5 Final Terakhir Piala Emas Concacaf

Oleh: Fery Adi Prasetyo (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Sejak dihelat pada 1991, Piala Emas sudah berlangsung sebelas kali. Federasi Sepakbola Amerika Tengah dan Utara (CONCACAF) mengadakan turnamen ini sebagai pencapaian tertinggi negara-negara di regional tersebut seperti Amerika Serikat, Kanada, atau Meksiko. Peta persebaran sepakbola di regional ini yang kurang merata, menyebabkan AS dan Meksiko mendominasi turnamen ini.  Berikut adalah 5 final terakhir Piala Emas CONCACAF:

 

1. AMERIKA SERIKAT 2-0 KOSTA RIKA (2002)

Amerika Serikat maju ke final untuk ketiga kalinya, setelah menyingkirkan Kanada melalui adu penalti. Kosta Rika sendiri lolos setelah mengalahkan tim undangan dari Asia, Korea Selatan dengan skor meyakinkan 3-1. Pertandingan ini akhirnya dimenangkan AS 2-0, dan AS pun menjadi kampiun untuk kedua kalinya sejak 1991. Gol-gol kemenangan AS dicetak oleh Josh Wolff dan Jeffrey Agoos.

(Sumber: freewebs.com)

 

Penyelenggaraan Piala Emas 2002 diwarnai tampilnya Korea Selatan. Negeri Ginseng tersebut diundang, dalam rangka memperingati Piala Dunia 2002 yang digelar di Jepang dan Korea Selatan. Meskipun awalnya diremehkan, Korea Selatan nyatanya tampil trengginas dan berhasil maju ke babak semifinal sebelum ditaklukkan Kosta Rika dengan skor 3-1.

 

2. MEKSIKO 1-0 BRAZIL  (2003)

Meksiko maju ke final untuk keempat kalinya, padahal tiga sebelumnya selalu berakhir dengan kemenangan. Di babak ini Meksiko ditantang juara dunia lima kali, Brazil. Final ini sendiri merupakan ulangan final pada tahun 1996, saat itu Meksiko menundukkan Brazil, dua gol tanpa balas.

 

 

(Sumber: freewebs.com)

 

Sempat memberi perlawanan ketat di 90 menit reguler, Brazil akhirnya takluk oleh Meksiko di babak perpanjangan waktu. Gol tunggal Meksiko dicetak oleh strikernya, Daniel Osorno. Brazil gagal mengakhiri kutukannya di Piala Emas sementara Meksiko jadi juara untuk keempat kalinya.

 

3. AMERIKA SERIKAT 3-1 PANAMA  (2005)

Diluar dugaan, tim semenjana, Panama lolos ke babak final dan menantang tuan rumah, AS. Panama kembali membuat kejutan, dengan berhasil menahan laju AS hingga babak perpanjangan waktu dengan skor 0-0. Sayang di babak adu penalti, kejutan mereka akhirnya terhenti. Mereka takluk dengan skor 1-3. AS pun merayakan gelar ketiga mereka di rumah sendiri. Kiper senior AS, Kasey Keller yang saat itu berusia 36 tahun didapuk menjadi pahlawan, dengan keberhasilannya menahan dua penalti Panama.

(Sumber: wldcup.com)

 

4. AMERIKA SERIKAT 2-1 MEKSIKO (2007)

Kejutan kembali terjadi pada perhelatan Piala Emas 2007. Sebelum menantang AS di final, Meksiko, dipaksa bekerja keras melawan tim gurem Guadeloupe. Padahal saat itu Meksiko berada di ranking 10 dunia sementara Guadeloupe tak pernah terdaftar dalam ranking FIFA.

 

(Sumber: livesoccertv.com)

 

Di final, Meksiko seolah akan juara setelah Andres Guardado membawa Meksiko unggul di babak pertama. Namun, kerja keras kesebelasan AS akhirnya berbuah manis dengan dua gol yang dilesakkan di babak kedua, melalui Landon Donovan dan Benny Feilhaber. Kemenangan tersebut merupakan pembalasan AS atas Meksiko di final tahun 1993 dan 1998. Saat itu Meksiko mempecundangi AS dengan skor 4-0 dan 1-0.

 

5. MEKSIKO 5-0 AMERIKA SERIKAT (2009)

AS dan Meksiko bertemu untuk keempat kalinya di final. Di tiga pertemuan sebelumnya Meksiko unggul dua kali, sementara AS satu. Final pun berlangsung sengit di babak pertama, alhasil tak satupun gol tercipta. Di babak kedua, Meksiko yang terus menggempur pertahanan AS akhirnya mulai menuai hasil setelah unggul melalui penalti Gerrardo Torrado. Setelah gol pembuka tersebut, mental tim AS seolah jatuh, Meksiko pun menggelontor AS dengan empat gol tambahan. Meksiko lima, AS kosong! Meksiko pun menggondol gelar Piala Emas kelimanya. (**)

 

(Sumber: nydailynews.com)

 

Sumber: Uniknya.com dari berbagai sumber, 2011


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com