5 Hal yang Jarang Diketahui Orang dari Steve Jobs

Oleh: Yudha P Sunandar (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Dunia teknologi informasi tampaknya geger menyusul pengunduran diri Steve Jobs sebagai CEO Apple. Bagaimana pun, Steve Jobs berperan besar membesarkan perusahaan yang telah menelurkan iPhone dan iPad ini. Meskipun begitu, sosok yang satu ini memiliki banyak hal yang tidak biasa yang jarang diketahui banyak orang.  Berikut ini 5 hal yang tidak biasa dari Steve Jobs menurut James Altucher, Direktur Utama Formula Capital dan pendiri Stockpickr.com, sebuah situs jejaring sosial di bidang keuangan:

 

1. Pembawaan versus Pemeliharaan

Saudara perempuannya adalah Mona Simpson, tetapi dia tidak mengetahuinya hingga Steve dewasa. Mona Simpson sendiri merupakan penulis Novel dari era akhir 1980an. Novel pertama Mona berjudul Di mana saja tetapi di Sini berkisah mengenai hubungannya dengan orang tuanya yang merupakan orang tua Steve Jobs. Tetapi sejak Steve Jobs diadopsi, mereka tidak mengetahui bila mereka bersaudara hingga tahun 1990-an. Hal ini membuktikan antara pembawaan versus pemeliharaan. Dua anak, tanpa mengetahui bahwa mereka bersaudara, memiliki sensitivitas unik sebagai seniman terbaik di jagad raya dan melengkapinya dengan kerja keras berbeda.

 

Mona Simpson (sumber : usc.edu)

 

2. Ayah Kandung Steve Jobs adalah Muslim

Ayah biologis Steve Jobs bernama Abdulfattah Jandali yang setengah Muslim Syiria. Abdulfattah sendiri merupakan mahasiswa pascasarjana yang tampaknya tidak siap untuk memiliki anak. Sehingga dia memutuskan agar kedua anaknya diadopsi oleh orang lain. Salah satu persyaratan dari orang tua Steve bahwa anaknya harus diadopsi oleh 2 orang yang berkuliah. Namun, ternyata pasangan yang mengadopsinya berbohong karena sang ibu angkat ternyata hanya lulusan SMA.

Hal ini membuat proses adopsi hampir gagal. Pada akhirnya, pasangan pengadopsi Steve berjanji untuk menguliahkan hingga bangku SMA, sehingga orang tua kandung Steve akhirnya setuju. Meskipun pada akhirnya janji tersebut tidak direalisasikan dan Steve Jobs tidak pernah duduk di bangku kuliah. Namun, semua kebohongan dan janji tersebut bekerja pada akhirnya. Karena orang dapat menyimpan kerumitan dengan tidak memiliki ekspektasi yang tinggi dan ambisi berlebihan.

 

Steve Jobs Muda ( Sumber : Blogspot)

3. Pembuat Permainan Breakout dan Berbohong Kepada Steve Wozniak

Salah satu permainan di Apple II+ adalah Breakout yang salah satunya terdapat pada komputer Atari. Dan aplikasi permainan ini digunakan oleh Blackberry sejak 2000. Oleh Atari, Steve Jobs diberikan uang sebesar 5 ribu Dollar Amerika. Kemudian, kepada Steve Wozniak, Steve Jobs mengaku hanya mendapatkan 700 Dollar Amerika. Karena mereka memiliki perjanjian untuk membagi bayaran dari Atari 50-50, akhirnya Steve Wozniak hanya mendapatkan 350 Dollar Amerika ketika itu.

 

Steve Jobs dan Steve Wozniak (sumber : silvermac.com)

4. Menolak Menjadi Ayah Anak Pertamanya

Steve Jobs mengaku bahwa dirinya steril dan menolak menjadi ayah untuk anak pertamanya. Sehingga ibu sang anak membesarkannya menggunakan cek kesejahteraan. Tampaknya bagi Steve Jobs membesarkan anak adalah hal yang sulit. Meskipun begitu, pada akhirnya manusia berubah, berkembang, dan dewasa. Akhirnya Steve Jobs menjadi ayah yang baik. Steve Jobs menamai komputer Apple III dengan nama Lisa yang merupakan nama anak pertamanya.

 

Anak Steve Jobs, Lisa Brennan (sumber : ugo.com)

5. Steve Jobs Tidak Memberikan Uang untuk Amal

Ketika Steve Jobs menjadi CEO, dia menghentikan semua program berkenaan dengan kedermawanan. Dia menuturkan, “Tunggu hingga kita menghasilkan keuntungan.” Sekarang, mereka memiliki keuntungan besar dengan dana 40 Triliun Dollar Amerika, tetapi tetap tidak menjadi perusahaan yang memberikan amal. Ketika Bill Gates fokus kepada masalah nyamuk yang membunuh di Afrika, Steve Jobs lebih memilih untuk menaruh energinya guna meningkatkan kualitas hidupnya melalui penemuannya. Steve Jobs juga tidak pernah mengeluarkan komentar berkaitan dengan kegiatan amal. (**)

 

Steve Jobs (sumber : guim.co.uk)

 

 

Sumber : bisnisinsider.com, old.uniknya.com, Agustus 2011.

 

4 Responses to 5 Hal yang Jarang Diketahui Orang dari Steve Jobs

  1. 1 lagi,steve jobs menganut paham agama hindu

  2. Pingback: dering.co.id – 5 Hal yang Jarang Diketahui Orang dari Steve Jobs

  3. Pingback: 5 Tokoh yang Berhasil Mengubah Dunia Meski Jarang Dikenal Orang | .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com