5 Spot Terbaik Untuk Berselancar

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Bagi para peselancar dari berbagai dunia, ombak yang konsisten dan besar merupakan sebuah tantangan yang mampu melepaskan dahaga adrenalin. Semakin besar dan tinggi ombaknya, semakin histeris adrenalin yang berteriak di dalam jiwa mereka. Berikut adalah 5 spot terbaik di dunia untuk berselancar:

 

1. Pantai Gold  Cost City

Tak dapat diragukan lagi bahwa Australia merupakan salah satu negara yang memiliki pantai dengan ombak terbaiknya. Pantai Gold  Cost City, merupakan kawasan favorit para peselancar air (surfer), terletak di bagian tenggara Kota Queensland. Pantai Gold Coast City dikenal dengan iklim subtropisnya yang sangat memanjakan para pengunjung terutama peselancar, dan memiliki sistem kanal yang baik.

 

Pantai Gold Cost City (Sumber: fantastictravelling)

 

Pantai sepanjang 70 km meter ini memiliki empat titik pemberhentian (The Spit, Main Beach, Narrowneck, Palm Beach, dan Mermaid), keempat titik ini adalah hamparan surga bagi para peselancar. Namun ada beberapa titik lagi yangn tidak kalah menarik antara lain Snapper Rocks Superbank, Burleigh Heads, Kirra and South Stradbroke Island (Straddie).

 

2. Kepulauan Mentawai, Indonesia

Kepulauan Mentawai terletak Provinsi Sumatra Utara, di Indonesia, memiliki pantai dengan cincin dan gulungan ombak terbaik di ketujuh pulau besar dan kecilnya. Kepulauan Mentawai ini menjadi tujuan wisata selancar bagi  para peselancar dunia baik profesional, amatir, dan penghobi, sebelum kawasan pantai di Pulau Bali. Terdapat empat buah pulau diantaranya Pulau Siberut, Sipora, Pagi Utara dan Pagi Selatan, yang mendominasi kawasan dan menjadi spot terbaik bagi para peselancar. Bagi para peselancar mereka sebaiknya berkunjung di bulan Maret hingga Oktober, namun ombak besar dan tinggi terbaik datang pada bulan Juni hingga September.

 

Kepulauan Mentawai (sumber: surfholidays)

 

3. Jeffrey Bay, Afrika Selatan

Terletak di bagian timur Kota Cape, Afrika Selatan, berjarak hanya satu jam dari Port Elizabeth. Jeffrey Bay (Teluk Jeffrey), adalah salah satu spot surfing (berselancar) yang terkenal sebagai tujuan peselancar dari seluruh dunia. Banyak dikunjungi oleh para peselancar terutama di saat musim dingin, bulan Juni hingga Agustus. Spot yang banyak dikunjungi adalah pantai Super Tubes, Boneyards, Kitchen windows, Magna Tubes, Point dan Albatross.

Di sisi lain kepopularan sebagai tujuan berselancar,  Teluk Jeffrey juga dikenal sebagai pantai terbiru dan dijadikan sebagai tempat perayaan kompetisi selancar Billabong Pro WCT, di kawasan pantai Supertubes selama bulan Juli.

 

Jeffrey Bay (sumber: surfholidays)

 

4. Fuerteventura, Spanyol

Merupakan bagian dari Pulau Kenari, dan dua terbesar diantaranya terletak di Samudera Atlantik. Terletak di garis pesisir pantai benua Afrika, Fuerteventura dikenal dengan sebutan Mekahnya para peselancar. Sejajar dengan gugusan pantai Florida dan Meksiko dengan garis khatulistiwa sama, namun suhu udara berada di bawah 18 °C dan naik hingga 24°C.  Sehingga para peselancar akan merasa dimanjakan, karena ombaknya tidak bergantung pada bulan dan musim. Ombak terbaiknya datang di bulan Oktober hingga Maret.

 

Fuerteventura (Sumber: surfholidays)

 

Spot dengan ombak terbaik di Rocky Point, Harbour Wall, Shooting Gallery, Generosa, Suicides, Mejillonas, Majanicho, El Hierro, The Bubble, German Rights, Cotillo dan Esquinzo.

 

 

5. Santa Catarina, Brazil

Pantai Santa Catarina, terletak di Brazil berbatasan dengan Panama, merupakan salah satu tujuan wisata para peselancar dari berbagai belahan dunia. Kepulauan ini dianggap sebuah  tempat yang diberkati di negara Brazil, bagi para peselancar, dengan ombaknya yang konsisten dan rata-rata besar, seperti di spot Santinho dan mocambique.

Pantai Joaquina salah satu pantai terbaik yang dimiliki Brazil, salah satu tempat  favorit para peselancar. Spot ini ditemukan pada tahun 1970 oleh para peselancar, memiliki empat spot pantai favorit diantaranya adalah Praia Mole, Campeche dan Lagoinha do Leste. (**)

 

Santa Catarina (Sumber: surfholidays)

 

Sumber:  goodnewsfromindonesia.org, 2011


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com