5 Pertempuran Laut Terbesar dalam Sejarah

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: “Pertempuran laut terbesar dalam sejarah” memang pernah terjadi beberapa abad silam. Melibatkan begitu banyak jumlah personil dan kapal dalam pertempuran, kerusakan serta korban jiwa yang ditimbulkan. Berikut ulasannya.

 

1.       Pertempuran Laut Actium, 31 SM

(Lebih dari 500 kapal perang yang terlibat)

Pertempuran Actium adalah pertempuran menentukan dalam Perang saudara Romawi antara pihak Octavianus dan pihak Marc Antony yang bersekutu dengan ratu Cleopatra VII dari dinasti Ptolemy Mesir. Pertempuran ini terjadi pada 2 September 31 SM di Laut Ionia dekat koloni Romawi di Yunani, Actium. Armada Octavianus dipimpin oleh Marcus Vipsanius Agrippa, dan armada Antony dipimpinnya sendiri, dibantu kekasihnya Cleopatra. Dalam pertempuran ini armada Antony dihancurkan, dan kemenangan Octavianus mengijinkannya mengkonsolidasikan kekuasaannya pada wilayah Romawi. Pertempuran ini merupakan salah satu peristiwa yang menandai berakhirnya Republik Romawi dan lahirnya Kekaisaran Romawi.

Baroque painting of the battle of Actium by Lorenzo A. Castro, 1672 (sumber gambar : en.wikipedia.org)

 

2.       Pertempuran Laut Baekgang, 663 M

(Lebih dari 800 kapal Yamato dan 170 kapal Tang)

Pertempuran Baekgang, juga dikenal sebagai Pertempuran Baekgang-gu atau Hakusukinoe adalah pertempuran antara pasukan Baekje, Yamato Jepang, melawan tentara sekutu Silla dan Dinasti Tang dari Tiongkok kuno. Pertempuran terjadi di hilir Sungai Geum di provinsi Jeollabuk-do, Korea. Silla dan pasukan Tang berhasil memenangkan pertempuran ini dengan menghancurkan gerakan restorasi Baekje, sehingga menjadikan Tang mengontrol seluruh semenanjung Korea.

 

Pertempuran Laut Baekgang (sumber gambar : www.docoja.com)

 

Pertempuran Laut Baekgang (sumber gambar : google earth)

 

Pertempuran Laut Baekgang (sumber gambar : google earth)

 

3.       Pertempuran Laut Tangdao, 1161 M

(Lebih dari 600 kapal Jin dan 120 kapal Song)

Pertempuran laut Tangdao terjadi di tahun 1161 antara Jin Jurchen dan Dinasti Song Selatan, Cina di Laut Cina Timur. Pertempuran ini merupakan upaya Jin untuk menyerang dan menaklukkan Dinasti Song Selatan, namun mengakibatkan kegagalan dan kekalahan bagi Jurchens. Angkatan laut dinasti Jin dibakar oleh senjata api dan panah api, hingga menderita kerugian besar.

 

Kapal Song River 3 (sumber gambar : www.chinahistoryforum.com)

 

Song Ship River 3 (sumber gambar : wikimedia.org)

 

4.       Pertempuran Laut Sluys, 1340 M

(Lebih dari 500 kapal perang yang terlibat)

Pertempuran laut Sluys atau pertempuran l’Ecluse, terjadi pada  24 Juni 1340 sebagai salah satu dari konflik pembuka dari Perang Seratus Tahun antara Perancis dan Inggris. Kejadian ini merupakan peristiwa penting dalam sejarah yang mengakibatkan kehancuran sebagian besar armada Perancis. Seperti diketahui Perancis berencana menginvasi Inggris dibantu oleh Republik Genoa. Pertempuran tersebut berlangsung di depan kota Newmarket atau Sluis (Perancis Ecluse), dekat teluk kecil antara Flanders Barat dan Zeeland. Pada pertengahan abad ke-14, kota ini adalah pelabuhan terbuka yang mampu menampung armada besar.

 

Battle of Sluys, 1340 (sumber gambar : wikipedia.org)

 

Battle of Sluys, 1340 (sumber gambar : warandgame.com)

 

5.       Pertempuran Laut Preveza, 1538 M

(Lebih dari 122 kapal Ottoman dan 302 kapal “Liga Suci”)

Pertempuran laut Preveza berlangsung pada 28 September 1538 dekat Preveza di barat laut Yunani antara armada Ottoman dan aliansi Kristen pimpinan Paus Paulus III. Pada tahun 1537, sebuah armada besar Ottoman, yang dipimpin Hayreddin Barbarossa menaklukan Aegea dan kepulauan Ionian milik Republik Venesia, yaitu Syros, Aegina, Ios, Paros, Tinos, Karpathos, Kasos dan Naxos, dan menjadikannya bagian dari Kekaisaran Ottoman. Dia kemudian mengepung benteng Venesia Corfu dan menghancurkan pantai Calabria milik Spanyol yang terletak di Italia selatan. Dalam menghadapi ancaman ini, Paus Paulus III pada Februari 1538 berhasil menghimpun ”Liga Suci”, yang terdiri dari Kepausan, Spanyol, Republik Genoa, Republik Venesia dan Ksatria Malta, untuk menghadapi ancaman Barbarossa. (**)

 

Lukisan Kanvas Battle of Preveza (1538) (sumber gambar : wikipedia.org)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, old.uniknya.com, Juli, 2011

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com