5 “Pilar Lama” Persib yang Hengkang

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Jelang babak baru ISL musim 2011/2012, Persib Bandung merombak sekitar 50% skuad lamanya. Sebanyak 12 pemain resmi dilepas, mereka adalah Markus Horison, Cristian Gonzales, Hilton Moreira, Matsuna Shohei, Nova Arianto, Dias Angga Putra, Gilang Angga, Isnan Ali, Munadi, Jejen Zaenal Abidin, Yudi Khoerudin, dan Rahmat Afandi. Seperti dihimpun old.uniknya.com, berikut 5 diantaranya yang hengkang meninggalkan Tim berjuluk Maung Bandung ini:

 

1. Cristian Gonzales

Cristian Gérard Alfaro Gonzáles (lahir di Montevideo, Uruguay, 30 Agustus 1976) merupakan seorang pemain sepak bola Indonesia yang dapat berposisi sebagai penyerang tengah ataupun penyerang tunggal. Ia telah 4 kali meraih gelar pencetak gol terbanyak Liga Indonesia dan telah mencetak 173 gol. Sebelumnya, ia merupakan warga negara Uruguay, namun sejak 1 November 2010, ia resmi menjadi warga negara Indonesia. Saat ini ia baru saja bergabung dengan Tim Persisam Samarinda setelah sebelumnya bermain untuk Persib Bandung dan sejak 21 November 2010 juga bermain untuk tim nasional Indonesia.

 

Cristian Gonzales (Sumber: wartakota.co.i)

 

2. Markus Horison

Muhammad Haris Maulana atau sebelumnya dikenal sebagai Markus Horison Ririhina (lahir di Pangkalan Brandan, 14 Maret 1981) adalah seorang pemain sepak bola asal Indonesia. Posisinya adalah penjaga gawang dan tinggi badannya 186 cm. Di tingkat klub ia baru saja resmi memperkuat Persisam Samarinda yang bermain di Liga Super Indonesia. Sebelumnya ia bermain untuk Persib Bandung. Markus dikenal memiliki kelebihan dalam menghadapi umpan lambung. Ia pernah terpilih sebagai pemain terbaik turnamen Piala Emas Bang Yos pada tahun 2006.

 

Markus Horison (sumber: arenabola.com)

 

Di tingkat daerah, Markus pernah memperkuat tim Sumatera Utara pada PON XV 2000 di Jawa Timur dan PON XVI 2004 di Palembang. Di tim nasional Indonesia, Markus mengawali debutnya di turnamen internasional resmi dengan penampilan yang cemerlang saat Indonesia kalah 0-1 melawan Korea Selatan di Piala Asia 2007.

 

3. Eka Ramdani

Eka Ramdani (lahir di Purwakarta, Jawa Barat, 18 Juni 1984) adalah pemain hasil binaan tim junior Persib Bandung dengan bergabung dengan PS UNI, salah satu klub anggota Persib, pada usia belasan tahun, Eka menjelma menjadi salah satu bakat terbesar yang dimiliki Persib. Eka Ramdani telah menjadi langganan tim nasional Indonesia sejak usia dini. Tercatat Eka pernah memperkuat timnas Indonesia di Pra Piala Asia U-16, Piala ASEAN U-19, Pra Piala Asia U-20, Piala Sultan Brunei U-21, Pra Olimpiade Athena dan SEA Games(U-23), dan juga di timnas senior yang debutnya dilakoni di pertandingan persahabatan dengan Afrika Selatan.

 

Eka Ramdani (sumber: blogspot.com)

 

Eka memainkan laga ke-100 nya bersama persib di Liga ketika Persib bermain melawan Deltras Sidoarjo pada 30 Mei 2009. Sekarang Eka Ramdani resmi bergabung dengan tim asal Kalimantan Timur Persisam.

 

4. Nova Arianto

Nova Arianto (lahir di Semarang, Jawa Tengah, 4 November 1978) adalah mantan pemain sepak bola asal Persib Bandung pada posisi Stoper dan Bek (kanan/kiri). Nova adalah seorang bek yang tangguh dan merupakan seorang bek dengan benteng pertahanan yang kuat untuk ditembus lawan. Dia kerap mencetak gol dari tendangan pojok. Vava sendiri dijuluki Nova “suster ngesot” Arianto karena jika dia mencetak gol dia merayakannya dengan gaya ngesot-ngesot di lapangan seperti layaknya suster ngesot. Vava sudah 85 kali bertanding membela Persib Bandung dan mencetak 8 gol. Vava adalah anak dari pasangan Sartono Anwar dan Tan Djiet Nio, Sartono adalah pelatih terkenal yang mengantar PSIS Semarang menjuarai Divisi Utama 1987 dan salah satu pelatih nasional pada 1980-an hingga awal ’90-an.

 

Nova Arianto (Sumber: okezone.com)

 

5. Gilang Angga Kusumah

Gilang Angga Kusumah (lahir di Bandung, Jawa Barat, 13 September 1980) adalah seorang pemain sepak bola Indonesia. Dia pernah bermain untuk Klub Persib Bandung yang mengikuti kompetisi Liga Indonesia. Gilang memulai karier sebagai pemain sepakbola di klub internal Persikab Bandung, Citra Raya dan Swasco. Pada tahun 2002, ia dikontrak oleh Persikab Bandung. Ia mencetak gol liga pertama nya ketika berumur 22 tahun ketika Persikab Bandung bertanding melawan Persija Jakarta di Liga Indonesia 2002. Ia dikontrak Persib di tahun 2002. Ia pun berhasil menjadi bagian dalam tim inti. Gilang mencetak gol pertamanya di Liga Super Indonesia ketika Persib bertanding melawan Deltras Sidoarjo.(**)

 

Gilang Angga Kusumah (sumber: bisnis-jabar.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, September 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com