5 Kebangkitan Atlet yang Fenomenal

Oleh : Bintang Mian (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM] Bangkit dari keterpurukan adalah hal yang tidak mudah dilakukan. Namun bagi beberapa olahragawan bangkit dari keterpurukan adalah sebuah suntikan untuk meraih prestasi puncak. Berikut ini old.uniknya.com mencatat beberapa atlet yang sukses bangkit dari keterpurukan dan menjadi juara.

 

1. Lasse Viren (Olimpiade 1972)

Olimpiade 1972 di Munich, Jerman menjadi saksi sebuah kebangkitan dari atlet lari jarak jauh asal Finlandia, Lasse Viren. Datang sebagai atlet tidak terkenal dan hanya sedikit mendapat kesempatan mengikuti kejuaraan, bahkan mendapat banyak kritik dengan dianggap tak akan mampu merebut medali sebelum datang di Munich telah membangkitkan semangat Viren. Hasilnya Viren memecahkan rekor lari 10.000 meter atas nama Mohammed Gammoudand dengan catatan waktu 27:38:40 detik. Kemudian ia juga merebut medali emas 5000 meter untuk membuktikan semua kritik padanya adalah kesalahan besar.

 

Lasse Viren (Sumber: top-10-list.org,old.uniknya.com)

 

2. Goran Ivanisevic (Wimbledon 2001)

Petenis asal Kroasia ini berada di ambang pensiun. Namun ketika ia mendapat wild card untuk masuk Wimbledon pada tahun 2001 dan jauh dari unggulan, membuatnya lebih termotivasi bertanding. Hingga akhirnya mencapai partai final untuk berhadapan dengan Patrick Kasau. Melalui pertandingan menarik, Ivanisevic ke luar sebagai juga dan membuat sejarah sebagai petenis tersukses di Wimbledon yang datang dengan wild card.

 

Goran Ivanisevic (Sumber: top-10-list.org,old.uniknya.com)

 

3. Kelly Holmes (Olimpiade 2004)

Ap yang dicapai atlet asal Inggris, Kelly Holmes pada olimpiade musim panas tahun Athena 2004 sungguh luar biasa dan sulit dipahami. Kelly sempat mengalami depresi klinis dan tahun terburuk dalam karirnya. Namun, Kelly mampu keluar dari tekanan tersebut dan bisa memenangkan medali emas di nomor lari 800 meter dan 1500 meter pada usia 34 tahun.

 

Kelly Holmes (Sumber: top-10-list.org,old.uniknya.com)

 

4. Lance Amstrong (Tour de France)

Didiagnosis menderita kanker testis, tak membuat pembalap sepeda asal Amerika, Lance Amstrong berhenti berkarir. Bahkan ketika kanker telah menyebar ke seluruh tubuhnya, Amstrong semakin semangat. Buktinya bukan hanya satu atau dua gelar yang bisa ia raih dalam Tour de France, tapi tujuh kali. Bahkan tuduhan pemakaian obat terlarang tak lantas di mematikan keinginannya menjadi pembalap besar.

 

Lance Amstrong (Sumber: top-10-list.org,old.uniknya.com)

 

5. Nikki Lauda (Juara Dunia F1 1977)

Kembalinya Nikki Lauda untuk menjadi juara dunia setelah kecelakaan mobil yang cukup fatal telah diberi label sebagai salah satu comebacks paling berani sepanjang masa. Setelah menderita luka parah dan mengalami koma, Nikk Lauda kembali pada tahun 1977 dan kembali memenangkan kejuaraan dunia Formula One.(**)

 

Nikki Lauda (Sumber: top-10-list.org,old.uniknya.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, September 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com