5 Keajaiban Alam di Dunia yang Akan Hilang

Oleh ; Bintang Mian (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM] Pemanasan global adalah masalah paling serius yang kini dihadapi dunia. Akibatnya beberapa pakar memperkirakan akan datang dampak paling buruk akibat pemanasan global ini. Diantaranya akan hancur atau hilangnya kawasan yang memiliki ciri khas, seperti gunung es atau keajaiban alam lainnya. Berikut ini old.uniknya.com merangkum 5 keajaiban alam yang diperkirakan peneliti akan hilang jika pemanasan global terus berlangsung.

 

 

1. Everglades

Taman nasional ini terletak di Florida dengan luas sekitar 2,5 juta hektar, termasuk lahan basah, kolam cemara, hutan bakau dan padang pinus. Yang menarik dari tempat ini adalah buaya dan aligator membagi wilayahnya masing-masing dan telah menjadi pusat perhatian. Namun kini tempat yang dianggap keajaiban alam tersebut dalam bahaya, polusi yang berasal dari peternakan, spesies invasif,  ditambah fakta bahwa 60% air di wilayah ini dialihkan ke kota-kota karena pemanasan global, mengakibatkan sedikitnya 20 spesies lain di Everglades terancam punah.

 

Everglades (Sumber: raredelights.com,old.uniknya.com)

 

 

2. Maldives

Kenapa pulau-pulau di Maldives dalam bahaya jika pemanasan global terus berlangsung? Karena pemanasan global akan mengakibatkan es mencair dan permukaan air laut naik. Jumlah pulau-pulau kecil dan atoll di kawasan ini mencapai 1190, 200 diantaranya berpenghuni. Pulau-pulau di kawasan ini hanya berjarak 2,5 meter di atas permukaan laut yang jika permukaan air laut naik, bahaya hilang mengancam. Pulau di Maldives sangat indah di kawasan Samudra Hindia. Kaya spesies karang dan ikan, hiu dan macan tutul. Tapi sayangnya kini dalam bahaya akibat pemanasan global.

 

Maldives (Sumber: raredelights.com,old.uniknya.com)

 

 

3. Taman Nasional Ranthambore (Negara Bagian India Rajasthan)

Anda suka harimau? Taman Nasional Ranthambore adalah tempat yang sempurna untuk melihat harimau. Kabar buruknya, populasi harimau liar semakin menurun yang kini tinggal 3200 saja. Lebih dari setengahnya hariamu liar tinggal di India, termasuk Ranthambore. Ancaman bertambah karena pemanasan global yang membuat tempat tinggal harimau semakin tidak nyaman. Jika bukan penyelamatan secara ekstrim, harimau ini bisa punah dari pandangan kita.

 

 

Taman Nasional Ranthambore (Negara Bagian India Rajasthan) (Sumber: raredelights.com,old.uniknya.com)

 

 

4. Hutan Tropis Tahuamanu

Dianggap sebagai keajaiban alam karena dihuni hewan spesies langka, seperti burung Beo Macaw, jaguar, Ocelots dan berang-berang raksasa. Hutan luas di Peru ini juga kaya akan Pohon Mahoni. Namun ilegal logging membuat 80% kayu mahoni di sini hilang dan sekaligus membantu pemanasan global yang mengancam kelangsungan hutan dan spesies langkanya.

 

Hutan Tropis Tahuamanu (Sumber: raredelights.com,old.uniknya.com)

 

5. Sungai Yangtze

Hewan eksotis seperti domba kerdil atau panda raksasa bisa ditemukan di daerah ini. Namun sayangnya Sungai Yangtze kini dalam bahaya kehilangan spesies kehidupan air dan hewan khususnya lantaran pemanasan global yang semakin menjadi. Bahkan akibat pemanasan global telah mengakibatkan deforestasi, polusi dan tanah longsor yang sangat mempengaruhi wilayah ini.

 

Sungai Yangtze(Sumber: raredelights.com,old.uniknya.com)

 

 Sumber: www.raredelight.com, old.uniknya.com, September 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com