5 CMS Situs Terpopuler di Dunia

Oleh: Yudha P. Sunandar (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Sebuah situs web kini dapat dengan mudah dibuat. Siapa pun dengan kemampuan pas-pasan, mampu menghadirkan sebuah situs yang menarik dan canggih. Salah satu kunci pentingnya adalah Content Management System (CMS) sebuah aplikasi berbasis web yang mengelola konten dan tampilan situs. Ingin mencoba? Berikut ini 5 CMS terbaik yang tersedia bebas di internet:

1. WordPress

WordPress merupakan platform pengelola konten yang berteknologi tinggi dengan fokus estetika, standar web, dan kegunaan. Banyak orang hanya mengetahui bahwa WordPress sekedar platform untuk kegiatan blogging. Namun sebenarnya WordPress pemain industri CMS dengan kekuatan pada kostumisasi dan plugins. Untuk mencicipi WordPress, bisa mengunjungi wordpress.org. Sedangkan untuk menikmati layanan blognya, tersedia di wordpress.com.

 

Wordpress (Sumber: jojojoson.com,old.uniknya.com)

 

2. Joomla

CMS yang satu ini diketahui pemenang penghargaan untuk kategori CMS yang membuat penggunanya bisa dengan mudah membuat situs web dan aplikasi online yang kuat. Dengan Joomla, pengguna bebas untuk memasukan berbagai modul dan komponen tambahan yang menarik. Hal ini mampu meningkatkan nilai blog atau situs serta meningkatkan pengalaman pengguna.

 

Joomla (Sumber: hackingethics.com,old.uniknya.com)

 

3. Drupal

Di tempat ketiga hadir Drupal. Aplikasi ini merupakan paket CMS yang mempermudah penggunanya mempublikasikan, mengelola, dan mengorganisasikan situs webnya dengan konten yang beragam. Banyak orang menggunakan Drupal sebagai sistem paripurna untuk berbagai situs web berbeda, seperti blog personal yang kecil hingga situs perusahaan besar.

 

Drupal (Sumber: drupal.orgdrupal.org,old.uniknya.com)

 

4. Mambo

Mambo merupakan CMS yang penuh dengan fitur serta dapat digunakan untuk banyak hal, mulai dari situs web sederhana hingga aplikasi perusahaan yang komplek. Mambo telah digunakan oleh seluruh dunia untuk menggawangi portal pemerintah, intranet dan ekstranet perusahaan, situs komersial, situs komunitas, dan banyak lagi.

 

Mambo (Sumber: eukhost.com,old.uniknya.com)

 

5. e107

CMS yang satu ini ditulis menggunakan PHP yang dipadu dengan sistem database open source MySQL sebagai penyimpan konten. CMS ini secara konsisten dikembangkan dengan kostumisasi yang menyeluruh. Hal terbaik dari e107 adalah kemampuannya menyeimbangkan antara penawaran berbagai fungsi di luar kebiasaan, tetapi masih tetap ringan.

 

e107 (Sumber: justskins.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: honeytechblog.com, old.uniknya.com, Agustus 2011

2 Responses to 5 CMS Situs Terpopuler di Dunia

  1. Pingback: dering.co.id – 5 CMS Situs Terpopuler di Dunia

  2. Wah , Cms ….cyoooooo newbie …he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com