5 Wisata Air Terjun di Priangan Barat

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Begitu banyak mitos dan legenda yang mengiringinya. Tapi tinggalkan semua itu, saatnya Anda menjelajahi dan menikmati panorama indah yang terhampar di wilayah Priangan ini. Salahsatunya melalui air terjun atau curug di bawah ini. Berikut ulasannya:

 

1. Curug Cilember, Kab. Bogor

Datang dan nikmati daya tarik tujuh air terjun Curug Cilember. Selain curug (air terjun) keempat yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda, mempercepat dapat jodoh, serta dapat menyembuhkan penyakit, tepat di atas lokasi curug tujuh tedapat sebuah makam keramat yang setiap harinya sering dikunjungi oleh masyarakat untuk berziarah dan mencari berkah. Menurut sejarahnya, makam ini bernama makam Embah Jaya Sakti yang masih memiliki garis keturunan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran. Biasanya jumlah penziarah mencapai puncaknya setiap bulan Rabiul Awal.

 

Curug Cilember (sumber: wordpress.com,old.uniknya.com)

 

2. Curug Cikaso, Kab. Sukabumi

Curug Luhur Cikaso berada di Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Apabila kita berkunjung ke Curug Luhur Cikaso untuk sampai ke lokasi kita bisa berjalan kaki ataupun kita bisa melalui jalan sungai yang diantar oleh masyarakat di sana dengan menggunakan perahu kecil.

 

Curug Cikaso (sumber: wordpress.com,old.uniknya.com)

 

3. Curug Cigangsa, Kab. Sukabumi

Curug Luhur Cigangsa Batu Suhunan berada di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi Propinsi Jawa Barat. Apabila kita berkunjung ke Curug Luhur Cikaso untuk sampai ke lokasi kita bisa berjalan kaki ataupun kita bisa melalui jalan sungai yang diantar oleh masyarakat di sana dengan menggunakan perahu kecil.

 

Curug Cigangsa (Sumber: vibizlife.com,old.uniknya.com)

 

4. Curug Cibuni Racun, Kab. Sukabumi

Obyek wisata alam yang sering pula disebut Curug Cibuni Racun ini berada pada ketinggian 1.045 meter di atas permukaan air laut dan mempunyai luas keseluruhan sekitar satu hektar. Air terjun atau curug yang sumber airnya berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi ini mempunyai ketinggian sekitar 25 meter. Sedangkan, status kepemilikannya adalah tanah ulayat milik warga masyarakat Kampung Pasir Kunci dan Kampung Singkur.

 

Curug Cibuni Racun (Sumber: blogspot.com)

 

Konon, penamaan air terjun ini berasal dari sebuah legenda yang menceritakan tentang sayembara yang diadakan oleh sebuah kerajaan dengan hadiah seorang puteri cantik jelita. Sayembara itu diikuti oleh para jawara atau jago-jago silat di sekitar wilayah kerajaan tersebut. Singkat cerita, para peserta pun kemudian bertarung mempertaruhkan nyawa untuk memperebutkan sang puteri. Ketika sayembara akan berakhir, sebab tinggal dua orang jawara lagi yang tersisa, pertarungan menjadi sangat alot. Walau masing-masing pihak sudah saling mengeluarkan jurus andalan, ternyata tidak ada yang berhasil mengalahkan lawannya. Pertarungan berakhir imbang, entah kenapa dan oleh siapa, sang puteri lalu dibawa ke curug dan kemudian diracun hingga tewas. Dan, curug tempat diracunnya sang puteri tersebut kemudian dinamakan Cimandi Racun. Selain menikmati air terjun, di obyek wisata Curug Cimandi Racun juga menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri. Hamparan pepohonan yang tumbuh menghijau dan ditambah dengan kicauan burung yang bertengger di atas dahannya, serta temperatur udaranya yang sejuk (berkisar antara 23-25 derajat Celsius), menjadikan lokasi di sekitar air terjun ini sangat indah untuk dinikmati.

 

5. Curug Cibeureum, Kab. Sukabumi

Terletak di Desa Gede Pangrango Kecamatan Sukabumi, Untuk sampai ke objek wisata ini, pengunjung harus berjalan kaki  sambil menikmati keindahan pegunungan dan udara yang sejuk di sepanjang perjalanan. (**)

 

Curug Cibeureum (Sumber: disparbud.jabarprov.go.id)

 

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com