5 Peristiwa Dunia yang Jadi Tonggak Twitter

Oleh: Yudha P. Sunandar (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Twitter telah menjadi alat yang ampuh untuk menyebarkan informasi. Berbagai peristiwa di dunia, tersebar melalui microblog sepanjang 140 karakter tersebut. Bahkan, beberapa kali fenomena ini digadang-gadang sebagai kebangkitan jurnalisme warga di dunia. Berikut ini 5 peristiwa yang menjadi tonggak peran masyarakat dalam arus informasi global melalui Twitter:

 

1. Pembersihan Kerusunan London

Pada Agustus 2011, sebagai buntut dari kerusuhan London, sebuah akun Twitter bernama @RiotCleanUp_UK_ dibuat. Akun ini mulai mengelola hashtag #riotcleanup sebagai kampanye membersihkan london paska kerusuhan. Hastag ini mampu menjadi trending topic dan membantu membuktikan bahwa Twitter sangat berguna sebagai alat kampanye pengorganisasian masyarakat.

 

Pembersihan Kerusunan London (sumber: infoutama.com,old.uniknya.com)

 

2. Kecelakaan Pesawat US Airways Penerbangan 1549 di Sungai Hudson

Sebuah kecelakaan pesawat yang dramatis memperlihatkan kemampuan Twitter menyebarkan berita yang terjadi pada Januari 2009 tersebut. Tangan pertama dari seorang pemilik akun Twitter membangun urutan berita di media massa mainstream. Sebuah foto kecelakaan pesawat yang diambil oleh Janis Krums melalui iPhone miliknya, beredar luas di TwitPic, sebuah aplikasi penyimpanan foto untuk Twitter.

 

Kecelakaan Pesawat US Airways Penerbangan 1549 di Sungai Hudson (Sumber: shallownation.com,old.uniknya.com)

 

3. Tweet Kepresidenan Pertama Obama

Barack Obama merupakan politisi pertama yang merangkul kekuatan jejaring sosial. Menggunakan Twitter sebagai alat politiknya, Obama berinteraksi langsung dengan audiens luas di Amerika Serikat. Setelah dinyatakan menang sebagai presiden Amerika Serikat pada Januari 2009, Barak Obama menyampaikan kicauan kepresidenan pertamanya. “Kita baru saja membuat sejarah. Semua yang terjadi karena kalian memberikan waktu, bakat, dan gairah kalian. Semua yang terjadi karena kalian. Terima kasih,” begitu isi tweet pertama Obama sebagai presiden. Ketika Obama meluncurkan postingan Tweet sebagai Presiden, pendiri Twitter, Jack Dorsey, ikut hadir.

 

Tweet Kepresidenan Pertama Barack Obama (sumber: computerweekly.co)

 

4. Kerusakan Besar dari Gempa Bumi di China

Gempa bumi di Sichuan, China, pada Mei 2008, menjalar ke Twitter. Kicauan saksi mata beserta foto dari tempat kejadian membanjiri Twitter. Hal ini tidak hanya menunjukan bahwa Twitter bisa menjadi alat untuk membantu mengirimkan informasi untuk menemukan yang selamat dan berkomunikasi dengan dunia luar. Ternyata Twitter juga bisa digunakan untuk dunia mengirimkan pesan-pesan simpati kepada para korban.

 

Kerusakan Besar dari Gempa Bumi di China (sumber: computerweekly.com,old.uniknya.com)

 

5. Tewasnya Michael Jackson

Kematian Raja Pop Dunia pada Juni 2009 lalu, mendominasi trending topik di Twitter. Tidak itu saja, volume lalu lintasnya juga memaksa situs Twitter untuk menghapus fungsi pencarian. Hal ini dilakukan agar situs Twitter terhindar dari kerusakan. (**)

 

Tewasnya Michael Jackson (sumber: computerweekly.com,old.uniknya.com)

 

 

Sumber: computerweekly.com, old.uniknya.com, Agustus 2011

One Response to 5 Peristiwa Dunia yang Jadi Tonggak Twitter

  1. Pingback: dering.co.id – 5 Peristiwa Dunia yang Jadi Tonggak Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com