5 Produk Digital yang Gagal dan Berumur Pendek

Oleh: Yudha P. Sunandar (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Akhir-akhir ini, begitu banyak teknologi bermunculan. Perusahaan-perusahaan berbasis teknologi informasi mencurahkan dana jutaan bahkan milyaran dollar Amerika untuk mengembangkan berbagai produk era digital. Namun, siapa sangka produk-produk ini ternyata gagal di pasaran. Dari berbagai produk-produk yang gagal di pasaran, berikut lima produk terakhir yang ditarik karena tidak mampu menarik hati konsumen:

 

1. HP TouchPad (2011)

HP TouchPad merupakan tablet HP pertama yang bersistem operasi WebOS. WebOS merupakan sistem operasi terkemuka untuk Palm pada 2010 dengan nilai penjualan 1,2 Milyar Dollar Amerika. HP Touchpad diluncurkan pada 9 Februari 2011 dan mulai dikapalkan 1 Juli 2011. Mereka berharap tablet ini mampu menjangkau pasar personal dan profesional.

 

HP TouchPad (Sumber: palminfocenter.com,old.uniknya.com)

 

Namun, pada 18 Agustus 2011 tablet ini tutup usia karena tidak mampu bersaing di pasaran. Touchpad juga dianggap berniat memisahkan diri dari bisnis komputer, sehingga akhirnya dikesampingkan oleh pelanggan.  Kejadian ini membuat varian lain Touchpad mati sebelum rilis. Pihak HP sangat menyesal atas kejadian ini dan meminta maaf ke seluruh karyawan HP dan stackholder. Meskipun begitu, mereka belajar bahwa tidak ada produk yang gagal dengan cepat dan mereka akan mencoba lagi.

2. Cisco FlipLive (2011)

Cisco FlipLive merupakan kamera video Flip dari Cisco yang memiliki fitur baru: memiliki Wi-Fi yang mampu mensinkronkan diri melalui jaringan nirkabel dengan komputer atau mampu menyebarkan video langsung melalui internet. Produk ini tidak pernah diluncurkan, tetapi direncanakan rilis pada 13 April 2011. Produk ini menemui ajalnya pada 12 April 2011 beserta model Flip lainnya.

 

Cisco FlipLive (2011) (Sumber: electricpig.co.uk,old.uniknya.com)

 

3. Microsoft Kin (2010)

Produk ini merupakan dua ponsel cerdas yang diproduksi oleh Sharp dan jaringan Verizon Wireless. Microsoft mempersiapkannya untuk pengguna usia 20-an. Keduanya memiliki papan ketik geser dengan layar sentuh dan berbagai macam fitur bawaan.

Produk ini mulai dijual pada 6 Mei 2010, tetapi dihentikan penjualannya sejak 30 Juni 2010. Microsoft menyatakan bahwa pihaknya ingin fokus secara eksklusif mengembangkan Windows Phone 7, sehingga menghentikan pengiriman Kin serta mengintegrasikan tim pengembangnya ke tim Windows Phone 7.

 

Microsoft Kin (2010) (Sumber: inquisitr.com,old.uniknya.com)

 

4. Google Wave (2009-2010)

Guna menyaingi Facebook, Google meluncurkan Google Wave yang merupakan hibrid dari Email, instant messaging, kolaborasi kerja kelompok, penyuntingan foto, dan banyak lagi. Produk ini diluncurkan pada 28 Mei 2009, tetapi tidak dibuka ke publik hingga 19 Mei 2010.

Pada 4 Agustus 2010, Google Wave tutup usia. Alasannya, Google tidak melihat pengguna menggunakannya sesuai dengan yang diharapkannya. Meskipun begitu, Google Wave akan tetap dipelihara hingga akhir tahun dan memperpanjang penggunaannya untuk mengembangan proyek Google lainnya. Usai keputusan ini, proyek Apache mengadopsi Google Wave.

 

Google Wave (2009-2010) (Sumber: google.com,old.uniknya.com)

 

5. Palm Foleo (2007)

Palm Foleo merupakan subnotebook seharga 500 Dollar Amerika yang mampu berhubungan dengan telepon PalmOS. Dengan perangkat ini, pengguna mampu menjalankan email dan aplikasi lainnya pada layar yang lebih lebar dengan papan ketik yang lebih besar.

Produk ini meluncur ke pasaran pada 30 Mei 2007, dan pada 4 September 2007 Palm mengumumkan tidak akan mengapalkan produk ini lagi. Pihak Palm menyebutkan bahwa produk ini masih membutuhkan banyak perbaikan agar mampu menjadi produk kelas dunia.

 

Palm Foleo (2007) (sumber: mobilewhack.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: pcworld.com, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com