5 Tradisi Aneh dan Mengerikan di Dunia

Oleh : Bintang Mian (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM] Tradisi adalah kegiatan yang dilakukan secara turun-temurun. Banyak tradisi di masyarakat kita yang masih dilaksanakan hingga sekarang. Namun banyak pula tradisi yang sudah mati karena dilarang. Sebagian tradisi yang hilang karena larangan adalah tradisi yang dianggap tidak berprikemanusiaan. Tapi ada juga hilang lantaran ditelan zaman. Di bawah ini old.uniknya.com mencoba menghadirkan catatan dengan tradisi aneh dan mengerikan yang terjadi di dunia.

 

1. Foot Binding

Tradisi foot Binding atau mengikat kaki merupakan tradisi di Cina pada masa Dinasti Tang (618-907), Dinasti Song (960-1297), Dinasti Ming (1368-1644) dan Dinasti Qing (1644-1911). Tujuannya untuk menghentikan pertumbuhan kaki para wanita yang dimulai saat anak tersebut berusia 4-7 tahun. Semakin kecil ukuran kaki wanita dianggap semakin cantik. Mengikat kaki menggunakan kain sepanjang sepuluh kaki dengan lebar dua inci yang menjadikan kaki lebih pendek. Bahkan ukuran kaki rata-rata hanya 10-15 cm. Tradisi ini akhirnya dilarang pada Revolusi Sun Yat Sen tahun 1911.

 

Foot Binding (Sumber: imageshack.us,old.uniknya.com)


2. Eunuch

Eunuch disebut juga kasim, seorang laki-laki yang kemaluannya dibuang dengan sengaja. Pengebirian dengan sengaja untuk menghasilkan orang kasim pertama kali dikenal di Kota Lagash di Sumeria pada abad ke-21 SM. Pertama kali saat kekaisaran Asyur (850 hingga 622 SM). Mereka pun biasa tampil di istana kaisar-kaisar Akhemenid dari Persia atau firaun dari Mesir dan berakhir pada masa  Cleopatra. Kasim yang bekerja di istana kaisar terbanyak pada masa Dinasti Ming yang mencapai 70.000 orang. Namun pada 1912 Kasim yang bekerja hanya 470 orang saja. Tradisi serupa juga pernah terjadi di Vietnam.

 

Eunuch (Sumber: blogspot.com)

 

3. Seppuku

Seppuku disebut juga Harakiri. Salah satu tradisi masyarakat Jepang. Tradisi yang dianggap membanggakan ini berasal dari kata hara yang berarti perut dan kiru berarti memotong. Tradisi harakiri ini dilakukan prajurit dari kalangan samurai sebagai bukti kesetiaan. Namun tradisi ini dianggap mengerikan lantaran para samurai menunggu ajalnya dengan menunggu kehabisan darah lewat perut yang ditusuk pedangnya dan mengeluarkan isinya. Ritual dari para samurai sebelum melakukan hara-kiri adalah mandi, menggunakan jubah putih dan ditemani kaishakunin (pelayan) yang dipilihnya sendiri. Kaishakunin membantu membuka kimono samurai, mengambilkan pisau dan memenggal samurai jika ia menjerit.

 

Seppuku (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 

4. Self Mummification

Sokushinbutsu adalah rahib Budha atau imam yang didakwa menyebabkan kematian dengan cara membuat dirinya menjadi mumi. Tradisi berlangsung di Yamagata, sebelah utara Jepang. Di kawasan tersebut ditemukan 16 hingga 24 mumi. Proses mumifikasi berjalan sangat panjang hingga tiga tahun lamanya. Selama itu rahib hanya makan kacang-kacangan, biji-bijian, kulit dan akar. Setelah tiga tahun lamanya barulah minum teh yang terbuat dari getah pohon yang mengakibatkan muntah dan dengan cepat menghilangkan cairan tubuh. Mematikan anggota tubuh dan menyebabkan kerusakan hingga berujung kematian. Selain itu, rahib atau biarawan akan mengunci dirinya dalam kuburan batu dengan ukuran sempit yang membuatnya tidak bisa bergerak.

 

Self Mummification (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

5. Sati

Tradisi sati atau bakar diri hidup-hidup, dianggap merupakan lambang kesalehan. Sati juga untuk menunjukkan kepemilikan laki-laki atas perempuan. Tradisi yang terbilang sadis ini biasanya dilakukan perempuan dari kasta tinggi dan dipercaya hanya perempuan pilihan yang dapat melakukannya. Tradisi sati dipandang sebagai alternatif yang lebih baik ketika seorang istri ditinggal mati suaminya, daripada mereka mengalami penyiksaan dari saudara-saudara ipar, yang akan menyalahkan perempuan sebagai penyebab mati suami. Sati tidak hanya berlaku bagi istri, tetapi juga istri simpanan, saudara ipar dan bahkan ibu Pelaku sati diagungkan sebagai pahlawan, sesuai dengan ajaran Hindu.

Sati (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, September 2011

 

2 Responses to 5 Tradisi Aneh dan Mengerikan di Dunia

  1. Keren. Menambah wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com