5 Aktor Beladiri Paling Terkenal di Film Barat

Oleh: Bintang Mian (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Siapa tak kenal Van Damme? Bayangan kita akan langsung ingat pada aktor bela diri yang kerap wara-wiri di layar kaca televisi swasta Indonesia. Akan tetapi, sebenarnya bukan Van Damme sendiri yang jagoan beladiri di berbagai film. Data yang dihimpun old.uniknya.com, berikut 5 aktor beladiri paling terkenal di film barat:

1.       Jean-Claude Van Damme

Dia pemegang sabuk hitam ilmu bela diri Shotokan. Van Damme juga mempelajarim Taekwondo dan kickboxing, serta karate. Ia juga mengikuti pertandingan dan turnamen kickboxing dengan  rekor 20 menang (semua KO) untuk 2 kekalahan. Namun ada juga  filmnya gagal  dipasaran, terutama film Street Fighter. Tapi dia membuat beberapa film sukses. Bloodsport dan Kickboxer sangat sukses. Selain akting dengan aksen Prancis-nya yang lucu, ia juga tampil dengan adegan perkelahian cukup baik. Ia mencapai puncak kepopuleran tahun 1994 lewat film Timecop.

 

Jean-Claude Van Damme (Sumber: allstarpics.ne,old.uniknya.com)

 

2.      Steven Seagal

Tak pernah kalah dalam bertarung. Jika anda sangat menyukai aktor tanpa ekspresi dengan sedikit tersenyum, baik itu saat sedih, marah, penyesalan, dll, Seagal sang aktor itu. Tapi Seagal salah satu aktor yang memiliki akting buruk, karena tidak bisa melakukan tendangan ke belakang. Seagal memang seorang atlet Aikido. Namun aksinya sempat padam di era akhir 80-an hingga 90-an. Aksi yang kerap terlihat dalam filmnya yaitu melemparkan dan mematahkan pergelangan setiap lawannya. Film yang sukses dipasaran diantaranya Hard to Kill, Marked for Death dan Out for Justice serta Under Siege.

 

Steven Seagal (sumber: wordpress.com,old.uniknya.com)

 

3.Jackie Chan

Aktor ini mungkin aktor yang sukses menggambungkan seni beladiri dengan seni peran terutama komedi. Chan sangat dipengaruhi seniman dan komedian film bisu seperti Charlie Chaplin dan Buster Keaton. Dia tidak mempublikasikan apakah ia memiliki sabuk hitam atau teknik yang baik dalam Kung Fu. Namun dia memang mempelajarinya dengan serius berbarengan dengan aktor lainnya, Sammo Hung. Dia satu-satunya aktor yang tidak pernah menggunakan aktor pengganti saat melakukan akting berbahaya. Dia mengklaim setengah dari tulang dalam tubuhnya sudah rusak akibat kecelakaan saat shoting film.

 

Jackie Chan (sumber: celebrityfanweb.com,old.uniknya.com)

4.Jet Li

Jet Li sukses memerankan aktor berkarakter dingin dalam perannya. Baik itu untuk film kolosal tradisional Cina seperti Kung Fu atau untuk film modern. Ilmu beladiri Kung Fu yang diperlihatkannya dalam film adalah kenyataan dari latihan selama tiga tahun. Bahkan Jet Li pernah menjadi juara dunia Kung fu. Penokohan dalam film yang sukses diperankannya adalah dalam memainkan sosok Wong Fei Hung. Shaolin Temple, Once Upon A Time in China adalah film yang sukses di pasaran. Jet Li kini memiliki kewarganegaraan Singapura yang diperolehnya pada 2009.

 

Jet Li (sumber: cinemablend.com,old.uniknya.com)

5.Bruce Lee

Dikatakan sebagai aktor  bela diri tersukses dalam sejarah perfilman. Ia mampu merevolusi beladiri tidak hanya dari film tapi dalam seni bela diri itu sendiri. Dia dianggap sebagian besar pendekar bela diri sebagai guru dari Martial Art. Idenya adalah harus menghafal semua keahlian dan bentuk bela diri di dunia, karena pertarungan tidak hanya sebatas nafsu.   Dia menjadi yang terbaik dalam penguasaan jurus dalam Wing Chun Kung Fu, di bawah sang legendaries, Yip Man. Pada akhir tahun 50-an hingga 60-an, Lee melakukan pertarungan tidak resmi dengan ahli beladiri lain dan mampu memenangkan pertarungan dengan mudah. Bahkan ia menghentikan perlawanan  master karate bernaa Uechi hanya dalam 11 detik.

 

Bruce Lee (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: Berbagai sumber, old.uniknya.com, September 2011 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com