5 Gedung Pencakar Langit di Masa Depan

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Inilah gedung-gedung pencakar langit baru di masa depan. Sebagian dari gedung-gedung ini, sedang dalam proses pembangunan. Memang ketinggiannya, tidak mematahkan rekor ketinggian baru yang diusung gedung Khalifa Burj di Dubai. Tapi setidaknya, konsep design, konstruksi dan kemewahan yang ditawarkan adalah yang terbaru di kelasnya. Berikut adalah 5 gedung pencakar langit baru di masa depan.

 

1. Menara Shanghai (632 m)

Menara Shanghai adalah calon gedung pencakar langit  baru yang dirancang oleh Arsitek Gensler dan kini sedang dibangunan di Distrik Pudong Shanghai. Gedung ini akan menjadi tertinggi dari tiga supertalls lainnya di Pudong, dua lainnya adalah Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center. Jika pembangunan rampung di 2014, Menara Shanghai akan memiliki tinggi sekitar 632 meter, dengan 128 lantai. Gedung ini akan menjadi gedung tertinggi di Cina, dan tertinggi kedua di dunia, setelah gedung Khalifa Burj di Dubai. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun gedung ini mencapai 2.2 Bilion US$.

 

(sumber: backpackingasia)

 

2. Menara Abraj Al Bait (601 m)

Menara Abraj Al Bait atau Makkah Royal Clock Tower Hotel adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi dan saat ini sedang dibangun. Kompleks bangunan ini dirancang oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects dan pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Lokasi menara ini berada di seberang jalan Masjidil Haram, salah satu masjid suci umat Islam. Menara Abraj Al Bait dibangun untuk menampung para jamaah Haji yang semakin banyak datang ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Menara Abraj Al Bait ini juga dirancang untuk mampu menampung sampai dengan 100.000 orang.

 

(sumber: mujahideenryde)

 

Terdapat tujuh menara dengan satu menara yang dinamakan Hotel Tower memiliki ketinggian diatas 6 menara lainnya yang diperkhususkan untuk apartemen (tinggi menara hotel adalah 601 m). Hotel Tower akan dijadikan hotel berbintang tujuh. Bangunan dibawah tujuh menara ini diisi dengan 4 lantai pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas yang lain. Kompleks bangunan ini diperkirakan menelan biaya berkisar 1,6 miliar dolar AS. Proyek ini juga akan menempatkan jam pada setiap sisi dari Hotel Tower. Jam ini memiliki panjang dan lebar 80 meter. Keempat jam ini akan dipasang pada ketinggian 530 meter, yang akan menjadikan jam terbesar dan tertinggi di dunia.

 

3. Lotte Super Tower (555 m)

Lotte Super Tower adalah gedung pencakar langit berlantai 123 yang saat ini sedang didirikan di Lotte World 2, Seoul, Korea Selatan. Ketinggian bangunan ini mencapai 555 m dan akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia jika selesai sesuai jadwal pada tahun 2015. Terletak di dekat Sungai Han, menara akan berisi gerai ritel (lantai 1-6), kantor (7-60), tempat tinggal (61-85), sebuah hotel mewah (86-119), dan tempat akses publik (120-123) dengan dek pengamatan. Gedung ini di desain oleh perusahaan arsitektur Kohn Pedersen Fox, dimana James von Klemperer sebagai pemimpin tim proyeknya.

 

(sumber: mujahideenryde)

 

4. One World Trade Center (541 m)

One World Trade Center, juga dikenal dengan nama dan julukan sebelumnya Freedom Tower, merupakan bangunan utama di komplek World Trade Center yang baru di Lower Manhattan, New York City, New York. Menara ini akan dibangun di sudut barat laut situs World Trade Center seluas 16 hektar (65,000 m²) yang dikelilingi Vesey, West, Washington dan Fulton Street. Pembangunan relokasi sarana bawah tanah, kaki dan pondasi bangunan dimulai pada 27 April 2006. Pada 30 Maret 2009, Port Authority mengatakan bahwa bangunan ini akan dinamai ‘One World Trade Center’, menggantikan nama ‘Freedom Tower’. Setelah selesai dibangun, One World Trade Center akan menjadi bangunan tertinggi di Amerika Serikat dengan tinggi 1,776 kaki (541,32 m) dan termasuk di antara bangunan-bangunan tertinggi di dunia.

 

(Sumber: skyscrapercity)

 

(sumber: nytimes)

 

Bersama One World Trade Center, situs World Trade Center yang baru akan memiliki tiga gedung perkantoran tinggi lainnya di sepanjang Greenwich Street dan National September 11 Memorial & Museum. Pembangunan ini adalah bagian dari usaha untuk memperingati dan membangun kembali komplek asli World Trade Center yang hancur pada serangan teroris 11 September 2001.

 

5. Pentominium (516 m)

Pentominium merupakan sebuah pencakar langit supertinggi yang sedang dibangun di kota Dubai, Uni Emirat Arab. Apabila selesai di 2014, tingginya dapat mencapai 516 meter, dengan 120 tingkat. Dirancang oleh arsitek Aedas dan didanai Trident International Holdings. Pentominium merupakan bangunan hunian tertinggi kedua di dunia, setelah Chicago Spire. Kata ‘Pentominium’ merupakan gabungan dari penthouse dan kondominum. Setiap kamar akan memiliki foyer sendiri dan pengatur sistem biometrik pintar. Setiap apartemen akan memiliki seluruh atau setengah luas tiap tingkat bangunan (lebih dari 600 m²).

 

(sumber: executive-magazine)

 

(Sumber: skyscrapercity)

 

Menurut Trident, rancangan ini bertujuan membuat apartemen termewah di dunia, dengan setiap orang memiliki akses 24 jam menuju layanan butler. Trident juga membuat perjanjian dengan perusahaan luar untuk menjamin pemilik dapat menggunakan Rolls Royce atau mobil sport terbaru pilihan mereka, dan pelayaran dengan kapal pesiar mewah di Teluk Persia. Tingkat atas Pentominium akan memiliki sebuah Sky Lounge, Sky Pool, Business Centre, dan dek pengamatan pribadi bersama klub kesehatan wanita & pria dan lounge rokok, lapangan squash, aula banquet, dan teater pribadi. Setiap bagian apartemen akan memiliki seluruh luas tingkat menara yaitu 6.500 kaki persegi (600 m²). (**)

 

Sumber: Uniknya.com dari berbagai sumber,  diolah, 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com