5 Ular Paling Menakjubkan di Dunia (II)

Oleh: Bintang Mian (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM] Ular kini tidak lagi ditakuti. Berbagai komunitas pencinta ular berdiri dimana-mana. Alasannya ular adalah binatang eksotik untuk dipelihara. Terutama ular yang tidak berbisa. Dan untuk menjinakan ular berbisa pun dapat dipelajari, sehingga peminat ular semakin banyak. Pada kenyataannya ular memang  binatang menakjubkan seperti jenis-jenis ular yang ada di bawah ini:

 

1.Albino Nelsoni

Umumnya Milksnake Nelson berwarna cerah. Ini adalah jenis ular raja yang ditemukan di Meksiko. Tumbuh bisa mencapai 110 cm atau lebih. Ular ini tidak berbisa dan memiliki 13 sampai 18 cincin merah di tubuhnya. Dinamai Nelsoni untuk menghormati mantan kepala Survei Biologi Amerika Serikat, Edward Nelson yang menemukan ular jenis ini.  Habitat alaminya termasuk semi-kering, seperti pesisir dan  hutan gugur tropis. Ular ini ini memakan burung, tikus, kadal dan binatang amfibi.

 

Albino Nelsoni (Sumber: wikipedia.org)

 

2.Blue Coral Snake

Ular karang yang sangat berbisa anggota dari keluarga Elapidae yang ditemukan di semua ketinggian hutan hujan di Asia Tenggara. Kelenjar racun yang dimilikinya sepanjang tubuhnya bahkan mencapai ujung ekor pada beberapa spesies ular ini. Ular ini bisa ditemukan di Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, terutama di Pulau Kalimantan. Tetapi tidak sering terlihat karena sifat mereka nocturnal dan semi-fossorial. Biasanya bersembunyi di bawah dedaunan, reruntuhan batang pohon dan keluar untuk berburu mangsa saat malam hari.

 

Blue Coral Snake (Sumber: corbisimages.com)

 

3.Elephant Trunk Snake

Umumnya dikenal sebagai Ular Batang Gajah. Ular jenis ini paling mudah  ditemukan di seluruh Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, Australia bagian utara, dan Papuanugini. Hidup di daerah perairan dan ikan menjadi santapannya. Berburu ikan dilakukan pada malam hari. Sisiknya membantu mempertahankan  ikan yang licin saat diangkatnya.

 

Elephant Trunk Snake (Sumber: corbisimages.com)

 

4.Langaha Nasuta

Ular Langaha (juga dikenal sebagai ular daun berhidung) disesuaikan dengan gaya hidup arboreal dan feed yang dimilki sebagian besar kadal. Sifat yang paling menarik adalah, tentu saja, “tanduk” aneh atau proyeksi di moncongnya. Salah  satu reptil teraneh di Dunia.

 

Langaha Nasuta (Sumber: oddee.com)

 

5.Horned Viper

Sebuah ular malam yang mendiami bukit pasir dari Gurun Negev barat laut Israel. Ular itu ditemukan pada pagi hari bersembunyi di pasir sebelah lubang gerbil.

Horned Viper (Sumber: naturephoto-cz.com)

 

Sumber: Berbagai sumber, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com