5 Piramida Dunia di Luar Mesir

Oleh: Bintang mian (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Bangunan berbentuk piramida ternyata tidak hanya di Mesir. Di belahan dunia lainnya, bangunan berbentuk piramida juga ada. Sebagian memiliki fungsi sama yaitu dijadikan tempat pemakaman para raja. Namun ada juga dari piramida tersebut yang digunakan sebagai tempat tinggal raja. Berikut bangunan berbentuk piramida di luar Mesir yang berhasil old.uniknya.com telusuri:

 

1.Chitchen Itsa

Piramida ini ada di Pulau Yucatan di Meksiko Pedalaman. Piramida ini juga disebut Piramida Matahari yang merupakan monument Suku Maya.  Itza merupkan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, dan bangunan Seribu Tiang dan telah berdiri sejak abad 800 SM.

 

Chitchen Itsa (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

2.Piramida Meroe

Piramida ini terletak di Sudan. Piramida ini dibangun pada abad ke-8 SM dan digunakan untuk mengubur raja-raja kuno. Dipengaruhi oleh budaya  Mesir Kuno. Sehingga tradisi penguburan dilakukan di dalam piramida.

 

(sumber: wikipedia.org,old.uniknya.com)

 

3.Piramida Guimar

Piramida ini ditemukan pada tahun 1990 di  Pulau Tenerife.  Dibangun dengan menggunakan batu larva yang disusun secara alami tanpa bantuan bahan lainnya. Saat ditemukan ada 9 piramida tetapi hanya 6 dari piramida ini yang masih tetap berdiri.

 

Piramida Guimar (sumber: wikipedia.org,old.uniknya.com)

 

4.Piramida Barat

Piramida ini terletak di perbatasan Cina dan Korea. Piramida ini lebih unik dari piramida yang ada sebelumnya  karena hanya terbuat dari tanah liat dan tanah. Seperti piramida lainnya, piramida ini juga digunakan sebagai tempat pemakaman. Salah satunya piramida memilki tinggi 85 meter.

 

Piramida Barat (Sumber: travelpod.com,unknya.com)

 

5.  Piramida Brikhadeshvara

Piramida Brikhadeshvara merupakan sebuah kuil di India. Ketinggian Pyramida ini adalah sekitar 58 meter. Kuil milik Tamil Nadu yang dibangun dengan batu granit. Piramida ini masuk situs warisan dunia UNESCO.

 

Piramida Brikhadeshvara (sumber: wayfaring.info,old.uniknya.com)

 

Sumber : Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, September 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com