5 Skuter Klasik Jerman yang Patut Dikoleksi

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Euforia subculture Mod yang terus merajalela di belantara Britania Raya, mungkin berkontribusi mengapa sepeda motor jenis skuter menjadi sangat popular ketika itu. Di masa tersebut mulai dari kaum skinhead hingga penganut pakem punk kerap membesut skuter bermerek Vespa dan Lambretta. Bukan hanya dominasi kedua merek tersebut semata, booming skuter setidaknya pernah menorehkan lebih dari tujuh skuter klasik, yang dibuat produsen otomotif roda dua Jerman. Berikut 5 skuter klasik Jerman yang patut Anda koleksi:

 

1. DKW Hobby 1956

DKW Hobby adalah skuter produksi DKW dan Auto Union GmbH pada 1954-1957. Pada tahun 1953, perusahaan ini memutuskan untuk masuk ke bisnis skuter, setelah sebelumnya menolak tawaran Piaggio, untuk memproduksi Vespa di bawah lisensi. Motor ini merupakan versi dari DKW Hobby skuter yang dibangun oleh pembuat senjata asal Negeri Croissant bernama Manufacture de Machines du Haut-Rhin atau yang akrab disapa Manurhin. Mereka mulai membangun skuter Hobby sejak tahun 1956 dengan menggunakan beberapa komponen lokal dan dikenalkan ke khalayak sebagai Manurhin MR75 di Eropa dan Concord di Inggris. Saat DKW menghentikan produksi dari Hobby, Manurhin bersikukuh untuk terus melanjutkan proses pembuatan hingga penjualan skuter ini. Hasilnya sungguh mencengangkan! Pada tahun 1957, Manurhin berhasil menduduki peringkat ketiga di belakang Lambretta dan Vespa pada deretan penjualan skuter terbaik di Eropa.

 

DKW Hobby 1956 (sumber: wapedia.mob,old.uniknya.com)

 

2. Glas Goggo

Hans Glas GmbH adalah sebuah perusahaan otomotif Jerman, yang berbasis di Dingolfing. Awalnya hanyalah pembuat mesin pertanian. Namun Glas berevolusi menjadi produsen motor skuter, dan kemudian mobil. Pada tahun 1951 Andreas Glas melihat skuter Vespa dari Piaggio di Verona, Italia. Dia begitu antusias untuk memulai produksi motorskuternya. Debut skuter pertamanyanya berkapasitas 125 cc, meningkat 150 cc dan 200 cc. Sampai 1956, sebanyak 46.181 motor skuter telah dibangun.

 

Glas Goggo (sumber: wordpress.com,old.uniknya.com)

 

3. Heinkel Tourist

Heinkel Tourist adalah skuter yang dibuat oleh Heinkel Flugzeugwerke pada 1953-1965. Lebih dari 100.000 unit skuter yang telah diproduksi dan dijual. Tourist dijual sebagai skuter kelas atas. Hal ini dikarenakan Heinkel Tourist pada umumnya lebih berat, lebih nyaman, dan lebih stabil dengan kelengkapan standar seperti speedometer, kunci kemudi, jam, rak pembawa koper, dan roda cadangan. Maka tak heran jika harganya yang jauh lebih mahal daripada Vespa atau Lambretta. Di Inggris Heinkel Tourist disebut sebagai “Rolls-Royce-nya Sekuter” sedangkan oleh dealer di Massachusetts sebagai “Cadillac Sekuter”.

 

Heinkel Tourist (sumber: minimodelshop.co.uk,old.uniknya.com)

 

4. Zundap Bella

Zundapp Bella adalah jenis skuter yang dibuat oleh Zundapp-Werke GmbH pada 1953-1964 di Nuremberg dan Munich. Selama fase produksi lebih dari 130.000 skuter ini telah diproduksi. Secara umum, Bella berada di bawah lisensi Parilla-Italia.

 

Zundap Bella (sumber: carmodel.net,old.uniknya.com)

 

5. Maicoletta

Maicoletta adalah skuter yang dibangun oleh Maico pada 1955-1966. Menurut artikel yang ditulis oleh wartawan sepeda motor Amerika Serikat dan Inggris, Maicoletta merupaan skuter kuat, responsif, dan nyaman dikendarai. Ini adalah salah satu skuter yang terberat dan paling mahal sebelum era skuter tur dipopulerkan oleh Honda melalui CN250. Maicoletta merupakan salah satu dari skuter yang paling dihormati di Inggris. (**)

 

Maicoletta (sumber: modernvespa.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com