5 Kubus Rubik/Rubik’s Cube Kreatif (II-Habis)

Oleh : Erwin Kusumah

[UNIKNYA.COM] : Pada pertengahan 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Kubus digunakannya alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D , tujuan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural yang bergerak pada bagian-bagian yang mandiri tanpa mekanisme yang menyebabkan seluruh bagiannya berantakan. Dia tidak menyangka bahwa dia telah menciptakan teka-teki sampai pertama kali dia bergegas Cube baru dan kemudian mencoba untuk mengembalikannya. Rubik memperoleh patennya di Hungaria untuk “Magic Cube”-nya pada tahun 1975.

 

Percobaan produksi pertama dihasilkan pada tahun 1977-an dan dirilis ke toko mainan Budapest. Magic Cube disatukan dengan potongan-potongan plastik yang mencegahnya mudah terpisah, tidak seperti magnet dalam desain Nichols’s. Pada bulan September 1979, kesepakatan ditandatangani dengan “Ideal Toys” untuk membawa Magic Cube ke luar negeri yang sempat di pamerkan pada pameran mainan di London, Paris, Nuremberg, dan New York. Berikut 5 kubus rubik kreatif untuk bagian ke 2 :

 

1. Kubus Rubik Lampu (Led Rubik’s Cube)

Versi rubik satu ini adalah adaptasi dari permainan rubik lama, disini pemain tidak secara manual memutar segmen secara manual, akan tetapi hanya dengan menekan tombol untuk memindahkan warna kearah yang diinginkan. Selain itu rubik ini dapat dimainkan bersama yaitu dapat dimainkan oleh 6 pemain dimana seluruh pemain menekan tombol secara bergiliran agar warna dari rubik ini sama.

 

Kubus Rubik Lampu (Sumber: oddee.com)

 

 2. Bola Rubik (Rubik’s Ball)

Rubik satu ini bagus untuk meningkatkan kreatifitas baik itu IQ dan EQ, dapat berfungsi sebagai mengasah otak, dekorasi baik di rumah atau di kantor. Berdiameter 70 mm.

 

Bola Rubik (Sumber: oddee.com)

 

3. Kubus Rubik 2,0

Mempunyai satu warna pada setiap sisinya, berbeda dengan rubik seperti biasanya, rubik ini mempunyai ukuran-ukuran yang berbeda pada setiap segmennya. Untuk pemain rubik yang sudah mahir sebaiknya mencoba rubik satu ini.

 

Kubus Rubik 2,0 (Sumber: oddee.com)

 

4. Kubus rubik yang tidak teratur (Irregular Rubik’s Cube)

Rubik ini merupakan terobosan dari permainan rubik tradisional. Sistem dari permainan ini adalah membuat item geometris 3D tidak teratur menjadi kubus persegi teratur.

 

Kubus rubik yang tidak teratur (Sumber: oddee.com)

 

5. Pyraminx Rubik’s Cube

The Pyraminx adalah teka-teki tetrahedral mirip rubik tradisional. Rubiks ini terdiri dari 4 bagian axial, 6 bagian tepi, and 4 trivial tips. Seperti rubik tradisional permainan dari Piraminx adalah dengan mengacak warna, dan mengembalikan ke konfigurasi asli. Pemecah rekor dunia dari rubik ini dipegang oleh Oscar Roth Andersen dari Denmark di Verjstrup Terbuka 2011 dengan waktu 2,36 detik. (**)

 

Pyraminx Rubik's Cube (Sumber: oddee.com)

 

Sumber : oddee.com, wikipedia.org, old.uniknya.com, Agustus 2011.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com