5 Organisasi UFO di Eropa

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Setali tiga uang dengan Amerika,  pada umumnya negara maju di Eropa juga memiliki kecenderungan ketertarikan pada fenomena alam yang berkaitan dengan UFO. Tak heran, minat riset pada bidang satu ini berkembang pesat ke arah yang lebih ilmiah. Berikut adalah 5 organisasi OFO di eropa:

 

1. BUFORA

British UFO Research Association atau BUFORA adalah sebuah organisasi  di Inggris yang menyelidiki fenomena UFO yang terjadi di Kepulauan Inggris. Organisasi memiliki sekitar 1.000 anggota. BUFORA menyelidiki lebih dari 400 kasus penampakan UFO per tahunnya. Organisasi ini kerap mengadakan konferensi tahunannya di Universitas Sheffield Hallam sejak tahun 1987, dan secara teratur mengadakan pertemuan di seluruh negeri, dengan Hutan Rendlesham sebagai tempat yang sering untuk diselenggarakannya pertemuan tersebut.

 

BUFORA (sumber gambar: wingmakers.narod.ru)

 

Ilustrasi BUFORA (Sumber gambar: ufocasebook.com)

 

2. Kosmopoisk

Kosmopoisk atau Spacesearch, adalah Organisasi ilmiah di Rusia yang berdiri pada tahun 2004, yang mendalami permasalahan seputar UFOlogy, Cryptozoology, dan penyelidikan misteri lainnya. Organisasi memiliki lebih dari 2.500 anggota aktif, di lebih dari 100 kelompok di 25 negara, dan telah menyelenggarakan lebih dari 250 ekspedisi sejak tahun 1980. Ada sengketa yang sedang berlangsung tentang sifat ilmiah dari organisasi ini, khususnya klaim pengembangan mesin waktu yang dibuat oleh pemimpinnya Vadim Chernobrov.

 

Tim Kosmopoisk (Sumber gambar: vabank.ru)

 

3. GEIPAN

GEIPAN (September 2005 -), sebelumnya dikenal sebagai GEPAN (1977-1988) dan SEPRA (1988-2004), adalah satu unit dari Badan Antariksa Prancis disingkat CNES, dibentuk untuk menyelidiki fenomena tak dikenal ruang angkasa hingga menjadi temuan yang tersedia untuk publik. Pada bulan Maret 2007, GEIPAN mulai membuat arsip online yang tersedia untuk semua orang.

 

Ilustrasi (sumber gambar: huffpost.com)

 

4. UFO-Norge

UFO-Norge didirikan pada tahun 1972, sebagai wadah organisasi bagi warga negara Norwegia meneliti fenomena keberadaan UFO. Selama musim panas 1946, pers Norwegia mulai melaporkan penampakan “roket hantu”. Ratusan orang di seluruh Skandinavia melihat fenomena ini, yang belum diteliti secara rinci oleh para peneliti. Pers meiput penampakan UFO pada tahun 1947, dan kemudian buku-buku pertama tentang piring terbang muncul pada 1954. Kelompok UFO pertama mulai terbentuk selama awal 1950-an. Kelompok-kelompok kecil ada di beberapa kota terbesar di Norwegia selama tahun 1950 dan 1960-an. Pada saat itu, tidak ada dari mereka yang sangat tertarik pada aspek-aspek ilmiah, sebagian besar hanya yakin bahwa alien sudah ada di bumi. Pada tahun 1972, kelompok-kelompok kecil membentuk sebuah organisasi nasional yang disebut Pusat Norsk UFO (NUFOC). Pada tahun 1980 NUFOC berubah nama menjadi UFO Norge.

 

UFO-Norge (sumber gambar: wikimedia.org)

 

Fenomena UFO yang diabadikan UFO-Norge (Sumber gambar: nettavisen.no)

 

5. INFRA

INFRA merupakan organisasi penelitian UFO yang didirikan pada 2009 di Polandia. Semula bernama NPN tetapi tidak ada lagi sejak 2008. INFRA dikhususkan untuk penelitian dan pelaporan UFO. Keberadaannya, menjadikan salah satu situs UFO yang paling populer di Polandia. Seiring dengan fenomena UFO, fenomena anomali lainnya adalah subyek yang menjadi ketertarikannya. Anggota INFRA mengungkapkan sikap rasional pada sejarah fenomena UFO yang sangat kompleks. Hal ini juga ditujukan untuk menjelaskan mitos UFO dan kesalahan yang terjadi dalam sejarah. (**)

 

Crop circle yangkonon dihasilkan UFO (Sumber gambar: enlightenedbeings.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Juli 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com