5 Tokoh Pemikir Anarkisme (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: “Hak milik pribadi adalah pencurian!” Demikian seruan Proudhon mengenai anarkisme. Berbagai gerakan anarkisme dunia, disandarkan oleh filsafat pemikiran-pemikiran mereka tokoh-tokoh anarkisme di bawah ini. Berikut old.uniknya.com paparkan 5 tokoh pemikir filsafat gerakan anarkis yang mewarnai dunia:

 

1. Pierre-Joseph Proudhon

Pierre-Joseph Proudhon adalah seorang pakar ekonomi berkebangsaan Perancis dan juga seorang filosofis sosialis dan merupakan orang yang pertama kali menyebut dirinya sebagai seorang “anarkis” sekaligus salah seorang pemikir anarkis yang pertama. Proudhon lahir di Besancon, Perancis. Proudhon terkenal dengan pernyataan kerasnya bahwa “Hak milik pribadi adalah pencurian!”

 

Pierre-Joseph Proudhon (sumber: wordpress.com)

 

2. Mikhail Bakunin

Atau Mikhail Alexandrovich Bakunin adalah seorang tokoh politik Rusia. Bakunin adalah salah satu dari pemikir anarkis terbaik. Bahkan banyak yang menyebut bahwa ia adalah salah satu “pendiri gerakan Anarkisme”.

 

Mikhail Bakunin (sumber: wordpress.com)

 

Bakunin merupakan seorang tokoh anarkis yang mempunyai energi revolusi yang dashyat. Bakunin merupakan ‘penganut’ ajaran Proudhon, tetapi mengembanginya ke bidang ekonomi ketika dia dan sayap kolektivisme dalam Internasionale Pertama mengakui hak milik kolektif atas tanah dan alat-alat produksi dan ingin membatasi kekayaan pribadi kepada hasil kerja seseorang. Bakunin juga merupakan seorang anti komunis yang pada saat itu mempunyai karakter yang sangat otoriter.

 

3. Pyotr Kropotkin

Prince Peter (Pyotr) Alexeyevich Kropotkin merupakan salah seorang tokoh anarkis Rusia yang terkemuka dan juga merupakan salah seorang yang pertama kali menganjurkan anarkis komunisme: bentuk masyarakat yang sering ia anjurkan selama hidupnya adalah bentuk masyarakat komunal yang terbebas dari pengaruh pemerintahan pusat. Karena gelarnya sebagai seorang pangeran (prince) dan keulungannya sebagai seorang anarkis antara penghujung abad ke-19 dan awal abad ke-20, membuat ia sering dijuluki sebagai “Pangeran Anarkis”.

 

Pyotr Kropotkin (sumber: wordpress.com)

 

Beberapa kalangan kaum kontemporer melihat ia sebagai sosok yang nyaris sempurna. Oscar Wilde menyebutnya “Kristus baru yang lahir di Rusia.” Dia banyak menghasilkan buku-buku, pamflet, dan artikel-artikel, karyanya yang paling terkemuka adalah The Conquest of Bread and Fields dan Fields, Factories and Workshops, dan prinsip ilmiah yang ia tawarkan, Mutual Aid: A Factor of Evolution. Ia juga merupakan seorang kontributor 1911 Encyclopædia Britannica.

 

4. Errico Malatesta

Errico Malatesta adalah seorang penganut sekaligus pemikir anarko-komunis, bersama dengan temannya Peter Kropotkin, dia percaya bahwa revolusi anarkis akan segera terjadi. Dia banyak menghabiskan waktu hidupnya berada dalam pengasingan dari tanah kelahirannya Italia, dan lebih dari sepuluh tahun berada di dalam penjara. Dia banyak menulis dan menjadi editor surat kabar radikal, serta ia juga merupakan salah seorang teman dari Mikhail Bakunin.

 

(sumber: wordpress.com)

 

5. Max Stirner

Max Stirner adalah seorang filsuf Jerman yang terkenal dengan teorinya tentang individualisme radikal. Sebenarnya Max Stirner adalah nama samaran, sedangkan nama aslinya adalah Kasper Schmidt. Stirner dilahirkan di Bayreuth pada tahun 1805. Karya terpenting Stirner adalah buku berjudul “Individu dan Miliknya” (dalam bahasa Jerman “Der Einzige und sein Eigenthum“) yang terbit pada tahun 1845. Ia meninggal pada tahun 1856.

 

Max Stirner (sumber: wordpress.com)

 

Stirner memberikan prioritas kepada kehendak dan insting manusia mengatasi akal budi, dan dengan begitu ia mendorong suatu individualisme radikal. Setiap manusia unik dan bebas dari segala sesuatu. Bagi Stirner, yang bernilai hanyalah diri manusia itu sendiri, sehingga segala bentuk peraturan, ide-ide agamawi, dan nilai-nilai kemanusiaan lain dianggap sebagai ilusi dan hipnotis bagi masyarakat. Satu-satunya tujuan hidup seorang manusia adalah dirinya sendiri.(**)

 

 

Sumber: wikipedia.org, old.uniknya.com, Oktober 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com