5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Oleh: Bintang Mian (kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Bandara adalah fasilitas umum yang harus dirancang senyaman dan seaman mungkin. Terutama bandara yang masuk kategori internasional. Sudah pasti faktor keamanan menjadi alasan nomor satu. Tapi bagaimana dengan bandara di bawah ini hingga dianggap bandara-bandara paling berbahaya di dunia. Simak penjelasannya:

 

1.Bandara Internasional Princess Juliana (Saint Martin)

Bandara Internasional Princess Juliana melayani semua penerbangan di Saint Martin, Negara bagian Belanda di Pulau Saint Martin. Bandara ini merupakan bandara kedua tersibuk di kawasan Karibia Timur. Bandara ini terkenal dengan landasan terpendek, hanya 2.180 meter dengan lebar 152 kaki yang hampir tidak cukup untuk pesawat jet berat. Sangat berbahaya karena pesawat terbang sangat rendah saat mendarat dan berdekatan dengan Patai Maho yang sangat padat dikunjungi wisatawan.

Foto di atas memperlihatkan jet besar terbang hanya 10-20 meter lebih di atas turis yang bersantai di pantai. Foto dianggap hanya sebuah rekasaya, namun sebenarnya foto tersebut nyata. Namun hingga saat ini belum ada insiden aviasi di bandara “berbahaya” tersebut.

 

 

Bandara Internasional Princess Juliana (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

 

2.Bandara Juancho E. Yrausquin (Saba)

Bandara Juancho E. Yrausquin adalah bandara di Pulau Saba, Karibia. Bandara ini terkenal di kalangan tertentu, dan dibutuhkan pilot berpengalaman untuk bisa mendaratkan pesawat di bandara ini. Bandara Yrausquin termasuk memiliki area besar untuk ukuran Pulau Saba yang sangat kecil. Para pakar penerbangan berpendapat bandara ini merupakan bandara berbahaya di dunia. Walaupun pada kenyataannya tidak ada tragedi besar dengan fasilitas seperti itu.

Satu-satunya landasan pacu di bandara ini ditandai X untuk menunjukkan pada pilot pesawat komersil bahwa bandara tertutup untuk penerbangan komersil. Yang sangat membahayakan adalah posisi bandara. Landasan berada diantara bukit-bukit tinggi dan di sisi lain di kedua ujung landasan pacu langsung jatuh ke laut. Kondisi ini memungkinkan pesawat akan overshoot di landasan pacu saat mendarat atau lepas landas dan berakhir di laut atau menabrak tebing.

 

Bandara Juancho E. Yrausquin (sumber: aviationgeeks.com,old.uniknya.com)

 

3.Courchevel (Prancis)

Courchevel adalah nama ski area yang berlokasi di pegunungan Alpen, Prancis dan merupakan ski area terbesar di dunia. Bandara ini memiliki tingkat berbahaya kategori serius dalam industri penerbangan. Terutama dalam hal landasan pacu yang relatif pendek yaitu sepanjang 525 meter dengan kondisi kemiringan 18.5%. Jarak landasan begitu pendek sehingga harus mendarat tepat di jalur dengan memperlambat atau memperhitungkan kecepatan dengan cermat. Aktor Pierce Brosnan pernah melakukan pendaratan di bandara ini, saat pembuatan film Tommorow Never Dies. Sertifikat bagi pilot pesawat pribadi, helicopter adalah satu cara untuk bisa mendarat di bandara ini. Dan pilot memerlukan pelatihan sebelum diizinkan mendarat di Bandara Courchevel.

 

Courchevel (Sumber: thatbest.com)

 

4.Bandara Gustaf III (St. Bart)

Bandara Gustaf juga dikenal dengan Bandara St Barthlemy yang terletak di perdesaan St. Jean di Kepulauan Karibia di St. Bart. Bandara dan kota utama di Pulau Gustavia ini dinamai sesuai Raja Gustav III yang direbut Swedia dari Prancis pada 1785 (dijual kembali ke Prancis pada 1878). Bandara ini hanya melayani penerbangan regional dengan pesawat komersial kecil dan pesawat carteran. Pesawat hanya bisa membawa kurang dari 20 penumpang. Landasan bandara dini berada di lereng yang landai dan langsung jatuh ke pantai.

 

Bandara Gustaf III (sumber: oddee.com)

 

5.Bandara Internasional Barra (Barra)

Bandara Barra adalah satu-satunya bandara yang mendarat di pantai. Bandara ini terletak di tepi pantai Traigh Mhor, Pulau Bara, ujung Hebrides Skotlandia. Jika anda ingin datang ke sini dengan pesawat komersial bisa lewat British Airways, lalu terbang ke Barra dari Glasgow dan Benbecula. Bandara ini bisa hilang tersapu ombak sedikitnya sekali sehari, dan jika anda tiba pada penerbangan sore, anda mungkin melihat beberapa mobil parkir di sana dengan lampu menyala. Beberapa pilot mengatakan bandara ini memiliki penerangan alami.

 

Bandara Internasional Barra (sumber: blogspot.com)

 

Sumber: top5s.net, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com