5 Hal Tentang Wikipedia

Oleh: Yudha P. Sunandar (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Tahun 2011 merupakan langkah ke-10 tahun dari situs ensiklopedia terbesar global, Wikipedia. Situs tersebut menjadi ikon dari budaya berbagi dan ensiklopedia bebas di internet. Meskipun begitu, situs ini termasuk pemain yang low-profile di internet. Disarikan dari Time.com yang dipadukan riset old.uniknya.com, berikut 5 hal mengenai Wikipedia.org:

 

1. Siapa yang Mendirikan Wikipedia?

Rogers Cadenhead, penulis teknologi, mengungkapkan bahwa Jimmy Wales, orang yang paling berkuasa di Wikipedia, mengubah biografinya sebanyak 18 kali. Pengubahan biografi ini termasuk menghapus bagian penjelasan tentang Larry Sanger, mantan karyawan Wikipedia, sebagai pendiri Wikipedia.

Meskipun tulisan tentang Wikipedia saat ini menjelaskan bagaimana situs ini hadir dengan menulis: “Larry Sanger dan Jimmy Wales mendirikan Wikipedia”, selalu saja ada kecenderungan untuk Jimmy mengecilkan peran Larry dalam pendirian Wikipedia. Jimmy menyebut hal ini dengan menyampaikan bahwa sebuah perubahan diperlukan untuk menjernihkan dan memberi penjelasan bernuansa lebih dari aturan yang masing-masing orang bermain dalam mendirikan situs. Lebih lanjut, Jimmy berpendapat bahwa perubahan tidak ada hubungannya dengan kejatuhan awal di antara keduanya.

Pada 2002, Larry Sanger keluar dari Wikipedia setelah berulang kali tidak setuju dengan Jimmy Wales. Ketika itu Larry Sanger menginginkan pembersihan Trolls dan Anarchist dari situs Wikipedia.

 

Larry Sanger dan Jimmy Wales (dari atas) (Sumber: Jblogspot.com,old.uniknya.com)

 

2. Terdapat 10 Juta Tulisan

Pada April 2008, Wikipedia mengumumkan bahwa mereka telah mempublikasikan 10 juta tulisan. Tonggak ini menandai tahun pertumbuhan yang pesat dari Wikipedia. Sebelumnya, pada September 2004, Wikipedia mengumumkan telah memiliki 1 juta tulisan. Tulisan kesejuta ditulis di Hungaria tentang Nicholas Hilliard, seorang pelukis dan tukang emas Inggris abad 16.

Penambahan 9 juta tulisan dalam kurun waktu 3,5 tahun merupakan simbol dari ekspansi situs Wikipedia. Tulisan paling populer dalam situs ini tidak hanya berasal dari edisi bahasa Inggris yang memiliki 3 juta halaman lebih, tetapi juga berasal dari bahasa-bahasa internasional lainnya. Saat ini, Wikipedia telah mempublikasikan tulisan dari 250 bahasa di dunia, termasuk bahasa Jawa dan Sunda.

 

Terdapat 10 Juta Tulisan (sumber: llt.msu.edu,old.uniknya.com)

 

3. Wikipedia Hampir Seakurat Britannica

Pada 2005, pengguna internet akan merasa sedikit lebih baik bila menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan informasi dari Wikipedia. Sebuah penelitian dilakukan journal Nature dengan memilih tulisan dari Wikipedia dan Ensiklopedia Britannica, sebuah ensiklopedia yang menjadi acuan standar pengetahuan dunia.

Sang ahli memasukan tulisan-tulisan tersebut dalam kategori bidang keahlian “relevant” untuk diperiksa. Hasilnya, journal Nature menemukan 8 galat serius dalam tulisan, dan 4 di antaranya ada di kedua belah pihak.¬†Para peneliti juga menemukan banyak kesalahan faktual yang bersifat minor, seperti kelalaian dan informasi yang menyesatkan, Wikipedia 162 kesalahan dan 123 kesalahan dalam Britannica. Wikipedia mengambil penelitian ini sebagai kemenangan setelah begitu banyak kritikan pers terkait akurasi masukan tulisannya.

 

Wikipedia Hampir Seakurat Britannica (sumber: tecnicalia.com,old.uniknya.com)

 

4. Kematian Palsu

Masalah yang dihadapi oleh ensiklopedia yang dapat disunting oleh setiap orang adalah selalu ada kekacauan dengan kebebasan tersebut. Selama ini Wikipedia telah menjaga ketertiban di situsnya sendiri dan mengkoreksi berbagai ketidakakuratan dalam waktu beberapa hari dengan baik. Meskipun begitu, berbagai berita palsu kerap terjadi dan tersebar. Hal ini menimpa mulai dari politikus, seperti mendiang Ted Kennedy, Robert Byrd, hingga Miley Cyrus dan selebritis lainnya. Mereka memiliki pengalaman yang malang dengan mendengarkan sedikit laporan prematur tentang kematian mereka.

Misalnya saja pada Maret 2007, aktor-komedian Sinbad mendapatkan telepon dari putrinya yang memastikan bahwa Sinbad baik-baik saja. Hal ini diakibatkan halaman Sinbad di Wikipedia melaporkan bahwa dirinya telah meninggal akibat serangan jantung. Setelah mendengarkan rumor tersebut, Sinbad memberitahukan Associated Press dan menyampaikan, “Pada Sabtu, saya telah bangkit dari kematian dan kemudian mati lagi.”

 

Kematian Palsu (sumber: carlywilkiesteven.com,old.uniknya.com)

 

5. Dimulainya Pertemuan Wikimania

Merupakan ide yang utopia apabila memikirkan bahwa Wikipedia hanya sekedar menulis, menyunting, dan memelihara situs oleh mereka yang menggunakannya. Namun, kenyataannya, Wikipedia merupakan sebuah dedikasi dari sekelompok relawan yang berlaku sebagai kuncen situs. Mereka melindungi Wikipedia dari tindakan merusak dan memastikan masukannya seakurat mungkin. Dalam hal ini, tentunya mereka membutuhkan tempat untuk bersidang, berdiskusi, dan berbagi ide terkait berbagai hal tentang Wikipedia.
Akhirnya sebuah pertemuan yang dimulai di Frankfurt, Jerman, pada 2005, mempertemukan sebuah kelompok relawan yang tak terorganisir ini dan membawa mereka bersama dalam satu tempat setiap tahunnya. Saat ini, Konferensi ini melibatkan ratusan partisipan dari hampir 70 negara dari seluruh dunia, termasuk di dalamnya pembicara, workshop, dan tentu saja Jimmy Wales.

 

Dimulainya Pertemuan Wikimania (sumber: googleusercontent.com,old.uniknya.com)

 

 

 

Sumber: Time.com, old.uniknya.com, September 2011

3 Responses to 5 Hal Tentang Wikipedia

  1. Pingback: dering.co.id – 5 Hal Tentang Wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com