5 Persaingan Klub Sepakbola Terpanas Sepanjang Masa (II-Habis)

Oleh : Bintang Mian (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Sepakbola adalah permainan yang indah, bagi sebagian klub dan pendukungnya bisa mendatangkan masalah hidup dan mati. Budaya, rasa kedaerahan, perbedaan kontribusi semakin membuat ganas bentrokan. Dan kinerja pemain dalam pertandingan tersebut akan memutuskan apakah mereka akan selamanya dicintai atau dibenci. Kesalahan atau kejadian yang tidak diduga bukan saja akan mendatangkan sejarah baru, tapi juga dapat mengakibatkan perkelahian bentrokan dan kerusuhan. Berikut 5 persaingan klub sepakbola terpenting dan terpanas edisi dua:

 

1. Boca Juniors vs River Plate

Super Clasico adalah nama yang digunakan untuk menggambarkan persaingan antara rival Buenos Aires di Liga Argentina antara Boca Juniors vs River Plate. Penambahan kata super dalam laga klasik tersebut sekaligus menunjukkan bahwa keduanya adalah tim paling besar di Argentina. Boca mendapat dukungan 40% dari penduduk Argentina, sementara River Plate didukung 33% penggila sepakbola Negeri Tango. Derby ini juga sangat terkenal di dunia karena gairah para fansnya. Kembang api, bendera, gulungan kertas dan kadang-kadang kerusuhan antara mereka selalu mewarnai pertandingan mereka. Pada April 2004, surat kabar di Inggris menempatkan Super Clasico dalam daftar atas “50 peristiwa  dalam olahraga yang harus Anda rasakan sebelum mati”.

 

Boca Juniors vs River Plate (Sumber: hesoccerwallpaper.com,old.uniknya.com)

 

2. Inter Milan vs AC Milan

Derby della Madonnina adalah titel untuk pertemuan antara Associazione Calcio Milano melawan  Football Club Internazionale Milano. Derby merupakan pertandingan yang selalu diikuti penggembar sepakbola di dunia. Persetruan semakin melebar tidak hanya di kompetisi Seri A, tapi juga merambah ke Coppa Italia dan Liga Champions Eropa. Penamaan Derby della Madonnina juga sebagai penghargaan dan penghormatan atas nama tempat wisata dengan patung Bunda Maria di atas Duomo yang biasa disebut “Madonnina”.

 

Inter Milan vs AC Milan (sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

3. Fenerbahce vs Galatasaray

Pertemuan dua klub terbesar dan tersukses di Turki ini sama panasnya dengan derby di kompetisi Eropa kelas satu seperti Inggris, Italia dan Spanyol. Persaingan yang sudah berlangsung lebih dari satu abad ini sering kali berakhir pahit dengan penonton sangat besar dan menebar rasa kedaerahan. Persaingan keduanya untuk mengklaim paling sukses dan paling besar di Turki. Bahkan persaingan tidak hanya di sepakbola, tapi juga di bola voli, atletik, bola basket, hingga olahraga dayung. Namun dengan 68 gelar Galatasaray masih mengungguli Fenerbahce yang baru mengumpulkan 66 gelar. Secara head to head lebih unggul dari pesaingnya itu. Tapi sebuah kebanggaan bagi penggila Turki adalah saat Galatasaray menjadi tim pertama dari Negara mereka yang merebut gelar UEFA dan Piala Super Eropa pada tahun 2000.

 

Fenerbahce vs Galatasaray (Sumber: blogspot.com,old.uniknya.com)

 

4. Nacional vs Penarol

Salah satu derby klasik sepakbola sejak akhir abad 19 adalah el clasico Uruguay. Tepatnya konfrontasi antara dua tim terbesar di Montevideo yaitu Nacional dan Penarol. Dalam sebuah pertandingan menarik pada 14 April 1990 dianggap menjadi yang terpanas. 22 kartu merah terpaksa di keluarkan wasit untuk kedua pihak (termasuk pemain di bangku cadangan). Pertandingan terpaksa dihentikan di menit 85 karena sesuai peraturan harus dihentikan lantaran kedua tim diperkuat kurang dari 7 pemain. Pada 26 November 2000, pertandingan harus dihentikan karena berakhir dengan perkelahian. 9 pemain dan seorang pelatih harus ditahan di penjara selama sebulan, karena dianggap sebagai biang kerusuhan. Bahkan dua pertandingan yang mempertemukan keduanya sempat dilakukan di La Plata (Argentina) pada 1960 dan La Coruna (Spanyol) pada 2005 untuk menghindari kerusuhan antarpendukung.

 

Nacional vs Penarol (Sumber: .blogspot.com,old.uniknya.com)

 

5. Corinthians vs Palmeiras

Perseteruan antara SC Corinthians melawan SE Palmeiras disebut derby Paulista atau persaingan dua klub sepakbola dari kota tertua Sao Paulo. Juga tercatat sebagai 10 derby terpanas di dunia. Pertemuan keduanya selalu menarik banyak perhatian penonton di Brasil. Perseteruan melebar hingga seluruh kompetisi baik lokal maupun turnamen di Amerika Selatan, seperti Piala Libertadores.

 

Corinthians vs Palmeiras (sumber: arenabola.com,old.uniknya.com)

 

Sumber: listverse.com, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com