Ini dia…Yoga Tawa dan Kesehatan

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Yoga identik dengan meditasi dan kesunyian. Namun tahukah anda tentang yoga tawa? Tipe yoga itu mengombinasikan tawa spontan dengan gerak pernapasan yang disebut pranayama. Dengan demikian, orang bebas tertawa tanpa bergantung pada lelucon atau komedi.

Pada yoga jenis itu, tawa disimulasi layaknya latihan dalam kelompok.  Mereka menggunakan kontak mata dan bermain layaknya anak-anak untuk memicu tawa yang akhirnya menular ke orang-orang sekitar.

 

Yoga tawa (sumber: aolcdn.com)

 

Alex Eingorn(sumber: fbcdn.net)

 

Madan Kataria(sumbe: blogspot.com)

 

Menurut Alex Eingorn, duta klub yoga tawa di New York, AS, konsep yoga tersebut didasari fakta pada fakta ilmiah bahwa tubuh tidak dapat membedakan antara tertawa sebenarnya dan yang dibuat-buat. “Padahal, efek psikologisnya sama saja. Tertawa bisa menghilangkan efek negatif seperti darah tinggi, depresi, dan diabetes.”

Efek tawa, lanjut Eingorn, mampu mengaktifkan  setiap organ dalam tumbuh.”Ada otot yang hanya akan bergerak saat kita tertawa,”katanya. Sejak didirikan fisikawan India dokter Madan Kataria pada Maret 2005, klub yoga tawa telah menyebar ke seluruh dunia. Saat ini ada lebih dari 6.000 klub yoga tawa di 60 negara. (**)

 

Sumber:  Media Indonesia, Juni 2011.

One Response to Ini dia…Yoga Tawa dan Kesehatan

  1. Pingback: Wow! Posisi Meditasi Yoga yang Ekstrem | .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com