Wah! Kambing Peranakan India Dikembangkan di Cirebon

Oleh: Galih Pakuan


[UNIKNYA.COM]: Peternak di Kampung Cibogo, Kota Cirebon, Jawa Barat, mengembangkan kambing jenis etawa peranakan India untuk diperah susunya.  

Abdullah, salah seorang pekerja peternakan kambing perah di Cirebon, mengatakan peternakan kambing di daerahnya berkembang  karena susu  di daerah pantura masih terbatas.”Produksi susu kambing yang dihasilkan peternak di Kampung Cibogo, Argasunya, Kota Cirebon, tidak dapat memenuhi permintaan konsumen. Satu hari seekor kambing paling mengeluarkan susu kurang dari 2 liter,” katanya.

Dia menuturkan, kambing betina jenis etawa yang diperas susunya milik H Husein berjumlah kurang dari 100 ekor, sedangkan kambing etawa jantan jumlahnya kurang dari 20 ekor, harga kambing etawa jantan jumlahnya kurang dari 20 ekor, harga kambing etawa cukup mahal.

 

Susu kambing etawa (Sumber: media.dinomarket.com)

 

“Harga kambing etawa peranakan India dengan kualitas super bisa mencapai  Rp 6 Juta per ekor, sedangkan untuk kambing etawa betina kurang dari Rp 3,5 Juta ukuran dewasa siap menghasilkan susu,” katanya.

Menurut dia, kambing etawa betina bisa mengeluarkan susu maksimal setelah  melahirkan anaknya. Masa produktif susu bisa mencapai dua tahun, setelah itu kambing etawa betina dikawinkan kembali untuk menghasilkan keturunan. (**)

 

Sumber: Media Indonesia, Uniknya.com, Juni 2011.

 

One Response to Wah! Kambing Peranakan India Dikembangkan di Cirebon

  1. Pingback: Wah! Kambing Peranakan India Dikembangkan di Cirebon | Recehan.tk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com