5 Festival Unik di Serbia

Oleh: Triasterina Lastanti

[UNIKNYA.COM]: Serbia adalah negara pecahan Yugoslavia, dimana banyak sekali isu politik dan perang yang membuat Serbia lebih fokus pada pertahanan. Guna meraih wisatawan, Serbia pun memiliki agenda tahunan untuk menarik pariwisata domestik dan luar negeri untuk datang dan mengenal budaya dan suasana Serbia. Berikut adalah festival tahunan yang diadakan di Serbia:

 

1 .Belgrade Beer Festival

Belgrade Beer Festival adalah festival tahunan yang diselenggarakan oleh beberapa produsen bir selama 4-5 hari. Festival ini pun menghadirkan pertunjukan musik setiap malamnya. Tak hanya pertunjukan musik, tetapi juga beberpa permainan seperti di sebuah karnival. Festival ini sudah berlangsung dari tahun 2003 dan telah menarik puluh-ribuan orang bahkan tahun lalu bisa sampai dengan ratusan-ribu orang yang datang ke festival ini.
Tentu saja pada festival ini, para pengunjung dikelilingi oleh beberapa stand-stand bir dengan berbagai macam merek, dari mulai merek lokal (Serbia) maupun mereka luar. Untuk masuk ke festival ini, pengunjung tidak dipunggut bayaran. Untuk tahun 2011 ini, Belgrade Beer Festival diadakan pada tanggal 17 – 21 Agustus.

 

Belgrade Beer Festival (sumber: wikimedia.org,old.uniknya.com)

 

2 .Guca Music Festival

Festival ini merupakan festival yang sudah tradisi dan membuat Serbia terkenal akan konsistensi festival ini. Festival ini diadakan tahunan dan tahun ini merupakan tahun ke 51. Kepopuleran festival ini mendunia, menghadirkan program-program budaya dan seni seperti bincang artis dan workshop dari artis tersebut, pameran seni dan kompetisi olahraga tradisional Serbia.
Yang paling ditunggu dari festival ini adalah Guca Trumpet, yaitu kompetisi pemain orkestra trumpet bertaraf internasional. Sekitar 100 pemain pionir melalui proses ini yang akhirnya hanya menyisakan 40 orkestra terbaik yang maju ke babak final. Tentunya, tak hanya kompetisi orkestra yang unjuk gigi pada festival ini, tapi pengunjung pun dimanjakan dengan penampilan orkestra ternama yang menjadi bintang tamu. Tahun ini Guca Festival diadakan pada tanggal 8 – 14 Agustus ini.

 

Guca Music Festival (Sumber: wikimedia.org,old.uniknya.com)

 

3. World Testicle Cooking Championship

Kejuaraan Dunia memasak testis ini diselenggarakan di tiap musim panas di Serbia. Testis dari sapi, domba, babi hutan, kuda, kalkun dan bahkan kanguru diolah oleh para koki peserta kejuaraan ini menjadi berbagai macam masakan.
Dimulai dari tahun 2005, festival yang diaggap aneh ini diadakan di Ovcar Banja dan lalu menjadi terkenal mendunia. Adalah Ljubomir Erovic yang menggagas kejuaran ini yang dimulai dari taruhan bagaimana testis binatang itu dapat diolah. Kejuaraan ini tercatat meraih perhatian turis domestic dan juga internasional.

 

World Testicle Cooking Championship (sumber: theourworld.com,old.uniknya.com)

 

4. Bread Festival

Bertempat di Trg Slobode, Novi Said, tempat industri penggilingan gandum terbesar di Serbia, festival tahunan ini berlangsung 3 hari selama 12 jam setiap harinya. Dimeriahkan oleh para ahli pembuat roti yang memperlihatkan keahliannya membuat berbagai macam varian roti dengan rasa yang berbeda-beda dan menggiurkan.
Para pengunjung dapat berpartisipasi dengan mencicipi berbagai macam hidangan roti tersebut dan berkontribusi memilih Vojvodinian cipovka (bagian kecil dari sebuah roti) yang terbaik. Yang spesial dari festival ini adalah mereka menghadirkan “the bread of the whole world“, berbagai macam roti dari belahan dunia selain Serbia. Tahun ini Bread festivalakan diselenggarakan pada tanggal 7 sampai 9 November.

 

Bread Festival (sumber: thefreshloaf.com,old.uniknya.com)

 

5 .Museum Night

14 Mei kemarin Belgrade menyelenggarakan festival tahunan tentang museum bernama Museum Night 2011 . Belgrade merupakan ibu kota Serbia yang memiliki museum dan galeri seni terbanyak di Serbia. Terdapat 70 lokasi festival museum ini yang dapat dikunjungi. Tahun ini sudah tahun ke delapan festival ini diselenggarakan.
Untuk festival ini, beberapa grup akan berkumpul lalu melakukan ziarah museum ke lokasi yang memang dibuka untuk festival ini. Dengan tiket 3.5 euro para peserta festival ini boleh mengunjungi lebih dari 1 museum dengan jam kunjungan dari jam 6 sore sampai dengan jam 2 dini hari. (**)

 

Museum Night (Sumber: erbiatouristguide.com,old.uniknya.com)

Source : Serbiatouristguide 2010, old.uniknya.com, Agustus 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com