5 Kekurangan Bill Gates

Oleh: Eris Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Sekalipun sumbangsihnya pada dunia tak terbantahkan, dan menghantarkannya jadi tokoh besar abad ini, namun Bill Gates tetaplah manusia biasa. Pendiri Microsoft ini tak luput dari aneka kekurangan, dan inilah sejumlah kealpaan yang pernah dilakukannya:

 

1. Memonopoli industri perangkat lunak 

Bill Gates dinilai merancang monopoli software, sehingga kerap digugat di pengadilan. Yang terheboh adalah ketika Departemen Kehakiman Amerika Serikat dan 20 negara bagian melakukan gugatan sipil pada 18 Mei 1998, karena dianggap menekan kompetitor guna memuluskan monopoli industri.

 

Memonopoli industri perangkat lunak (Sumber: img.ezinemark.com)

 

2.Tidak mempertimbangkan Linux

Bill Gates tidak mempertimbangkan perangkat lunak terbuka, karena strategi bisnisnya justru selalu bertentangan dengan prinsip dan paradigma open source. Bahkan, dalam wawancara dengan majalah Fortune, dia menyindir bahwa Microsoft sebenarnya bisa bermitra dengan Linux asalkan masih ada pembajakan.

 

Tidak mempertimbangkan open source (Sumber: vsubhash.com)

 

3. Software-nya tidak semua sempurna

Meskipun karya ini membuatnya jadi orang terkaya di dunia, namun sejumlah kekurangan muncul di edisi terakhir perangkat lunaknya. Bahkan, dia disorot karena merestui kehadiran Windows edisi Millenium yang dianggap seri paling prematur dari seluruh edisi yang ada.

 

Windows edisi Millenium (sumber: wordpress.com)

 

4. Kurang mempertimbangkan cloud computing

Bill Gates kurang mempertimbangkan teknologi komputasi awan karena bisa mengurangi dominasi Windows miliknya. Ini dianggap kritikus sebagai kesalahan fatalnya. Apalagi, di sisi lain, dia juga seolah membiarkan sistem DOS mati sendiri meski dianggap sistem yang menjanjikan dan stabil.

 

cloud computing (Sumber: assets.cio.com)

 

5. Menciptakanproduk mubazir

Pemutar musik Microsoft, Zune, dinilai kealpaan lainnya karena menghabiskan investasi mahal dengan produk yang gagal di pasaran. Produk yang dinilai mubazir lainnya adalah Xbox yang lebih mahal dari produk sejenisnya seperti Sony’s PS3 and Nintendo’s Wii. (**)

 

Microsoft Zune (sumber: stagetwo.com)

 

Sumber: www.honeytechblog.com, 2011

 

 

One Response to 5 Kekurangan Bill Gates

  1. Pingback: dering.co.id – 5 Kekurangan Bill Gates

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com