5 Tujuan Wisata Air di Jawa Barat

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Artikel ini berkaitan dengan HUT Provinsi Jawa Barat yang ke-66, yang diperingati setiap tanggal 19 Agustus. Jelajahi petualangan-petualangan seru dan menantang di tempat-tempat wisata air di Jabar berikut ini. Dijamin, Anda akan berasa sebagai petualang sejati. Berikut ulasannya;

 

1. Arung Jeram

Bagi penggemar arung jeram atau biasa disebut juga dengan rafting, beberapa lokasi menariknya terdapat di area Jawa Barat. Selain Sungai Citarik di Kabupaten Sukabumi yang dijadikan lokasi untuk kegiatan Arung Jeram (Raffting), salah satunya adalah di daerah Garut, sungai Cikandang dan Cimanuk. Kedua sungai ini cocok untuk dijadikan wisata arung jeram karena karakteristik sungainya ideal untuk rafting. Pemandangan di sekitar rute arung jeram ini sangat indah, wisatawan akan melintasi areal hutan bambu, tebing-tebing yang indah, daerah pesawahan yang luas serta pemandangan air terjun.

Jeram-jeram cadas nan deras banyak tersedia meski tak sedikit pula jeram yang biasa saja. Panjang sungai yang sering dipakai sebagai daya tarik wisata arung jeram ini + 28 km dengan lebar 5-8 m. Kualitas lingkungan dan kebersihan di sungai Cikandang ini tergolong baik karena kawasan wisata arung jeram ini masih sangat alami. Rata-rata tinggi arus di Sungai Cikandang 1-2 m, sehingga merupakan sesuatu yang menantang dalam kegiatan arung jeram. Flora tepi sungai yang dominan adalah pohon kelapa, kayu albasiah, bambu dan kayu hutan lainnya, sedangkan di sepanjang tepi sungai terdapat fauna seperti monyet dan beberapa jenis burung. Tingkat visabilitas di kawasan ini bebas dikarenakan masih alami, dan tingkat kebisingan rendah. Lokasi:  Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut

 

Arung Jeram (sumber: portaltigaimage.com,old.uniknya.com)

 

Selain itu, Cimanuk juga aktif membuat kita mendayung. Dikelilingi oleh sawah-sawah dan tebing, sungai ini memiliki lebar (sekitar 7-8 meter) dan dalam (5-6 meter). Setelah jeram biasanya kita akan ketemu dengan air yang tenang. Maka dari itu, mendayung sangat diperlukan. Pemandangan satwa sekitar sungai Cimanuk juga menarik. Sekali waktu kita bisa menemukan Biawak, Elang, dan bermacam burung yang imut dan cantik. Diantaranya seekor burung bernama Raja Udang.
Untuk sungai Cimanuk, rute dari start sampai finish berjarak kurang lebih 7 Km dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam. Rafting di sungai Cimanuk ini termasuk kepada kategori grade 3.

 

2. Selam

Bagi yang menyukai pemandangan bawah laut, lokasi diving seru dan menarik bisa Anda lakukan di Pangandaran dan Pelabuhan Ratu. Kedua tempat ini sangat bagus karena mempunyai pemandangan laut yang sangat indah dengan dihiasi ikan – ikan hias yang beraneka ragam.

 

Selam (sumber: indomaritimeinstitute.or,old.uniknya.com)

 

3. Selancar

Bagi yang menyukai olah raga Surving, lokasi lokasi surfing (selancar) di Pantai Cimaja, Kecamatan Cikakak ini sangat cocok karena mempunyai ombak yang cukup besar dan tinggi hingga mencapai 4 M, dilokasi ini pula sering diadakan even–even bertarap nasional dan internasional.

 

Selancar (Sumber: sukabumitravel.com,old.uniknya.com)

 

4. Wisata Arung Gelombang

Pantai Citepus, Pelabuhan Ratu adalah pantai berpasir ini selalu ramai di kunjungi wisata lokal yang mencari kehangatan laut selatan. Pada saat tertentu, penduduk setempat melakukan penangkapan ikan-ikan kecil untuk di ternakan di sungai yang ada di sekitar kampung. Pantai Citepus menjadi tempat utama kalangan muda untuk menikmati suasana alam yang menakjubkan. Selain terkenal dengan pantainya yg bersih, Pantai Citepus ini terkenal dengan Pasar Monyet yang di katakan kebanyak orang sebagai tempat prostitusi disana berjajar warung remang-remang, cafe dan diskotik. Kabarnya mulai tahun 2011 ini pemerintah setempat akan menertibkan tempat-tempat tersebut dan akan membenahi Pantai Citepus ini supaya para pengunjung yang umumnya kelurga ini bisa lebih nyaman berwisata di pantai Citepus itu. Pantai Citepus terletak di Desa Citepus, Kec. Palabuhanratu.

 

Wisata Arung Gelombang (sumber: blogspot.com)

 

5. Wisata Sungai

Suatu bentukan alam yang unik, dengan fitur utama sungai (Cijulang) dan ngarai yang terbentuk dari tanah di kedua sisinya. Bagi Anda penggemar  trekking, camping, canoing, dan sebagainya, objek wisata ini bisa menjadi pilihan utama. Selain itu, kebersihan sungai yang terjaga dan pemandangan yang memukau di kedua sisinya membuat kawasan ekowisata menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang datang ke Kabupaten Ciamis.

Selain itu, objek wisata Citumang mungkin bisa menjadi pilihan. Keunikan dari Citumang adalah adanya aliran hulu sungai yang keluar dari sebuah goa yang jatuh membentuk curug (air terjun). Namun di balik curug tersebut terdapat sebuah goa lain yang cukup panjang dan  berada persis di bawah permukaan sungai yang berada di atasnya. Sedangkan sumber airnya sama, yaitu berasal dari goa yang berada di hulu. Sehingga numpang (berada di atasnya), yang berasal dari kata cai (air) dan tumpang (di atasnya). Akan tetapi masyarakat lebih suka menggunakan kata Citumang daripada Citumpang.

Rute perjalanan menyusuri aliran Air Citumang akan mengawali petualangan Anda, dengan kondisi alam yang masih alami dengan airnya yang sangat jernih, membuat petualangan di sini berbeda dengan objek wisata yang lainnya. Para pengunjung juga akan diajak untuk menerobos goa-goa karang dan akar pohon besar serta bebatuan yang unik sampai ke air terjun yang di dalamnya terdapat goa. Aktifitas yang dapat dilakukan antara lain berenang dan panjat tebing. (**)

 

Wisata Sungai (sumber: blogspot.com)

 

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com