5 Wisata Air Terjun di Priangan Timur

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Begitu banyak mitos dan legenda yang mengiringinya. Tapi tinggalkan semua itu, saatnya Anda menjelajahi dan menikmati panorama indah yang terhampar di wilayah Priangan ini. Salahsatunya melalui air terjun atau curug di bawah ini. Berikut ulasannya:

 

1. Curug Dengdeng, Kab. Tasikmalaya

Nikmati keindahan tiga tingkat air terjun di Curug Dengdeng. Yang pertama memiliki tinggi 13 m, yang kedua 11 m, dan yang ketiga 9 m, yang mana dari tingkat pertama Anda dapat melihat aliran Sungai Cikembang. Air terjun ini dinamakan Curug Dengdeng karena memiliki kondisi yang tidak rata kondisi. Tantanglah diri Anda untuk menuju Curug Dengdeng yang memerlukan perjalanan cukup melelahkan dengan berjalan kaki melewati kondisi yang masih sangat alami berhutan jati.

 

Curug Dengdeng, Kab. Tasikmalaya (Sumber: wordpress.com)

 

2. Curug Muarajaya, Kab. Majalengka

Resapilah gemericik air terjun yang jatuh ke dasar sungai menciptakan sebuah alunan harmoni. Kesejukan udara dan dinginnya air pegunungan semakin melengkapi suasana alami, membuat kunjungan Anda di objek wisata ini sebuah pengalaman berkesan dan tak terlupakan. Memperkenalkan Curug Muarajaya, sebuah muara perpaduan dua sungai dan terletak di ketinggian 1.300 m dpl di Kawasan Gunung Ceremai. Airnya berasal dari beberapa anak sungai, seperti Kali Ciapuy, Cilengkrang, dan Ciherang.

 

Curug Muarajaya, Kab. Majalengka (Sumber: iannnews.com,old.uniknya.com)

 

Bila Anda suka berkemah, objek wisata ini juga menawarkan fasilitas camping serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. Kegiatan berkemah Anda akan didukung oleh kejernihan air sungai dan rindangnya pepohonan sekitar, yang merupakan salah satu kelebihan objek wisata ini. Selain itu juga terdapat perkebunan pisang Apuy yang menjadi salah satu potensi desa setempat karena mempunyai rasa yang manis dan lembut. Semua hal ini akan menjadikan pengalaman menyatu dengan alam yang berkualitas bagi Anda dan siapapun yang datang ke kawasan ini.

 

3. Curug Cimahi, Kota Cimahi 

Secara geologi Curug Cimahi telah ada sejak hadirnya Gunung Sunda Purba, yang sekarang lebih terkenal dengan Gunung Tangkuban Parahu. Sumber mata air Curug Cimahi ini berasal  dari  mata air Gunung Tangkuban Parahu.
Objek wisata ini terletak di dekat pintu masuk yang berada di sisi jalan Cimahi ke arah Lembang. Untuk mencapai objek wisata dengan panorama alam yang luar biasa indahnya ini, para pengunjung harus melewati jalan setapak berbentuk anak tangga yang menghantarkan pengunjung ke daerah tujuan. Di dalam kawasan Curug Cimahi kita dapat melihat pemandangan alam yang indah sekali, terutama menyaksikan percikan air terjun yang berjatuhan dari atas tebing setinggi 85 meter.

 

Curug Cimahi, Kota Cimahi (sumber: bandung.panduanwisata.com,old.uniknya.com)

 

Para pengunjung yang datang ke daerah ini banyak diantaranya yang melanjutkan aktivitasnya dengan berenang dan berendam di areal dekat curug. Selain air yang bersih, sejuknya air yang menyejukan badan, serta lantunan derasnya air terjun yang jatuh ke dasar permukaan tanah menambah keceriaan serta suasana yang menyenangkan ketika pengunjung berkunjung ke daerah ini.

 

4. Curug Malela, Kab. Bandung Barat

Berlokasi jauh dari pemukiman penduduk, Curug Malela adalah air terjun setinggi 70 m dan selebar 20 m yang memiliki panorama alam yang masih alamiah dan indah. Apabila Anda seorang pecinta alam yang suka dengan tantangan, laluilah jalan tanjakan menuju air terjun yang curam serta berbatu dan berlumpur, sebelum akhirnya Anda dihadiahi suguhan keelokan alamiah Curug Malela. Bila waktu mengijinkan, berkemahlah untuk satu atau beberapa malam di kawasan ini agar Anda dapat betul-betul merasakan pengalaman menyatu dengan alam setempat.

 

Curug Malela, Kab. Bandung Barat (Sumber: wordpress.com,old.uniknya.com)

 

5. Curug Bentang, Kab. Subang

Nikmati keindahan alam menuju Curug Bentang. Untuk menuju air terjun ini dari Bandung, Anda bisa melakukannya dengan kegiatan rekreatif seperti offroad atau motoadventure melalui sejumlah rute yang menarik – beberapa di antaranya cukup ekstrim.
Bagi Anda penggemar motoadventure, rute yang dipilih dapat melalui Lembang dan kemudian ke arah Maribaya. Dari Maribaya, persis di depan tempat parkir mobil, berbeloklah ke sebelah kiri memasuki rute Jalan Raya Cicalung yang cukup nyaman karena beraspal. Sesampainya Anda di ujung jalan ini, maka perjalanan dilakukan dengan offroad di jalan licin sampai ke Puncak Eurad. Seratus lima puluh meter dari Puncak Eurad, perjalanan Anda dilanjutkan kembali dengan offroad menuruni bukit hingga ke desa.
Sesampainya Anda di desa, melalui jalan batu, perjalanan dilanjutkan ke arah perkebunan Tambaksari. Di sini Anda dapat beristirahat dan mengisi bahan bakar. Setelah itu, perjalanan Anda lanjutkan ke arah Kampung Banceuy, Desa Sanca, yang merupakan salah satu desa adat di Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang. Sungguh suatu rangkaian perjalanan yang mengasyikan dan patut Anda coba, terutama bagi Anda pencinta alam dan wisata petualangan. (**)

 

Curug Bentang, Kab. Subang (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com

 

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com