5 Kebenaran Mengenai Global Warming

Oleh: Denni Ashar

[UNIKNYA.COM]: Dalam beberapa tahun belakangan ini, bumi mengalami berbagai perubahan drastis. Cuaca tak dapat lagi diprediksi seperti satu dasawarsa yang lalu. Banyak ilmuwan yang berpendapat hal ini terjadi karena bumi mengalami proses global warming atau pemanasan global,  artinya terjadi peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi akibat terjadi kerusakan ekosistem penopang kestabilan bumi selama ini. Hal ini tentu akan mengancam keberlangsungan kehidupan umat manusia di masa yang akan datang. Berikut adalah 5 fakta mengenai global warming:

 

1. Tahun 2005 tercatat sebagai tahun terpanas yang pernah terjadi di muka bumi. Berikutnya adalah tahun 1998 dan 2007 yang tercatat sebagai tahun terpanas kedua.

Temperatur bumi di tahun 2005 merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah (sumber:nasa)

 

 

2. Jika tren pemanasan permukaan bumi tetap seperti saat ini, para ahli percaya bahwa ketinggian permukaan laut dapat bertambah antara 7 hingga 23 inchi pada akhir abad ini. Tingginya permukaan air laut akan mengakibatkan lebih dari 100 juta orang yang tinggal di daerah pantai akan kehilangan tempat tinggal.

Ilustrasi (sumber:blogtactic)

 

3. Beruang kutub adalah salah satu spesies hewan yang mengalami dampak paling besar akibat pemanasan global. Para ahli memperkirakan jumlah beruang kutub yang tersisa saat ini berkisar 20.000-25.000 di habitatnya. Kondisi ini akan terus semakin parah karena menurut perkiraan, pada tahun 2040 es kutub akan hilang sama sekali dari muka bumi.

Beruang kutub adalah spesies yang terkena imbas paling besar akibat global warming (sumber:blogspot)

 

4. Ancaman dari tren meningkat pesatnya pemanasan global adalah akan terjadi kehancuran habitat secara masif. Diperkirakan hampir satu juta spesies hewan dan tumbuhan akan punah karena hal ini. Yang lebih gawat lagi akan terjadi peningkatan jumlah serbuk sari di atmosfer. Secara teoritis, semakin tinggi jumlah karbondioksida di udara, akan semakin tinggi jumlah serbuk sari di atmosfer. Masalah ini akan menjadi neraka di masa yang akan datang, dimana seluruh permukaan bumi akan gersang tanpa ada tumbuhan.

Ilustrasi (sumber: web)

 

5. Sektor-sektor bisnis yang memberikan dampak paling besar terhadap tren pemanasan global meliputi sektor transportasi, perumahan, komersial dan pertanian. (**)

Sektor transportasi salah satu penyumbang terbesar tren global warming (sumber: adventurebycyceltales)

 

Sumber: Allinfordir, 2011

 

2 Responses to 5 Kebenaran Mengenai Global Warming

  1. perubahan iklim sekarang juga termasuk dalam pemanasan global… cuaca tidak menentu. hanna ga bisa bayangin bagaimana jadinya suatu hari nanti bumi entah bumi akan menjadi apa, lautan? atau tanah gersang? seperti itu gambaran bumi kalau pemanasan global terus berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com