5 Penemu dan Temuannya dalam Logo Google

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Sejak tahun 2002 silam , Google telah memberikan penghormatan untuk ke-25 orang besar dalam sejarah dunia, melalui berbagai versi logo Google, yang di tampilkan keseharian dalam homepage-nya. Mereka yang diabadikan ditampilkan dengan berbagai rupa dan bentuk kreatif yang disesuaikan dengan tokoh yang bersangkutan. Berikut old.uniknya.com tampilkan 5 penemu dan temuannya yang diabadikan di logo google:

 

1. Albert Einstein (1879-1955)

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 14 Maret 2003. Albert Einstein adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan “pengabdiannya bagi Fisika Teoretis”.

 

Albert Einstein (sumber: anthonyharman.com,old.uniknya.com)

 

Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan genius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia.

 

2. Alexander Graham Bell (1847-1922)

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 3 Maret 2008. Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil. Bell umumnya dikenal sebagai penemu telepon, meski Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menemukan telepon.

 

Alexander Graham Bell (sumber: anthonyharman.com,old.uniknya.com)

 

3. Louis Braille (1809-1852)

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 4 Januari 2006. Louis Braille adalah pencipta sistem tulisan Braille yang digunakan oleh orang-orang tuna netra. Pada umur 4 tahun, matanya tertusuk jarum, Braille pun mengalami kebutaan.

 

Louis Braille (sumber: anthonyharman.com,old.uniknya.com)

 

Pada tahun 1821, saat bersekolah khusus untuk penderita tuna netra, seorang prajurit bernama Charles Barbier mengunjungi sekolah tersebut dan menunjukkan suatu kode yang telah ditemukannya. Sistem tersebut dikatakan sebagai “tulisan malam” (night writing). Ini dirancang khusus untuk tentara perang yang menggunakan kombinasi duabelas titik. Braille muda menyadari manfaat sistem ini. Ia pun mengembangkan sistem yang lebih sederhana dengan menggunakan enam titik. Dan tahun 1827, buku yang menggunakan enam titik tersebut, yang kemudian disebut Braille, telah diterbitkan. Sekarang, para penderita buta menggunakan metode tersebut.

 

4. Percival Lowell (1855-1916)

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 13 Maret 2006. Dirinya ditampikan di homepage Google pada tanggal 13 Maret 2006. Percival Lawrence Lowell  adalah seorang pengusaha, penulis, ahli matematika, dan astronomi yang memicu spekulasi bahwa ada kanal di Mars, mendirikan Observatorium Lowell di Flagstaff, Arizona. Lowell pula pertama kali beranggapan bahwa ada wujud planet lain terjauh yang berada di sistem tata surya kita. Pendapatnya menyebabkan ditemukannya Pluto 14 tahun setelah kematiannya. Pemilihan nama Pluto dan berikut simbolnya, diambil dari inisial namanya PL.

 

Percival Lowell (sumber: anthonyharman.com,old.uniknya.com)

 

5. Gaston Maurice Julia (1893-1978)

Ditampikan di homepage Google pada tanggal 3 Pebruari 2004. Gaston Maurice Julia adalah seorang ahli matematika Prancis yang merancang rumus untuk Julia set, yang digunakan dalam hal fractals generating. Karya-karyanya yang dipopulerkan oleh Benoît Mandelbrot matematikawan Perancis, Baik Julia dan fraktal Mandelbrot memiliki keterkaitan yang sangat erat.(**)

 

Gaston Maurice Julia (sumber: anthonyharman.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, September 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com