Wah, Bumi Pernah Punya Dua Bulan?

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Bumi pernah memiliki dua bulan? Setidaknya itulah kesimpulan yang didapat dari studi terbaru yang dilakukan para peneliti. Berikut petikan yang old.uniknya.com rangkum:

 

Peleburan bulan (Sumber: tech2.in.com)

 

Proses penhantaman bulan yang kecil (Sumber: topscms.com)

 

Diyakini, Bulan kedua yang memiliki ukuran lebih kecil menghantam dan menempel di Bulan yang lebih besar. Itulah sebabnya kenapa permukaan Bulan yang saat ini kita lihat sangat berbeda di dua sisi yang ada.Bulan kedua ini mengelilingi bumi sekitar 1.200 kilometer lebih lebar daripada Bulan yang kita saksikan saat ini.Bulan ini mungkin terbentuk dari tabrakan antara planrt dan objek ruang angkasa seukuran Mars.Gaya tarik menarik dengan Bumi membuat rotasi Bulan menjadi sangat pelan. Karena itulah, hingga awal abad ini manusia baru bisa melihat separus sisi Bulan.Baru pada 1959, pesawat ruang angkasa Luna 3 milik Uni Soviet bisa mengambil gambar sisi Bulan di bagian lainnya. Dan memang, ternyata dua sisi Bulan itu berbeda. Hal itu diyakini akibat tabrakan tersebut.(**)

Sumber: Media Indonesia, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com