Waduh, Minyak Ikan Bisa Berbahaya Juga!

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Walaupun memiliki banyak khasiat kesehatan, minyak ikan sebaiknya tidak dikonsumsi pasien kemoterapi. Asam lemak dalam suplemen minyak ikan, menurut peneliti Belanda, dapat menghalangi proses kemoterapi dalam menyerang sel tumor.

 

 

Minyak ikan (Sumber: rucitoys.com)

 

Khasiat suplemen minyak ikan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dijual di pasaran memang besar dalam meningkatkan kesehatan jantung dan otak. Namun, para peneliti asal Belanda dari Universitas Utrecht di jurnal Cancer Cell menyebutkan dua jenis asam lemak PIFAs ternyata memblokir satu proses kemoterapi.

“Sementara menunggu hasil penelitian lebih lanjut, saat ini kami merekomendasikan bahwa prosuk ini tidak boleh digunakan orang yang tengah menjalani kemoterapi,” kata Profesor Emile Voest, seorang ahli onkologi medis di UMC Utrecht, seperti dikuti dari Channel News Asia.

Peneliti Voest menunjukan jenis kemoterapi cisplatin, yang sering digunakan untuk mengobati paru-paru, kandung kemih, ovarium, dan testis bisa kebal oleh kedua jenis PIFAs yang dihasilkan sel-sel induk dalam darah dan hadir disuplemen minyak ikan.(**)

 

Sumber: Media Indonesia, old.uniknya.com, September 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com