5 Katak Unik yang Langka

Oleh : Bintang Mian (Kontributor Uniknya.Com)

[UNIKNYA.COM]: Katak merupakan binatang amphibi yang hampir di setiap negara ada. Hanya saja ada beberapa spesies dari katak ini yang mulai terancam keberadaannya. Bahkan hamper punah. Dari spesies yang hampir punah tersebut terdapat yang sangat unik dan tentu saja langka. Berikut katak yang unik dan langka di dunia :

1.    Katak Pelangi Malagasy

Katak pelangi Malagasy hidup di hutan kering berbatu di Isalo Massif Madagaskar. Katak ini berkembang biak di kolam dangkal dan bisa ditemukan di lembah. Spesies ini juga bisa ditemukan di daerah berbatu. Ketika dalam kondisi terancam, Malagasy akan mengembangkan dirinya untuk melindungi diri dari para predator. Strategi proteksi tersebut terbilang ampuh dalam mempertahankan hidupnya.  Katak ini juga memiliki banyak nama lainnya yaitu, Ornate Hopper, Rainbow Burrowing Frog, Red Rain Frog, dan Gottlebe’s Narrow-mouthed Frog.

 

 

Katak Pelangi Malagasy (Sumber: thefeaturedcreature.com)

 

2.    Katak Kaca

Hyalinobatrachium Pellucidum juga disebut sebagai katak kaca atau kristal, karena kulitnya yang transparan sehingga kita bisa melihat organ tubuhnya. Katak kaca bukan spesies baru, namun keberadaannya terancam punah. Sehingga ketika katak ini kembali ditemukan menjadi kabar menggembirakan bagi peneliti dan ekosistem.

Katak Kaca (Sumber: oufish.com)

 

3.    Katak Atelopus (Katak Badut)

Katak Atelopus dikenal dengan banyak nama seperti Katak Badut atau Katak Harlequin. Katak itu adalah katak neo-tropis yang hidup menyebar cukup luas sekali di seluruh Kosta Rika dan Panama. Di sebut Katak Badut lantaran corak di tubuhnya yang terlihat lucu seperti badut. Katak ini juga diperkirakan sudah terancam punah, hanya habitat di Panama yang masih bisa dijumpai.

Katak Atelopus (Katak Badut) (Sumber: discovery.com)

 

4.    Katak Kecil (Small Frog)

Umumnya berada di daerah ketinggian akan terdapat hewan yang lebih besar dari habitat yang hidup di daerah normal. Tapi tidak bagi katak kecil ini, spesies yang sudah mulai langka ini justru hidup di dataran tinggi pegunungan Andes Peru selatan yang mencapai 9.925 hingga 10.466 kaki. Ukuran katak ini tidak melebihi ujung ibu jari tangan manusia.

 

(Sumber: guzer.com)

 

5.    Katak Goliath (Conraua)

Katak Goliath atau Conraua Goliath adalah katak terbesar yang masih ada di dunia. Conraua Goliath bisa tumbuh hingga panjangnya lebih dari 33 cm dan berat mencapai 3 kg. Katak ini hanya memiliki habitat yang relatif kecil, terutama hanya di wilayah Afrika Barat seperti di Gabon. Katak Goliath bisa hidup hingga 15 tahun dengan makanannya seperti kalajengking, serangka dan katak kecil. katak-katak ini memiliki pendengaran yang peka namun tidak memiliki kantung suara.

Katak Goliath (Conraua) (Sumber: blogspot.com)

 

Sumber: www. Top5s.net, old.uniknya.com, Agustus 2011

 

One Response to 5 Katak Unik yang Langka

  1. subhanallah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com