5 Musisi Studio Rekaman Internasional (Bagian I)

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Kehadiran mereka di dalam sebuah keindahan komposisi musik memang tidak banyak diperhintungkan, meskipun nada dan simfoni yang dimainkan mengalun dengan indahnya. Namun tanpa kehadiran dan kejeniusan mereka dalam memainkan instrumen musik, tentu tidak banyak penyanyi solo ataupun band, yang mendapatkan lagu mereka menjadi hits. Sehingga profesi mereka sebagai musisi studio tidak dapat dianggap remeh. Berikut adalah 5 musisi studio rekaman internasional:

 

1.  Thomas Lang (Drum)

Bermain bersama: John Wetton, Peter Gabriel, Asia, Robbie Williams, Kylie Minogue, Tina Turner, dan banyak lagi.

Perkusionis asal Austria, Thomas Lang mungkin tidak seterkenal Neil Pert ataupun Keith Moon, namun banyak majalah musik yang memasukan dia ke dalam daftar musisi drum dengan kemampuan teknis luar biasa. Ia mulai menabuh drum semenjak berusia lima tahun dan memperoleh kesempatan secara profesional di tahun 90-an, melalui sebuah orkestra pengiring tur mulai dari Peter Gabriel hingga Kelly Clarkson. Selain berkarir sebagai musisi studio rekaman, ia pun memiliki sebuah band beraliran avant garde bernama Stork. Lang dikenal dengan kecepatan dan putaran stiknya yang luar biasa.

 

Thomas Lang (Sumber: freedrumlessons.com)

 

Drum Milik Thomas Lang (Sumber: superdrumming.at)

 

2. The Hollywood Studio Symphony (Instrumen musik orkestra lengkap)

Bermain bersama: Komposer perusahaan film besar seperti John Williams, Hans Zimmer, Jerry Goldsmith, Alan Silvestri, James Horner, and Elmer Bernstein

Kelompok orkestra ini tidak banyak dikenal di luar Los Angeles. Adalah kelompok simfoni orkestra  milik studio di Hollywood  yang musisinya berotasi dan wajib mengisi beberapa soundtrack film. Kebanyakan anggotanya memang sangat ahli dalam memainkan musik klasik, dan mereka secara kelompok tidak bermain di luar studio, serta tidak memiliki anggota yang tetap. Beberapa karya mereka adalah Back to the Future, Blazing Saddles, L.A. Confidential, Star Trek, dan The Bourne Identity.

 

The Hollywood Studio Symphony (Sumber: inonzur.com)

 

The Hollywood Studio Symphony (Sumber: markmancina.com)

 

3. The Muscle Shoals Rhythm Section (Keyboard, Drums, Gitar, dan Bass)

Bermain bersama: The Rolling Stones, Elton John, Percy Sledge, Wilson Pickett, Aretha Franklin, Rod Stewart, Lynyrd Skynyrd, and many more

Kelompok ini merupakan salah satu band sesi yang terkenal sepanjang masa, sebuah kelompok musik yang beranggotakan para musisi dari Kota Alabama, dan banyak membantu dalam perkembangan musik di era 60 dan 70-an. Bersama band legendaris Inggris mereka mengomposisikan lagu “Wild Horses”, dengan The Staple Singers’ “I’ll Take You There”. Bahkan dalam masa panasnya tensi rasialisme di Amerika Serikat bagian selatan, mereka yang beranggotakan musisi berkulit putih, membantu penggarapan sebuah album musik bernuansa kulit hitam Motown. Mereka pun tidak sungkan menggarap sebuah lagu dan genre musiknya, mulai dari Eltoh John hingga band rock Alice in Chain, Paul Simon, Bob Dylan.  Band rhytm section yang beranggotakan David Hood, Jimmy Johnson, Barry Beckett, and Roger Hawkins kemudian masuk beberapa orang lagi seperti Spooner Oldham, Clayton Ivey, Randy McCormick, Will McFarlane, and Pete Carr. Di tahun 70-an nama Muscle Shoals Rhythm Section menjadi terkenal, bahkan kelompok musik berasal dari Alabama Lynyrd Skynyrd dengan lagunya “Sweet Home Alabama” menyebutkan nama mereka satu persatu.

 

The Muscle Shoals Rhythm Section (Sumber: thebluegrassspecial.com)

 

 

4. James Burton (Gitar)

Bermain bersama: Elvis Presley, Ricky Nelson, Johnny Cash, Gram Parsons, Bob Denver, Jerry Lee Lewis, Roy Orbison, Elvis Costello, Emmylou Harris, dan lainnya.

 

James Burton (Sumber: edroman.com)

 

Meskipun sekarang usianya sudah lebih dari 70 tahun, gitaris James Burton masih mampu melakukan sebuah sesi rekaman ataupun tampilan. Ia dilahirkan di Dubberly, Lousiana, Amerika Serikat, telah menjadi musisi semi-pro semenjak menginjak usia remaja. Di usia 18 tahun ia telah melakukan gitar solo pada lagu “Susie Q”, 1957, sejak itulah ia menjadi terkenal dengan ciri khas gitar Fender Telecaster. Ia pun melakukan tur di berbagai tempat mengiringi Jerry Lee Lewis, band TCBnya Elvis Presley. Bahkan namanya masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2011, yang sebelumnya diusulkan oleh gitaris band Rolling Stones, Keith Richard.

 

James Burton (Sumber: elvistributeband.com)

 

5. Billy Preston (Keyboard, Organ, Harpsichord, Accordion, Clavinet)

Bermain bersama: The Beatles, The Rolling Stones, Johnny Cash, Little Richard, Elton John, Bob Dylan, Eric Clapton, The Red Hot Chili Peppers, and others

Namanya tentu sudah tidak asing lagi apabila dibandingkan keempat musisi sebelumnya. Billy Preston adalah seorang musisi dengan multi instrumen, dan telah melakukan perjalanan solo karir yang cukup lama. Beberapa hitnya seperti “Nothing From Nothing” yang membuatnya meraih Grammy pada tahun 1972. Ia memberikan sumbangan yang sangat besar bagi sesi rekaman studio band-band di era 60 dan 70an. Bill mulai memainkan piano ketika berusia tiga tahun, dan diusianya yang ke 16 ia tampil bersama Little Richard, Ray Charles, dan Sam Cooke. Ia bertemu dengan the Beatles pada tahun 1962, saat itu ia sedang melakukan tour bersama Little Richard, dan kembali bertemu dengan the Beatles pada tahun 1969. Ia pun bersama the Beatles mengomposisikan beberapa lagu dalam album Let It Be. Selanjutnya ia melakukan sesi rekaman bersama the Rolling Stones, Eric Clapton, dan bahkan sebelum akhirnya meninggal di tahun 2006, ia membantu penggarapan album Johny Cash, Steve Winwood, dan Red Hot Chilli Peppers. (**)

 

Billy Preston (Sumber: withfriendship.com)

 

Billy Preston (Sumber: pixdaus.com)

 

Sumber: toptenz.net, old.uniknya.com, Agustus 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com