5 Kompetisi Perusahaan Besar Era Digital

Oleh: Yudha P. Sunandar

[UNIKNYA.COM]: Di milenium ketiga ini, banyak berdiri perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komputer. Perusahaan-perusahaan ini umumnya menggeser perusahaan lain  yang telah ada sebelumnya. Umumnya, mereka yang mampu menggeser, menjadi pengganti yang lebih kuat dan lebih besar. Dari data yang dihimpun old.uniknya.com, berikut ini 5 perusahaan yang menggeser perusahaan lainnya yang telah ada sebelumnya:

 

1. Google vs. Yahoo

Sulit untuk dipercaya bahwa Google telah menjadi pemimpin mesin pencari yang tak terbantahkan. Padahal, sebelumnya mereka hanya bagian kecil dari pasar. Pada awal munculnya internet, mesin pencari seperti Lycos, Excite, AskJeeves, dan lainnya, bersaing untuk bagian dari sebuah kue Pie. Pada akhir abad 20, Yahoo! muncul sebagai pemimpin, mempertahankan gelembung dot-com yang menyeret perusahaan yang lebih kecil di bawahnya. Pada 2000, situs ini memiliki 56 persen rujukan di internet, 6 kali dari lebih banyak dari kompetitor terdekatnya.

 

Google vs. Yahoo (Sumber: vietnambranding.com,old.uniknya.com)

 

Google sendiri hanya meraih 1 persen pasar pada Juni tahun yang sama. Pada 2001, Yahoo! mulai menggunakan algoritma pencarian Google. Dan ketika Google memulai bersaing untuk mendapatkan bagian, Yahoo! dengan cepat kehilangan semangatnya.

Pada 2002, popularitas mesin efisien Google, berkembang secara eksponensial. Google mendapatkan 31,8 persen dari seluruh pencarian, bandingkan dengan Yahoo! sebesar 36,3 persen. Delapan tahun setelahnya, Google meroket ke atas, hampir memonopoli pasar. Menurut Comscore, pada Juli 2011 ini, Google memiliki lebih dari 65 persen pangsa pasar mesin pencari, sedangkan kompetitor terdekatnya tetap Yahoo! dan hanya memiliki 16,1 persen pangsa pasar.

 

2. Hewlett-Packard vs. Dell

Dell merupakan pemimpin dunia untuk pasar global Komputer Personal dengan 13 persen pangsa pasar. Sedangkan Compaq, yang sudah tidak terbit lagi, meraih posisi kedua dengan 11,2 persen pangsa pasar. Lebih dari dekade lalu, pasar komputer personal telah berubah secara dramatis. Pada Mei 2002, Hewlett-Packard memperoleh kekuatan melalui Compaq dengan 25 Milyar Dollar Amerika. Pada 2005, Dell masih tetap berupa pemimpin pasar dengan 17,2 persen pangsa pasar, tetapi HP dengan cepat mendekati gap dan meraih 14,7 persen pangsa pasar. Kurang dari 3 tahun, pada kuarter ketiga 2008, HP melampaui Dell dan bertahan di posisi teratas sejak itu. Pada kuarter kedua 2011, HP memimpin dengan perbedaan 5 persen atau sebesar 17,5 persen. Sedangkan Dell pada saat itu hanya menggapai 12,5 persen. Sedangkan Lenovo meraih pangsa pasar di posisi ketiga sebesar 12 persen. Lenovo sendiri akan melampaui Dell jika pertumbuhannya sebesar 22,5 persen saat ini terus berlanjut. Pertumbuhan Dell sendiri hanya sebesar 3,3 persen.

 

Hewlett-Packard vs. Dell (Sumber: kanjhan.com,old.uniknya.com)

 

3. Apple vs. Nokia

Pada kuarter keempat 2007, Nokia memiliki lebih dari 50 persen pasar global ponsel cerdas. Sedangkan Research In Motion bersama BlackBerry hanya 10,9 persen dan Apple hanya 5,2 persen. Bagaimana pun, Apple yang telah mendominasi pasar perangkat musik digital secara konsisten setiap tahunnya, melakukan hal yang sama dengan ponsel cerdas setidaknya selama 4 tahun.

Baru-baru ini, pada kuarter keempat 2010, Apple iPhone tetap bertahan pada porsi kecil pasar dengan 16,1 persen pangsa pasar, sedikit lebih setengah dari Nokia sebesar 28 persen. Namun letusan jumlah penjualan dengan cepat membuat perusahaan milik Steve Jobs memimpin. Pada kuarter kedua 2011, merujuk IDC, Apple memiliki 19,1 persen pangsa pasar dengan rata-rata pertumbuhan per tahun sebesar 141 persen. Nokia terlempar ke posisi ketiga di belakang Samsung dengan 15,7 persen pangsa pasar dengan pertumbuhan rata-rata tahunan sebesar -30,7 persen.

 

Apple vs. Nokia (Sumber: mynokiablog.com,old.uniknya.com)

 

4. Facebook vs. Myspace

Pada Juli 2005, perusahaan berita Rupert Murdoch membeli Myspace dengan harga 580 juta Dollar Amerika ketika anggota Facebook masih terbatas pada mahasiswa. Menurut Comscore, pada Mei 2007, Facebook memiliki pengunjung unik setiap bulannya hanya sebesar 30 juta, sedangkan Myspace bertengger di angka 70 juta. Namun, pada Mei 2009, Facebook bertemu dan melebih jumlah pengunjung Myspace pada kisaran 70 juta. Pada Mei 2011, Facebook hampir mendekati 160 juta pengguna. Sedangkan Myspace turun di bawah 40 juta pengguna, dan jumlahnya terus turun. Pada Juni 2011, Murdoch menjual perusahaan yang sekarat ini dengan harga 35 juta Dollar Amerika, 93 persen lebih kecil dari harga jual aslinya.

 

Facebook vs. Myspace (Sumber: iphonespies.com,old.uniknya.com)

 

5. Amazon vs. Barnes & Noble

Barnes & Noble merupakan penjual buku terbesar tahunan di Amerika Serikat. Namun, peritel online Amazon.com mengapit Barnes & Noble dengan menjual buku secara online dan keluar dari bisnis mahal dengan menjalankan toko serta membawa ratusan dari jutaan judul buku dalam penyimpanan digital. Kemudahan dan kemenangan operasi merupakan hal yang esensial untuk Amazon.

Kemudian, pembaca e-book Amazon yang bernama Kindle pun bertahan dan menang dari perang e-reader Nook milik B&N dan lainnya. Beberapa toko buku, termasuk Borders, telah menghilang di bawah. Barnes & Noble pun kehilangan profitabilitasnya. Pendapatan Baners & Noble telah jatuh dari 147 juta Dollar Amerika pada 2006 menjadi 74 juta Dollar Amerika pada 2010. Sedangkan Amazon memperlihatkan pertumbuhan pendapatan dari 190 juta Dollar Amerika menjadi 1,2 Triliun Amerika. Sebuah saran menyampaikan bahwa era buku fisik sebentar lagi akan berakhir.

 

Amazon vs. Barnes & Noble (sumber: techpinger.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: businessinsider.com, old.uniknya.com, September 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com