liga Belgia dari 3 Maret 1990 hingga 26 September 1990 bersama klubnya Brugge. Satu-satunya kiper yang hampir mampu mendekati Verlinden adalah Edwin Van Der Sar. Ia sempat memiliki rekor 1311 menit tak terbobol. Walaupun mampu tak kebobolan dalam waktu lama namun Verlinden bukan pilihan utama timnas Belgia. Sepanjang kariernya Verlinden hanya sekali menjaga gawang timnas Belgia.(**)

 

Daniel Verlinden (Sumber: weltsport.net)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Oktober 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com