Duh, Sulitnya Cari Sepatu Bagus di Korea Utara

Oleh: Mia Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Sepatu dan wiski merupakan masalah penting di Korea Utara sampai-sampai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) harus turun tangan. Masalahnya, impor barang jenis itu melanggar aturan PBB.

Dalam laporan PBB ditemukan banyak penyelundupan barang mewah ke Korea Utara melalui pelabuhan gelap yang disebut-sebut terletak di China. “Pada Desember 2010 pengiriman sepatu dansa berkualitas tinggi dihadang di Bandara Orio Serio, Milan, Italia,” demikian laporan dari Dewan Ahli PBB yang memonitor pelaksanaan sanksi PBB terhadap Korea Utara, Kamis (2/6). Italia telah berhasil menggagalkan upaya Korea Utara menyelundupkan sepatu-sepatu dansa itu ke Pyongyang. Salah seorang diplomat tidak dapat memastikan apakah impor sepatu tersebut berhubungan dengan gaya hidup mewah pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il.

 

Sepasang Sepatu High Heel Pink (Sumber:1.bp.blogspot)

 

Selain sepatu, Italia berhasil mencegah penyelundupan cognac berkualitas tinggi dan wiski bernilai 12.000 euro atau Rp 102 juta. Tidak hanya itu, seorang warga Australia dihukum berupa denda 3,3 juta euro karena menjual barang mewah ke Korea Utara, termasuk kapal layar kecil. PBB menjatuhkan sanksi dengan melarang pengiriman barang mewah karena uji coba nuklir. Pyongyang juga mencoba melanggar sanksi tersebut dengan mencoba mengimpor puluhan mobil Mercedes Benz, perekam musik canggih, piano, dan kosmetik. Beberapa benda itu sukses mendarat di Korea Utara. Repot juga cari sepatu bagus di Korea Utara ya. (**)

 

Sumber: Kompas, 3 Juni 2011

2 Responses to Duh, Sulitnya Cari Sepatu Bagus di Korea Utara

  1. memang benar ternyata produk dalam negeri banyak yg bagus-bagus jd kl di luar negeri susah cari sepatu bagus,hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com