5 Kopi Termahal di Dunia

Oleh Eris Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Kopi adalah salah satu minuman paling favorit di seluruh dunia. Menikmati kopi paling mahal adalah salah satu tradisi orang kaya. Anda ingin  tahu kopi mana saja yang termahal di dunia? Indonesia boleh bangga, sebab kopi luwak adalah yang kopi termahal di dunia. Mari kita lihat bersama daftar lengkapnya:

1. Kopi Luwak (US$160/Rp1,44 juta per 450 gram)

Kopi luwak adalah kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang telah dimakan dan melewati saluran pencernaan seekor Luwak. Kopi ini utamanya berasal berasal dari Lampung Barat di Pulau Sumatera, Indonesia. Tapi bisa juga ditemukan di bagian Sumatera dan Jawa di Indonesia. Kopi ini telah terkenal di seluruh dunia. Bahkan di Amerika Serikat, terdapat kafe atau kedai kopi yang menjual kopi luwak dengan harga  mahal. Ini kopi paling mahal adalah dinikmati oleh jutaan orang-orang kaya di seluruh dunia.

 

Kopi Luwak (sumber: bisnis-jabar.com)

 

Luwak (Sumber: mandailingonline.com)

 

2. Hacienda La Esmeralda, Boquete, Panama (US$104/Rp936.000 per 450 gram)

Kopi ini berkembang terutama di bawah naungan pohon jambu tua yang dibudidayakan di Hacienda La Esmeralda di lereng Gunung Baru di Boquete, Panama bagian barat. Ini sangat populer untuk rasa dan aromanya yang tiada duanya.

 

Hacienda La Esmeralda (Sumber: wordpress.com)

 

Hacienda La Esmeralda (Sumber: worldsmostexpensive.org)

 

3. St. Helena Coffee From St. Helena Coffee Company – St. Helena (US$79/Rp711.000 per 450 gram)

Kopi St Helena adalah kopi yang dibudidayakan di pulau St Helena, 1.200 mil dari pantai Afrika. Pulau ini semakin populer karena Napoleon Bonaparte yang diasingkan sampai sisa hidupnya di sini.

 

St. Helena Coffee (Sumber: luxurylaunches.com)

 

St. Helena Coffee (Sumber: luxurylaunches.com)

 

4. El Injerto – Huehuetenango, Guatemala ($50/Rp450.000 per 450 gram)

Kopi El Injerto merupakan salah satu kopi yang paling favorit di dunia. Ini berasal dari wilayah Huehuetenango di Guatemala. Ini sempat memperoleh juara pertama dalam kontes kopi dunia tahun 2006 dan juara ketiga tahun 20o2.

 

El Injerto (sumber: faltooclub.com)

 

El Injerto (Sumber: thumpology.com)

 

5. Fazenda Santa Ines, Minas Gerais, Brazil (US$50/Rp450.000 per 450 gram)

Kopi ini meraih  nilai tertinggi dalam  kontes kopi di Brasil pada tahun 2006. Sebuah Cafe terkenal di Kanada dan 2 di Australia telah membeli kopi ini dengan rata-rata harga US$ 50 per pon. (**)

 

Fazenda Santa Ines (Sumber: blogspot.com)

 

Fazenda Santa Ines (Sumber: blogspot.com)

 

Sumber: www.worldinterestingfact.com, 2011


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com