5 Air Terjun Monumental di Dunia (Bagian I)

Oleh: Eris Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Tak ada yang menyangkal jika air memiliki kekuatan dahsyat di muka bumi ini. Maka itu, tak perlu heran jika semua terkait air juga diminati, diamati, bahkan dikagumi masyarakat dunia. Termasuk di antaranya adalah sejumlah air terjun monumental di dunia seperti terlihat di bawah ini:

 

 1. Air terjun Multnomah, Amerika Serikat 

Air terjun ini memiliki ketinggian 189 meter. Berlokasi di Troutdale timur, di antara daerah Corbett dan Dodson, dan beriringan dengan aliran Sungai Columbia. Air  terjun ini jatuh dalam dua alur air, yakni posisi tinggi 165 meter dan posisi rendah 21 meter.

 

Air terjun Multnomah, Amerika Serikat (sumber: thewondrous.com)

 

2. Air terjun Dettifoss, Islandia 

Air terjun ini berlokasi di Taman Nasional Vatnajokull di wilayah Islandia Utara. Dettifos adalah salah satu air terjun paling bertenaga di Eropa, sebab aliran air yang terjuannya  mencapai rata-rata 193 meter kubik. Dengan lebar 1o0 meter, air jatuh di wilayah perbukitan Jökulsárgljúfur.

 

(sumber: thewondrous.com)

 

3. Air terjun Niagara, Amerika Serikat 

Air terjun yang satu ini adalah yang paling kuat debit airnya di kawasan Amerika Utara.  Setiap menitnya, ada 168.000 meter kubik yang jatuh dengan kecepatan tinggi! Airnya sendiri berasal dari Danau Erie dan Danau Ontario, dengan lokasi berada di daerah perbatasan Amerika Serikat dengan Provinsi Ontario, Kanada.

 

Air terjun Niagara, Amerika Serikat (sumber: thewondrous.com)

 

4. Air terjun Plitvice Lakes, Kroasia

Air terjun Plitvice berlokasi di Taman Nasional Danau Plitvice, yang merupakan taman nasiponal tertua di kawasan Eropa Selatan sekaligus taman nasional terbesar di Kroasia. Ada sejumlah air terjun sebenarnya di taman ini, namun yang paling monumental adalah air terjun Veliki Slap yang berada di ujung Danau Lower.

 

Air terjun Plitvice Lakes, Kroasia (sumber: thewondrous.com)

 

5. Air terjun Victoria, Zimbabwe

Air terjun yang satu ini disebut dalam bahasa Afrika  Mosi-oa-Tunya (yang artinya asap yang menghujam). Ini mengacu pada tingginya debit air yang terjun. Berlokasi di wilayah selatan Afrika, tepatnya di Sungai Zambezi dan melintasi dua negara yakni Zambia dan  Zimbabwe. Konon, air terjun ini yang terbesar di dunia dan masuk salah satu keajaiban dunia versi www.sevennaturalwonders.org. (**)

 

Air terjun Victoria, Zimbabwe (sumber: thewondrous.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com