5 Bencana Teknologi Paling Mahal di Dunia

Oleh: Bintang Mian (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA. COM] Bencana bisa datang dan terjadi dimana saja. Namun ada beberapa bencana terkait teknologi terjadi di luar perkiraan dan telah menelan banyak kerugian. Hingga bencana tersebut dianggap kejadian yang mahal di dunia. Rangkuman bencana yang dianggap paling mahal di dunia tersebut dituangkan old.uniknya.com di bawah ini:

1. Pesawat Ruang Angkasa Columbia (US$13 miliar) 

Pada 1 Februari 2003, Pesawat Ruang Angkasa Columbia meledak dalam perjalanan kembali ke bumi dari perjalanan luar angkasanya. Total kerugian dari ledakan tersebut mencapai sekitar 13 miliar dollar.

 

Columbia Spaceship (sumber : ww2aircraft.net)

 

2. Tanker “Prestige” (US$12 miliar) 

Pada November 13, 2002 sebuah kapal tanker minyak “Prestige” berlayar saat cuaca kurang bersahabat. Kapten kapal meminta izin untuk berlabuh ke pantai Perancis, Italia, atau spanyol. Tapi belum terlaksana dan tanker tenggelam, total kerugian 12 miliar dolar.

 

sumber : top5s.net

 

3. Chernobyl (US$200 miliar) 

Salah satu bencana yang paling mengerikan dan mahal telah terjadi pada tanggal 26 April 1986. Menurut hasil perhitungan sekitar 125.000 orang  meninggal karena bencana reaktor nuklir Chernobyl. Kerugian biaya resmi setelah bencana ini adalah 200 miliar dolar.

 

sumber : feww.wordpress.com

 

4. Pesawat Ruang Angkasa Challenger (US$4,5 miliar) 

Pada 28 Januari 1986, pesawat ruang angkasa Challenger meledak selama lepas landas, total kerugian 4,5 miliar dolar.

 

Challenger (sumber : top5s.net)

 

5. Kilang Minyak “Piper Alpha” (3,4 miliar dollar) 

Ini adalah salah satu bencana paling mengerikan dalam sejarah kilang minyak. Kesalahan tenaga teknis melahirkan sebuah ledakan yang menewaskan167 orang dan menyebabkan kerugian 3,4 miliar dolar.

 

Piper Alpha (sumber : top5s.net)

 

 Sumber: Tops5.net, old.uniknya.com, September 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com