5 Binatang Berwarna yang Unik dan Langka

Oleh: Bintang Mian (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Beribu jenis hewan di dunia ini yang memiliki keunikan dan tentu saja langka. Beberapa diantaranya memang sudah unik sejak lahir. Tapi beberapa diantaranya, keunikan itu lantaran kelainan genetik. Lantaran keunikannya itu, binatang tersebut terkadang jadi buruan. Seperti binatang di bawah ini yang unik dan langka karena warna yang dimilikinya:

 

1.Buaya Oranye

Seorang nenek berusia 70 tahun, Sylvia Mythen, dari Venice, Florida, telah menemukan buaya oranye yang mungkin satu-satunya atau langka sekaligus unik di dunia. Dia melihatnya saat pulang dari pekerjaannya dan langsung mengambil gambar buaya aneh tersebut. Setelah mengirim gambar pada stasiun televisi lokal, Sylvia menghubungi seorang ahli biologi yang percaya buaya itu benar hanya setengah albino. Ia tidak pernah melihat atau mendengar tentang itu (buaya oranye). Tapi Gary Morse dari Florida Fish and Wildlife merasa warna oranye mungkin berasal dari beberapa elemen dari lingkungan.

 

Buaya Oranye (Sumber: csmonitor.com)

 

2.Beruang Kutub Ungu

Lihat gambar ini, binatang aneh? Ya, ini beruang kutub ungu, percaya atau tidak! Beruang kutub biasanya berwarna putih. Tapi beruang di kebun binatang di Kota Mendoza Argentina ini tiba-tiba berubah ungu. Ternyata beruang bernama Pelusa ini memiliki kondisi kulit bermasalah. Perawat di kebun binatang mencoba memberi perawatan, dan setelah menjalani perawatan khusus, kondisi beruang kutub berubah menjadi ungu. Warna ungu tida berlangsung lama, tapi menjadi perbicangan hangat di kota dan tersebut menjadi berita di dunia dan internet.

 

Beruang Kutub Ungu (Sumber: freakyweirdanimals.com,old.uniknya.com)

 

3.Kadal Spiderman

Kadal seperti dalam foto bukan hasil manipuasi (bukan manipulasi foto). Sekarang telah menjadi binatang peliharaan yang eksotik. Di dataran Mwanza, kadal dengan warna biru dan merah dinamai Agamas, kadal yang memiliki warna kulit mirip dengan spiderman.

Agamas di Kenya dapat menjadi peliharaan yang baik, kerena kadal ini menjadi jinak dan penurut jika dirawat dengan baik. Kadal ini bisa tumbuh hingga kakinya memanjang, dan makanannya bisa belalang, jangkrik, dan cacing. Kadal ini tidak bisa melempar jaring seperti spiderman. Tapi bisa berubah warna di malam hari atau saat ketakutan. Kadal ini juga bisa berjalan hanya dengan kaki belakang dan merayap di jalur vertikal seperti laba-laba.

 

Kadal Spiderman (Sumber: digitalwild.co.uk)

 

4.Babi Bertato

Lihatnya babi bertato ini. Wim Delvoye telah mentatonya sejak tahun 1990-an. Di awal abad 21, sebuah proyek babi bertato didirikan di peternakan seni di Cina.  Pada tahun 2005, rekan Delvoye, seorang artis Danny Devos, menghabiskan beberapa bulan di peternakan. Tato dibuat seperti bendera tradisional atau berjenis singa hingga pola logo seperti Louis Vuitton. Kulit babi tidak digunakan sebagai media seni formal sampai babi mati. Di waktu tertentu, kulit diambil dan ditempel di dinding di beberapa galeri seni.

 

Babi Bertato (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

5.Lidah Bekicot Flamingo

Lidah bekicot flamingo (Cyphoma Gibbosumn) adalah binatang kecil, berwarna-warni, seperti siput laut yang hidup di berbagai jenis karang lunak di Karibia. Secara harfiah, mahkluk ini memakai hatinya dalam pembentukan jiwa dan warna pada lengan atas. Warna cantik yang Anda lihat dalam gambar ini bukanlah sebuah kulit siput, melainkan di lapisan jaringan pelindung yang  hidup, terhubung ke kakinya siput mendorong keluar untuk menutupi kulitnya. Jaringan pelindung juga bekerja seperti insang ikan. Ketika siput diserang, pelindung dan warna ditarik. Mungkin anda akan mengatakan ini satu-satunya hewan laut yang bisa berubah menjadi pucat saat ketakutan.

 

Lidah Bekicot Flamingo (sumber: flickr.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: www.top5s.net, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com