5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Nintendo

Oleh: Yudha P. Sunandar (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Nintendo merupakan pemain sukses di industri video game sejak tahun 1980-an. Namun, seberapa tahu Anda tentang perusahaan ini? Berikut old.uniknya.com sajikan 5 fakta tentang Nintendo yang mungkin belum Anda ketahui:

 

1. Nintendo berumur 121 tahun

Nintendo membuat pesaingnya terlihat seperti perusahaan muda pemula. Perusahaan ini didirikan oleh Fusajiro Yamauchi pada 23 September 1889 sebagai perusahaan pembuat kartu permainan Jepang. Bila melihat sejarah ke belakang perusahaan Sony pada 1946, maka Microsoft yang bermula pada 1975 membuatnya menjadi bayi di antara trio tersebut.

 

Nintendo (Sumber: blogspot.com)

 

2. Nintendo Digunakan untuk Menjalankan “Hotel Cinta”

Salah satu ide bisnis yang dieksplorasi Nintendo pada awal berdirinya adalah “hotel cinta”. Pembukaan hotel ini cukup populer di Jepang dan menawarkan beberapa kamar dalam hitungan jam. Nintendo berinvestasi di hotel cinta pada era tahun 1960-an, meskipun lokasi dan nama hotel Nintendo terlihat hilang di halaman waktu. Yah, hilang atau bahkan terkubur.

 

Hotel cinta (Sumber: gb93.com)

 

3. Nintendo Pernah Membuat LEGO Seperti Batu Bata

Skema bisnis lainnya dari berbagai yang ada adalah Nintendo membangun sistem batu bata bernama N&B Blocks. Tampaknya hal ini tidak terlalu disenangi LEGO. Meskipun begitu, Nintendo berhasil mendapatkan ide jalan keluar yang sedikit licik untuk mendapatkan hak legal yang sulit. Caranya Nintendo membuat block dengan lengkungan.

 

LEGO (Sumber: ignimgs.com)

 

N&B Block pada akhirnya biasa-biasa saja, tetapi pada 1990an permainan GameBoy membuat referensi dari produk Nintendo tersebut. Super Mario Land 2:6 Golden Coins berbangga bahwa seluruh tingkatnya terdiri dari N&B Blocks.

 

4. Hanya Satu Orang yang Dengan Tepat Memanggil Perahu Layarnya “Donkey Kong”

Lewati beberapa dekade ke depan dan Nintendo menghadapi lebih banyak aksi legal. Kali ini adalah Universal Studios yang berpikir bahwa Donkey Kong melanggar paten merk dagang King Kong.

 

Donkey Kong (Sumber: mtv.com,old.uniknya.com)

 

Karena Nintendo sedikit pertama memiliki kesuksesan di Amerika, hal ini membuat pertarungan legal yang krusial untuk menang. Nintendo menarik keluar senjata besar dengan pengacara John Kirby yang sukses membuktikan bahwa karakter dan alur King Kong merupakan wilayah publik.

Sebagai bentuk terima kasih kepada Kirby, Nintendo membelikannya kapal layar dan memberikannya hak eksklusif mendunia untuk menggunakan nama untuk kapal layarnya.

 

5. Redmond

Redmond, Wahington, sangat terkenal sebagai markas besar Microsoft, tetapi Nintendo menempati Seattle yang merupakan daerah pinggiran kota sebelum raksasa perangkat lunak. Dengan keuntungan dari Donkey Kong, Nintendo membeli lahan di Redmond pada 1982. Microsoft tidak merelokasi dari Bellevue, Washington, hingga 1986. (**)

 

Microsoft (Sumber: svedic.org)

 

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Oktober 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com